5 Alasan Pengangkatan Bukan Terjadi Secara Rahasia

  • 2

5 Alasan Pengangkatan Bukan Terjadi Secara Rahasia

Tags : 

Pernahkah anda mengemudi melalui sebuah kota yang hanya mempunyai satu lampu merah—satu dari kota-kota itu mungkin terluputkan ketika anda berkedip?

Pengangkatan maksudnya adalah ketika kedatangan Kristus yang kedua di bumi dan mengangkat orang-orang percaya ke surga bersama-Nya. Banyak gereja mengajarkan bahwa pengangkatan akan terjadi secara rahasia, yang sering disebut “pengangkatan rahasia”. Buku dan film menggambarkan para pilot menghilang dari kokpit maskapai dan supir-supir menghilang dari mobil mereka, meninggalkan kita dengan keheranan yang mengakibatkan kekacauan.

Apakah pengangkatan terjadi secara rahasia? Apa yang Alkitab katakan? Ini adalah lima alasan Alkitab supaya anda tidak perlu cemas ketika anda berkedip dan akhirnya ketinggalan.

1. Kristus akan kembali ke bumi dengan cara yang sama Dia naik ke surga—dengan jelas terlihat.
Segera setelah Dia dibangkitkan, Yesus bertemu dengan sebagian besar kelompok pengikutnya dekat Yerusalem. Pertemuan ini terjadi di ruang terbuka, di tempat yang jelas terlihat oleh orang yang lalu-lalang. Kemudian, kaki Yesus terangkat dari tanah dan Dia pun naik ke surga. Ketika itu terjadi, “berdirilah dua orang yang berpakaian putih dekat mereka, dan berkata kepada mereka: “Hai orang-orang Galilea, mengapakah kamu berdiri melihat ke langit? Yesus ini, yang terangkat ke sorga meninggalkan kamu, akan datang kembali dengan cara yang sama seperti kamu melihat Dia naik ke sorga.” (Kisah 1:10, 11). Alkitab bahkan mengatakan dengan spesifik “setiap mata akan melihat Dia” (Wahyu 1:7). Baca juga Matius 24:27!

2. Kedatangan Kristus dengan seruan, suara malaikat, dan sangkakala Tuhan.
Rasul Paulus cukup spesifik dalam penjelasannya tentang saat pengangkatan dalam 1 Tesalonika 4:16. Jika dilihat dari ayat ini, pengangkatan secara rahasia, akan jadi seperti mengendap kepada seseorang sementara memukul-mukul periuk dan panci!

3. Kuburan dari semua penjuru akan terbuka.
Paulus melanjutkan gambaran inspirasi pengangkatannya dalam 1 Tesalonika 4:16, melaporkan bahwa “dan mereka yang mati dalam Kristus akan lebih dulu bangkit”. Orang-orang percaya in yang telah mati akan serentak keluar dari kubur di seluruh bumi! Berapa banyak kuburan ini? Mari kita lihat apa yang terjadi: Belakangan ini, media berita BBC menerbitkan sebuah artikel berjudul, “dunia ini kehabisan lahan pekuburan”. Siapkan diri anda untuk suara nisan-nisan kuburan terbongkar di sekitar anda!

4. Semua yang ke surga akan pergi bersama-sama.
Setelah Kristus mengeluarkan orang-orang percaya dari kuburnya, “kita yang hidup, yang masih tinggal akan diangkat bersama-sama dengan mereka dalam awan menyongsong Tuhan di angkasa” (1 Tesalonika 4:17). Itu artinya, setiap orang percaya akan bangkit dari kubur dan bertemu Kristus di angkasa bersama-sama. Diantara kerumunan orang-orang ini, tidakkah Anda berpikir akan ada teriakan pujian dan sukacita? Kedengarannya seperti sulit untuk ketinggalan pemandangan dan suara itu.

5. Unsur-unsur bumi akan meleleh.
Petrus menambahkan dalam penjelasannya tentang pengangkatan, “langit akan binasa dalam api dan unsur-unsur dunia akan hancur karena nyalanya.” (2 Petrus 3:12). Bayangkan tontonan yang akan memekakkan telinga dari seluruh angkasa bersinar dengan api yang menyambar dan gambaran visual yang menakjubkan dari unsur-unsur planet kita yang meleleh karena suhu yang sangat panas.


2 Comments

Simon Haposan Gurning

Juni 27, 2017at 10:32 pm

Mohon penjelasannya selama menunggu kedatangan Tuhan Yesus kembali, bagaimana kondisi roh orang mati ? Apakah akan diangkat bersama2 manusia yg masih hidup di dunia. Bagaimana tanggapannya atas paham Predestinasi dari calvinis ?

    daniel

    Juni 28, 2017at 1:14 pm

    1Th 4:16 Sebab pada waktu tanda diberi, yaitu pada waktu penghulu malaikat berseru dan sangkakala Allah berbunyi, maka Tuhan sendiri akan turun dari sorga dan mereka yang mati dalam Kristus akan lebih dahulu bangkit;
    1Th 4:17 sesudah itu, kita yang hidup, yang masih tinggal, akan diangkat bersama-sama dengan mereka dalam awan menyongsong Tuhan di angkasa. Demikianlah kita akan selama-lamanya bersama-sama dengan Tuhan.

    1Co 15:50 Saudara-saudara, inilah yang hendak kukatakan kepadamu, yaitu bahwa daging dan darah tidak mendapat bagian dalam Kerajaan Allah dan bahwa yang binasa tidak mendapat bagian dalam apa yang tidak binasa.
    1Co 15:51 Sesungguhnya aku menyatakan kepadamu suatu rahasia: kita tidak akan mati semuanya, tetapi kita semuanya akan diubah,
    1Co 15:52 dalam sekejap mata, pada waktu bunyi nafiri yang terakhir. Sebab nafiri akan berbunyi dan orang-orang mati akan dibangkitkan dalam keadaan yang tidak dapat binasa dan kita semua akan diubah.
    1Co 15:53 Karena yang dapat binasa ini harus mengenakan yang tidak dapat binasa, dan yang dapat mati ini harus mengenakan yang tidak dapat mati.
    1Co 15:54 Dan sesudah yang dapat binasa ini mengenakan yang tidak dapat binasa dan yang dapat mati ini mengenakan yang tidak dapat mati, maka akan genaplah firman Tuhan yang tertulis: “Maut telah ditelan dalam kemenangan.
    1Co 15:55 Hai maut di manakah kemenanganmu? Hai maut, di manakah sengatmu?”

Leave a Reply

Pencarian

Kategori