9 Manfaat Timun Bagi Kesehatan

Featured Kesehatan

Timun adalah sayuran nomor 4 yang paling dibudidayakan di dunia dan dikenal sebagai salah satu makanan terbaik untuk kesehatan tubuh.

Di Indonesia sendiri, timun sudah tidak asing lagi dijumpai sebagai pelengkap hidangan-hidangan khas tanah air mulai dari gado-gado hingga nasi goreng. Namun banyak dari kita masih belum mengetahui seberapa besar manfaat timun bagi kesehatan.

Timun ialah tanaman yang termasuk suku labu-labuan. Timun sebenarnya adalah buah yang tinggi nutrisi yang bermanfaat, serta senyawa tanaman tertentu dan antioksidan yang dapat membantu mengobati dan bahkan mencegah beberapa kondisi.

Manfaat Timun

Setidaknya ada 9 manfaat timun yang bisa kita peroleh, diantaranya adalah:

  1. Sumber Vitamin B

Timun kaya akan kandungan vitamin B yang dapat menjaga tubuh Anda dari serangan penyakit.

  1. Rehidrasi tubuh dan Mengisi Ulang Vitamin Harian

Timun mengandung 95% air sehingga dapat menjaga tubuh Anda dari dehidrasi sambal membantu tubuh menghilangkan racun. Timun memiliki sebagian besar vitamin yang dibutuhkan tubuh dalam satu hari. Kulit timun juga mengandung vitamin C yang cukup banyak.

  1. Perawatan Kulit dan Rambut

Jika Anda tidak suka makan kulit timun, bisa Anda gunakan untuk mengatasi iritasi kulit dan luka bakar. Manfaatkan juga sepotong timun diatas mata yang bengkak, karena sifat anti-inflamasinya dapat membantu mengurangi pembengkakan. Selain itu, silicon dan sulfur yang terkandung di dalam timun juga dapat membantu merangsang pertumbuhan rambut.

  1. Melawan Kanker

Timun diketahui mengandung lariciresinol, pinoresinol, dan secoisolariciresinol. Ketiganya memiliki sejarah kuat dari penelitian sehubungan dengan penurunan resiko beberapa jenis kanker seperti kanker payudara, kanker ovarium, kanker Rahim, dan kanker prostat.

  1. Meredakan Bau Mulut

Ambil seiris timun dan tekan ke langit-langit mulut Anda dengan lidah selama 30 detik, fitokimia akan membunuh bakteri yang bertanggung jawab dalam menyebabkan bau mulut.

  1. Menghidari ‘Morning Sickness’

Untuk menghindari ‘morning sickness’ atau sakit kepala di pagi hari, makanlah beberapa iris timun sebelum tidur (3 jam sebelum tidur). Atau bisa juga dengan menjaga pola istirahat kita di malam hari yaitu tidur di bawah jam 10 malam, dan jangan makan malam terlalu banyak kalau perlu makanannya ringan saja, seperti contoh buah-buahan (3 jam sebelum tidur). Timun mengandung gula, vitamin B, dan elektrolit untuk menambah nutrisi yang penting, mengurangi intensitas baik mabuk atau sakit kepala.

  1. Membantu menurunkan berat badan & mengatasi masalah pencernaan

Karena timun rendah kalori dan mengandung air yang sangat tinggi, timun adalah diet yang ideal untuk orang-orang yang sedang ingin menurunkan berat badan. Kandungan air yang tinggi dan serat makanan dalam timun sangat efektif dalam membersihkan tubuh dari racun yang ada pada system pencernaan. Mengonsumsi timun setiap hari dapat diaggap sebagai obat untuk sembelit kronis.

  1. Mengobati diabetes, mengurangi kolesterol dan mengontrol tekanan darah

Jus timun mengandung hormon yang dibutuhkan oleh sel-sel pancreas untuk memproduksi insulin yang telah diketahui sangat bermanfaat bagi pasien diabetes. Para peneliti menemukan bahwa senyawa yang disebut sterol dalam timun dapat membantu mengurangi kadar kolesterol.

Timun mengandung banyak kalium, magnesium dan serat. Ini akan bekerja efektif untuk mengatur tekanan darah. Hal ini membuat timun sangat membantu dalam mengatasi tekanan darah rendah dan tekanan darah tinggi.

  1. Meningkatkan kesehatan sendi, mengurangi nyeri sendi

Timun merupakan sumber yang sangat baik dari silika, yang diketahui  dapat membantu meningkatkan kesehatan sendi dengan memperkuat jaringan ikat. Timun juga kaya akan vitamin A, B1, B6, C dan D, Folat, Kalsium, Magnesium dan Kalium. Ketika dicampur dengan jus wortel, timun bisa meredakan encok dan nyer artritis dengan cara menurunkan kadar asam urat.

Itulah beberapa manfaat timun yang bisa kita peroleh. Semoga bermanfaat dan dapat menjadi acuan untuk melakukan atau menjalani hidup yang sehat khususnya, dan  dapat memperhatikan pola makan anda setiap hari. Tuhan memberkati.

Sumber : artikelkesehatan99.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *