6 Cara Sederhana Mengontrol Kadar Asam Urat

Featured Kesehatan

Penyakit asam urat terjadi karena pengonsumsian zat purin yang berlebihan. Purin diolah di dalam tubuh menjadi asam urat, namun apabila kadarnya berlebihan, ginjal tidak mampu mengeluarkannya melalui urin.

Hal ini pada akhirnya membuat asam urat menumpuk di persendian. Jika penumpukan ini terjadi, maka bagian sendipun akan terasa nyeri, meradang, dan kemudian bengkak. Oleh sebab itu, kita harus pintar-pintar mengontrol kadar asam urat di dalam tubuh kita.

Tips sederhana mengendalikan kadar asam urat

  1. Mengonsumsi banyak serat

Menurut sejumlah penelitian, makanan kaya serat dapat mengendalikan asam urat di dalam tubuh. Jadi tidak ada salahnya anda mencoba tips ini dengan mengonsumsi makanan kaya serat seperti sayuran agar kadar asam urat dalam tubuh tetap terjaga normal.

  1. Memasak dengan minyak zaitun

Dibandingkan dengan minyak lainnya, minyak zaitun mengandung asam lemak yang rendah. Oleh sebab itu, cobalah mengganti minyak goreng biasa dengan minyak zaitun ketika memasak (kalau perlu tidak memasak memakai minyak).

  1. Hidari makanan manis

Makanan manis memiliki kadar gula yang sangat tinggi dan hal ini dapat meningkatkan asam urat di dalam tubuh. Oleh karena itu, hindari atau kurangilah pengonsumsian makanan tinggi gula dan beralihlah ke makanan yang lebih sehat seperti buah-buahan.

  1. Perbanyak minum air putih

Asam urat akan keluar dengan mudahnya melalui urin apabila anda meningkatkan pengosumsian air putih. Pastikan kebutuhan cairan anda terpenuhi dengan baik. Air putih adalah minuman terbaik bagi tubuh.

  1. Makan buah ceri

Ceri merupakan salah satu jenis buah yang baik untuk dimakan saat anda menderita penyakit asam urat. Buah ceri mempunyai sifat anti-inflamasi atau anti peradangan yang baik untuk mengontrol asam urat.

  1. Tingkatkan asupan vitamin C

Vitamin C adalah satu satu jenis vitamin yang dapat mengendalikan asam urat di dalam tubuh anda. Ada banyak buah-buahan yang mengandung vitamin C seperti contoh jeruk, delima, lemon dan lain sebagainya.

Asam urat bisa menimbulkan rasa nyeri yang cukup parah pada bagian tubuh tertentu. Semoga tips sederhana ini dapat membantu anda untuk mengontrol kadar asam urat dalam tubuh anda.

 

Sumber: artikelkesehatan99.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *