10 Manfaat Brokoli Bagi Kesehatan

Featured Kesehatan

Manfaat Brokoli – Brokoli, sayuran ‘cantik’ yang sebagian orang menyukainya dan ada pula yang membencinya. Namun demikian, tidak ada alasan untuk membantah bahwa brokoli memberikan banyak manfaat bagi kesehatan.

Senyawa-senyawa yang ada pada brokoli diketahui dapat menjaga kesehatan tubuh dan mencegah berbagai timbulnya penyakit. Ada setidaknya 10 manfaat brokoli yang bisa kita dapatkan. Apa saja itu?

Manfaat Brokoli Bagi Kesehatan

  1. Menjaga sitem saraf

Brokoli mengandung Kalium yang tinggi, yang membantu menjaga sistem saraf yang sehat dan fungsi otak yang optimal, serta mendorong perkembangan otot.

  1. Mengatur tekanan darah

Brokoli juga diketahui mengandung magnesium dan kalsium yang dapat membantu dalam mengatur tekanan darah.

  1. Melawan radikal bebas

Secangkir brokoli mengandung vitamin C yang tinggi, antioksidan yang diperlukan untuk melawan radikal bebas. Selain itu, vitamin C adalah antihistamin yang efektif untuk meringankan ketidaknyamanan dari flu yang menyerang.

  1. Menjaga kesehatan tulang

Brokoli mempunyai kandungan kalsium dan vitamin K yang tinggi. Keduanya sangat penting bagi kesehatan tulang dan mencegah osteoporosis.

  1. Menjaga Kesehatan kulit

Brokoli sangat membantu dalam memperbaiki kulit yang rusak dikarenakan hal-hal tertentu seperti luka akibat sinar matahari. Glucoraphanin yang terkandung di dalam brokoli dapat membantu memperbaiki kerusakan kulit.

  1. Menjaga Sistem kekebalan tubuh

Secangkir brokoli mengandung beta-karoten yang tinggi, yang dapat menjaga sistem kekebalan tubuh. Kandungan mineral-mineral seperti seng dan selenium adalah aktor utama yang menjaga pertahanan kekebalan tubuh.

  1. Mencegah kanker

Brokoli mengandung glucoraphanin, di mana tubuh akan memprosesnya menjadi senyawa anti-kanker, sulforaphare. Senyawa ini akan mengusir bakteri yang ada di tubuh, Helicobacter pylori, sebuah bakteri yang diketahui dapat meningkatkan fungsi hati.

Selain itu, brokoli mengandung indole-3-carbinol, sebuah senyawa antioksidan dan anti-karsinogen yang hebat dalam menghambat pertumbuhan kanker payudara, kanker prostat, kanker leher rahim (kanker serviks), serta dapat meningkatkan fungsi hati.

  1. Tinggi serat

Brokoli kaya akan serat, yang dapat membantu pencernaan, mencegah sembelit, mempertahankan kestabilan gula darah, dan membantu Anda dalam mencegah makan yang berlebihan. Selain serat, secangkir brokoli juga mengandung protein yang tinggi, hampir sama dengan secangkir beras atau jagung, namun dengan kalori yang lebih sedikit.

  1. Menjaga kesehatan mata

Brokoli diketahui juga dapat membantu menjaga kesehatan mata. Penelitian menunjukkan bahwa karotenoid lutein (pigmen organik) yang terdapat pada brokoli dapat mencegah degenerasi makular terkait usia dan juga katarak, serta memiliki efek anti kanker. Selain itu, brokoli merupakan sumber utama vitamin A yang diperlukan untuk membentuk retina.

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Karotenoid lutein yang terkandung dalam brokoli dapat memperlambat atau mencegah penebalan arteri dalam tubuh manusia, sehingga dapat memerangi penyakit jantung dan stroke. Vitamin B6 dan asam folat dalam brokoli juga dapat mengurangi aterosklerosis, radang pada pembuluh darah manusia.

Itulah beberapa manfaat brokoli bagi kesehatan. Masih tidak menyukai brokoli? Pikirkan lagi…

Terimakasih semoga bermanfaat. Tuhan memberkati.

Sumber : artikelkesehatan99.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *