Antikristus & 666

Antikristus  & 666 Diungkap (1)

Featured Pendalaman Alkitab

Untuk beberapa dari Anda pembahasan kita saat ini mungkin akan sangat mengejutkan. Untuk yang lain mungkin ini akan menjadi suatu pembelajaran nubuatan yang paling menakjubkan yang pernah Anda miliki. Dan bagi sebagian dari Anda, topik ini mungkin hanya akan menegaskan apa yang sudah Anda ketahui atau duga (jika Anda mengikuti artikel nubatan-nubuatan sebelumnya).

Tetapi yang pasti bahwa apa yang akan kita pelajari adalah kebenaran. Yesus mengatakan kepada kita dalam Yohanes 8:32, “Kamu akan mengetahui kebenaran, dan kebenaran itu akan  memerdekakan kamu.Bagaimanapun juga, kadang-kadang kebenaran menyakiti.  Tapi bukan rasa sakit itu yang menjadi tujuan Tuhan dalam memberikan kebenaran kepada kita, melainkan untuk menyelamatkan kita.

Dengan pemikiran itu, mari kita pergi ke Wahyu 13.  Dan kita akan meninjau kembali fakta-fakta mengenai binatang Antikristus ini. Wahyu 13:1-3, “Lalu aku melihat seekor binatang keluar dari dalam laut, bertanduk sepuluh dan berkepala tujuh; di atas tanduk-tanduknya terdapat sepuluh mahkota dan pada kepalanya tertulis nama-nama hujat. Binatang yang kulihat itu serupa dengan macan tutul, dan kakinya seperti kaki beruang dan mulutnya seperti mulut singa. Dan naga itu memberikan kepadanya kekuatannya, dan takhtanya dan kekuasaannya yang besar. Maka tampaklah kepadaku satu dari kepala-kepalanya seperti kena luka yang membahayakan hidupnya, tetapi luka yang membahayakan hidupnya itu sembuh. Seluruh dunia heran, lalu mengikut binatang itu.”

Pertanyaan bagi kita adalah siapa binatang ini? Binatang ini adalah simbol suatu kuasa antikristus karena ia memiliki tanda dan angka 666. Hampir semua sarjana Alkitab setuju bahwa binatang ini adalah simbol antikristus.

Dalam nubuatan Alkitab kita menemukan bahwa binatang melambangkan kerajaan. Kita melihat pada Daniel 7:23 dimana malaikat mengatakan kepada Daniel, “binatang yang keempat  itu ialah kerajaan yang keempat.” Dan kita juga melihat bahwa keempat binatang dalam Daniel 7:4-7 melambangakan empat kerajaan. Itulah sebabnya kita paham binatang dalam Wahyu 13 melambangkan suatu kerajaan atau negara. Di sini sekali lagi kita menjumpai data-data  lambang  dari Alkitab.

Mari kita tinjau kembali binatang-binatang dalam Daniel 7 tersebut. Melambangkan apa singa dalam Daniel tujuh? Babel. Bagaimana dengan beruang dengan tiga tulang rusuk di mulutnya? Media-Persia. Bagaimana dengan macan tutul dengan empat kepala dan empat sayap? Yunani. Bagaimana dengan naga? Roma. Kita tahu bahwa binatang antikristus merupakan lambang dari kerajaan–karena binatang dalam nubuat adalah melambangkan kerajaan.

Selanjutnya kita mendapati bahwa naga dalam Daniel 7 memiliki sepuluh tanduk. Melambangkan apakah sepuluh tanduk itu? Sepuluh kerajaan yang terbagi dari Roma. Tujuh dari sepuluh masih ada saat ini. Tiga telah lenyap yaitu, Heruli, Vandal, dan Ostrogoth. Kita mendapati dalam beberapa pelajaran nubuatan sebelumnya apa yang terjadi pada tiga kerajaan itu bahwa mereka tumbang karena kemunculan tanduk kecil yang lain, atau kerajaan kecil.

Mari kita kembali ke Daniel 7, dan mengamati tanduk kecil tersebut. Daniel 7:8 mengatakan, “Sementara aku memperhatikan tanduk-tanduk itu, tampak tumbuh di antaranya suatu tanduk lain yang kecil, sehingga tiga dari tanduk-tanduk yang dahulu itu tercabut; dan pada tanduk itu tampak ada mata seperti mata manusia dan mulut yang menyombong.”

Jadi Daniel sementara melihat sepuluh kerajaan yang terbagi itu, atau Eropa Barat, karena di situlah sepuluh tanduk itu berada. Lalu dia melihat tanduk kecil atau kerajaan kecil ini muncul yang menumbangkan tiga tanduk atau kerajaan yang lain.

Kita sudah mempelajari bahwa tanduk kecil ini sama dengan binatang  dalam Wahyu 13- itu adalah antikristus. Tuhan mengulangi nubuatan-Nya untuk menunjukkan kepastiannya. Dan Daniel ingin mengetahui siapa tanduk kecil itu.  Kita akan membacanya dalam Daniel 7:19, 20, “Lalu aku ingin mendapat  penjelasan tentang binatang yang keempat itu, yang berbeda dengan segala binatang yang lain, yang sangat menakutkan, dengan gigi besinya dan kuku tembaganya, yang melahap dan meremukkan dan menginjak-injak sisanya dengan kakinya; dan tentang kesepuluh tanduk yang ada pada kepalanya, dan tentang tanduk yang lain, yakni tanduk yang mempunyai mata dan yang mempunyai mulut yang menyombong, yang tumbuh sehingga patahlah tiga tanduk, dan yang lebih besar rupanya dari tanduk-tanduk yang lain.”

Jadi Daniel mengatakan ingin mengetahui kebenaran, terutama tentang tanduk kecil itu. Pertanyaan, apakah Anda ingin mengetahui kebenaran tentang tanduk kecil ini? Kadang kebenaran itu menyakitkan. Tetapi kebenaran akan membebaskan kita dari perbudakan dosa.

Siapa tanduk kecil ini? Allah tidak menamai tanduk kecil untuk kita, tetapi ia memberi kita beberapa petunjuk sehingga kita dapat mengidentifikasi sistem ini. Mari kita meninjau kembali  petunjuk-petunjuk itu yang dulu telah kita pelajari. Ini semua adalah review bagi mereka yang berada di sini ketika kita membahasnya beberapa waktu lalu. Kita menemukan sepuluh petunjuk menggenai tanduk kecil ini.

  1. Diantara Sepuluh
    Dimana itu? Eropa Barat. Jadi kita tahu antikristus muncul di suatu tempat di Eropa Barat, karena di situlah tanduk kecil ini muncul. Ayat untuk itu datang dari Daniel. 7:8.
  2. Muncul setelah Sepuluh kerajaan atau setelah 476, sesudah berakhirnya kekuasaan kekaisaran Romawi (Daniel 7:24).
  3. Tanduk Kecil atau kerajaan kecil (ayat 8).
  4. Menumbangkan Tiga Kerajaan (ayat 8).
    Kita tahu dari sejarah mereka adalah Heruli, Vandal, dan Ostrogoth.
  5. Pemimpin Manusia (Daniel 7:8).
    Karena tanduk kecil ini memiliki mata seperti mata manusia, dan mulut yang sombong.
  6. Berbeda (ayat 24).
  7. Menghujat (ayat 25).
    Kita menemukan satu definisi Alkitab tentang penghujatan dalam pembahasan antikristus yang pertama. Dalam Yohanes 10:33, Jawab orang-orang Yahudi itu: “Bukan karena suatu pekerjaan baik maka kami mau melempari Engkau, melainkan karena Engkau menghujat Allah dan karena Engkau, sekalipun hanya seorang manusia saja, menyamakan diri-Mu dengan Allah.”” Dalam ayat ini mengatakan bahwa seseorang dikategorikan menghujat Allah ketika seorang manusia menjadikan dirinya sendiri tuhan di dunia.
    Mari kita pergi melihat satu lagi definisi dari Alkitab untuk penghujatan.  Mari kita buka Lukas 5:21.  Disini kita dapati ada seorang lumpuh yang di turunkan dari atap kepada Yesus, dan Yesus berkata pada orang itu dosamu sudah diampuni, “Tetapi ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi berpikir dalam hatinya: “Siapakah orang yang menghujat Allah ini? Siapa yang dapat mengampuni dosa selain dari pada Allah sendiri?” Jadi jelas, penghujatan juga adalah ketika seorang manusia mengklaim memiliki kuasa untuk mengampuni dosa.
    Tetapi tentu saja kedua ayat ini tidak belaku untuk Yesus sebagai yang menghujat Allah karena Ia adalah Allah. Dia bisa mengampuni kita dari dosa-dosa kita. Namun untuk seorang manusia biasa kemudian mengklaim hak prerogatif Tuhan untuk mengampuni, maka itulah penghujatan menurut Alkitab. Jadi antikristus itu akan mengaku sebagai Tuhan dan mengaku memiliki kuasa untuk mengampuni dosa-dosa kita. Mari kita lanjutkan sekarang untuk petunjuk yang kedelapan tentang tanduk kecil.
  8. Menganiaya (ayat 21, 25).
    Tanduk kecil atau kerajan antikristus akan menganiaya orang-orang kudus Yang Mahatinggi.
  9. Mengubah Hukum (ayat 25).
    Mengatakan ia akan berusaha untuk mengubah waktu dan hukum).
  10. Berkuasa selama 1.260 Tahun (ayat 25).
    Alkitab mengatakan bahwa tanduk kecil itu akan memerintah untuk 1 masa, 2 masa, dan setengah masa. Berapa lama itu? Wahyu 12:6, 14 memberitahu kita bahwa itu adalah 1260 hari. Mari kita menghitung lagi apakah itu benar. 1 masa (tunggal) = satu tahun. 2 masa (jamak)= dua tahun. Setengah masa = setengah tahun. Total 3 ½ tahun. Dan 3 ½ tahun adalah 1260 hari (1 tahun = 360 hari).
    Tapi kita sudah belajar bahwa dalam nubuatan Alkitab, hari merupakan tahun dalam kenyataan literal, seperti yang dinyatakan dalam Yehezkiel 4:6 dan Bilangan 14:34. Dalam nubuatan Alkitab, satu hari nubuatan sama dengan satu tahun literal.
    Jadi tanduk kecil antikristus ini –berkuasa selama 3 ½ tahun, atau 1260 hari nubuatan, yang berarti 1260 tahun literal atau nyata.

Inilah kesepuluh petunjuk itu. Mari kita tambahkan petunjuk yang kesebelas sekarang. Tapi sebelum kita menambahkannya, mari kita membaca 1 Timotius 2:3, 4, Itulah yang baik dan yang berkenan kepada Allah, Juruselamat kita, yang menghendaki supaya semua orang diselamatkan dan memperoleh pengetahuan akan kebenaran.” Kebenaran apa yang Tuhan ingin semua orang ketahui?  Mari baca ayat 5, Karena Allah itu esa dan esa pula Dia yang menjadi pengantara antara Allah dan manusia, yaitu manusia Kristus Yesus.”
Jadi ada berapa banyak mediator atau pengantara antara Allah dan manusia? Hanya Satu. Siapakah dia? Yesus Kristus. Sistem yang akan kita ungkap malam ini menempatkan banyak mediator antara Allah dan manusia.

Selanjutnya, sebelum pergi ke petunjuk kesebelas. Kebenaran tidak menentang orang-orang yang tulus. Ia menentang kesalahan. Kita akan mengungkap kerajaan itu, tetapi ada perbedaan antara rakyat dengan kerajaan. Contohnya: Selama perang dunia II, Hitler memimpin rakyat Jerman dalam perang melawan dunia. Jika Anda adalah orang Jerman waktu itu, akankah otomatis Anda orang yang buruk? Tidak sama sekali. Jadi kita akan mengungkap sistem kekuasaan antikristus itu, dan bukan untuk menyerang orang-orang yang tulus yang mungkin terkait dengan itu. ITU SANGATLAH BERBEDA.

Dengan hal itu dalam pikiran, mari kita tambahkan sekarang petunjuk yang kesebelas. Ini adalah salah satu yang sangat jelas, Anda akan dapat langsung mengatakan siapa antikristus itu. Kita mendapati bahwa tanduk kecil adalah sama dengan binatang pertama (yang keluar dari dalam laut) dalam pertama Wahyu 13. Keduanya melambangkan antikristus.

Mari kita perhatikan petunjuk kesebelas kita dari Wahyu 13:2: “Naga itu memberikan kepadanya kekuatan dan takhtanya dan kekuasaannya yang besar.” Dalam Daniel 7, binatang naga itu melambangkan kerajaan apa? Roma.

Di sini Alkitab mengatakan, “Naga [Roma] memberinya [binatang antikristus] kekuatannya, dan takhtanya, dan kekuasaannya yang besar.” Setiap pemerintah memiliki tahkta. Dimana takhta Kekaisaran atau Kerajaan Romawi kuno? Kota Roma. Takhta Roma adalah kota Roma.

Dan Alkitab mengatakan kepada kita dalam Wahyu 13:2, “Naga [Roma] memberinya [binatang antikristus] kekuasaan dan takhta [atau ibukota] dan kekuasaannya yang besar.” Jadi, ini merupakan sebuah sistem yang berbasis di kota Roma.

Kita akan menambahkan itu sebagai petunjuk kesebelas (11) kita, yaitu berbasis di Roma. Sekarang ketika Anda menggabung nomor tiga (3) Tanduk Kecil, atau kerajaan kecil dengan nomor sebelas (11) yang berbasis di Roma, kita menemukan bahwa antikristus adalah kerajaan kecil yang berbasis di kota Roma. Siapakah kekuasaan negara kecil yang berbasis di Roma Italia yang memenuhi kesemua sebelas poin terutama poin tiga dan sebelas? Itu adalah kerajaan Vatikan.

Sekarang kita akan berhenti sejenak di sini! Ini bukanlah tentang menyerang Katolik Roma. Kita sedang mengidentifikasi kerajaan atau kekuasaan, dan bukan orang-orang yang memiliki keterkaitan dengan kerajaan itu. Telah ada dan masih akan ada banyak orang-orang kudus dalam sistem ini. Banyak misionaris mula-mula yang ke Asia adalah Katolik Roma. Katolik telah dan masih melakukan pelayanan yang baik yang tak terhitung banyaknya bagi dunia. Tidak diragukan bahwa akan ada banyak orang-orang dari Katolik Roma di Surga pada akhirnya nanti. Kenyataannya adalah nanti akan ada banyak orang-orang dari setiap gereja di Surga. Tetapi mungkin  juga akan ada orang-orang dari setiap gereja berada di tempat yang lain-tempat panas (neraka)-karena tidak bertobat dan tidak sungguh-sungguhnya mereka menyembah Tuhan. Jadi kita tidak berbicara tentang orang-orangnya, kita sedang mengidentifikasi kerajaannya atau kekuasaan antikristus itu.

Pertanyaannya adalah mengapa Vatikan? Kita lanjutkan dalam artikel nubuatan selanjutnya.

2 thoughts on “Antikristus  & 666 Diungkap (1)

    1. Terimakasih Sudah berpartisipasi Pak @Eben Harzer dalam seri pelajaran alkitab kami. Kami sudah mengirimkan pelajarannya di artikel-artikel sebelumnya nanti bisa dipelajari sendiri. Boleh pelajari di artikel-artikel ini 1. http://amazingfacts.id/nubuatan-alkitab-terpanjang-yang-paling-menakjubkan-1/ 2. http://amazingfacts.id/nubuatan-alkitab-terpanjang-yang-paling-menakjubkan-2/ 3. http://amazingfacts.id/nubuatan-alkitab-terpanjang-yang-paling-menakjubkan-3/

      Terimakasih Tuhan memberkati.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *