Wanita Babel

Antikristus dan Ciri-cirinya Diungkap 2

Featured Pendalaman Alkitab

Dalam artikel nubuatan “AntiKristus dan Ciri-cirinya Diungkap (1)kita telah melihat cirri-ciri dari binatang AntiKristus. Namun pertanyaan besar masih tetap ada: Siapa atau apakah  binatang AntiKristus itu?

Pertama-tama, dalam nubuatan Alkitab, melambangkan apakah binatang itu?  Sebagai jawaban, kita akan pergi ke buku kembaran Wahyu – Buku Daniel.  Daniel 7:2, 3, “Pada malam hari aku mendapat penglihatan, tampak keempat angin dari langit mengguncangkan laut besar, dan empat binatang besar naik dari dalam laut, yang satu berbeda dengan yang lain.”  Jadi di sini Daniel melihat empat binatang besar yang datang dari laut. Di sini kita memiliki satu kunci untukmengungkap   simbol nubuatan Alkitab. Daniel 7:23, “Binatang yang keempat itu ialah kerajaan yang keempat yang akan ada di bumi.” Dan Anda dapat membaca hal yang sama di ayat 17 …

Ayat-ayat ini dengan jelas mengajarkan bahwa dalam nubuatan Alkitab, binatang melambangkan kerajaan atau negara. Kita lihat bahwa binatang AntiKristus dari Wahyu 13 harus melambangkan kerajaan. Dan ngomong-omong, itu bukan Indonesia kalau saja Anda bertanya-tanya!

Ingat empat kerajaan dari patung logam dalam Daniel 2? Nah, keempat binatang dari Daniel 7 adalah empat kerajaan yang sama dalam Daniel 2. Kita tahu dari sejarah bahwa hanya ada empat kerajaan yang universal. Beberapa kali dalam zaman  Daniel Allah melambangkan kerajaan-kerajaan tersebut. Pertama di Daniel 2, lagi dalam pasal 7-9, dan akhirnya dalam Daniel 11. Mari kita lihat lebih dekat keempat binatang yang mewakili empat kerajaan.

Mari kita baca tentang kerajaan pertama dari Daniel 7:4, “Yang pertama rupanya seperti seekor singa, dan mempunyai sayap burung rajawali; aku terus melihatnya sampai sayapnya tercabut dan ia terangkat dari tanah dan ditegakkan pada dua kaki seperti manusia, dan kepadanya diberikan hati manusia.”  Ini adalah binatang yang pertama atau kerajaan pertama. Kerajaan apa yang merupakan kerajaan universal yang pertama? Babel. Bahkan saat ini di atas reruntuhan Babel, masih dapat melihat singa bersayap. Singa  bersayap selalu menjadi simbol Babel. Babel dilambangkan oleh kepala dari emas dalam mimpi Nebukadnezar tentang patung dari logam dalam Daniel 2, dan dengan singa bersayap di Daniel 7. Apa yang mewakili sayap dalam nubuatan Alkitab? Kecepatan penaklukan menurut Habakuk 1:6-8. Jadi Babel sangat cepat menaklukkan dan kemudian terkenal di seluruh dunia . Babel memerintah 605-539 SM.

Kemudian Daniel melihat binatang kedua, atau kerajaan kedua. Kita menemukan bahwa dalam Daniel 7:5, “Dan tampak ada seekor binatang yang lain, yang kedua, rupanya seperti beruang; ia berdiri pada sisinya yang sebelah, dan tiga tulang rusuk masih ada di dalam mulutnya di antara giginya. Dan demikianlah dikatakan kepadanya: Ayo, makanlah daging banyak-banyak.” Di sini kita memiliki binatang kedua atau kerajaan kedua. Apa kerajaan universal kedua? Itu  adalah Media-Persia. Media-Persia dilambangkan dengan perak dalam patung logam Daniel 2, dan oleh beruang  dalam Daniel 7. Kerajaan ini memerintah 539-331 SM. Hebatnya, Allah menubuatkan semua nubuat ini 2500 tahun yang lalu (bahkan sebelum Media-Persia menguasai dunia).

Mari kita beralih ke binatang ketiga dalam Daniel 7:6. “Kemudian aku melihat, tampak seekor binatang yang lain, rupanya seperti macan tutul; ada empat sayap burung pada punggungnya, lagipula binatang itu berkepala empat, dan kepadanya diberikan kekuasaan.” Binatang ketiga dalam penglihatan Daniel itu mirip dengan macan tutul. Apa itu kerajaan ketiga? Itu Yunani. Binatang ini memiliki empat sayap. Kita melihat bahwa sayap melambangkan kecepatan penaklukan. Dengan demikian, empat sayap berarti kecepatan tinggi. Perhatikan apa yang ensiklopedia katakan tentang Alexander Agung.  “Alexander adalah salah satu jenderal terbesar sepanjang masa, terkenal karena kehebatannya sebagai ahli strategi dan pemimpin pasukan dengan kecepatan yang luar biasa ia bisa menaklukkan hamparan wilayah yang sangat luas.” Dalam 11 tahun, dari 335 SM-324 SM, Alexander dan pasukannya berperang dengan berjalan kaki melintasi 35.000 km. Mereka menaklukkan sampai ke India. Cassander mengambil barat, Lysimachus timur, Seleucus utara, dan Ptolemy selatan. Tidak diragukan lagi bahwa sebabnya Tuhan mengggambarkan binatang ini dengan empat kepala, melambangkan empat pemimpin dari kekaisaran Yunani setelah kematian Alexander. Yunani dilambangkan dengan bagian tengah dari perunggu dalam patung logam di Daniel 2 dan oleh macan tutul dalam Daniel 7. Yunani memerintah 331-168 SM.

Mari kita sekarang menuju ke binatang yang keempat. Ini adalah salah satu binatang yang jelek. Daniel 7:7, “Kemudian aku melihat dalam penglihatan malam itu, tampak seekor binatang yang keempat, yang menakutkan dan mendahsyatkan, dan ia sangat kuat. Ia bergigi besar dari besi; ia melahap dan meremukkan, dan sisanya diinjak-injaknya dengan kakinya; ia berbeda dengan segala binatang yang terdahulu; lagipula ia bertanduk sepuluh.” Ini adalah binatang mengerikan. Berapa banyak tanduk yang dimiliki binatang ini? Sepuluh tanduk. Siapa yang tahu, kerajaan universal apakah yang keempat? Roma.

Mari kita tinjau empat binatang dari Daniel 7. Singa yang diwakili singa? Babel. Beruang mewakili kerajaan apakah itu? Media-Persia. Macan tutul dengan empat kepala dan sayap mewakili Yunani. Binatang dengan sepuluh tanduk melambangkan Roma.

Perhatikan bahwa binatang keempat ini, Roma, memiliki sepuluh tanduk. Apa yang mereka wakili? Kita akan mendapatkan jawaban dari Daniel 7:24, “Kesepuluh tanduk itu ialah kesepuluh raja yang muncul dari kerajaan itu. Sesudah mereka, akan muncul seorang raja; dia berbeda dengan raja-raja yang dahulu dan akan merendahkan tiga raja.”
Untuk menjadi raja Anda harus memiliki apa? Sebuah kerajaan. Jadi keluar dari Roma muncul sepuluh tanduk atau sepuluh kerajaan.

Ingat sepuluh jari pada patung di Daniel 2? Mereka mewakili sepuluh kerajaan yang berasal dari Kekaisaran Romawi kuno. Demikian pula, sepuluh tanduk melambangkan sepuluh kerajaan yang muncul dari Kekaisaran Romawi. Tujuh dari yang sepuluh kerajaan itu masih ada saat ini. Tiga telah punah, yaitu Heruli, Vandal, dan Ostrogoth. Apa yang terjadi dengan mereka? Sebagai jawaban, mari kita baca Daniel 7:8. “Sementara aku memperhatikan tanduk-tanduk itu, tampak tumbuh di antaranya suatu tanduk lain yang kecil, sehingga tiga dari tanduk-tanduk yang dahulu itu tercabut.”  Saat tanduk kecil ini muncul kekuasaan itu mencabut tiga tanduk atau kerajaan lain, yaitu Heruli, Vandal, dan Ostrogoth.

Disini timbul pertanyaan besar, siapa atau apakah tanduk kecil ini dan melambangkan apa? Kita akan menemukan beberapa hal yang menakjubkan. Tanduk kecil dari Daniel 7 sebenarnya sama dengan binatang di Wahyu 13. Keduanya melambangkan AntiKristus. Nah pertanyaannya, tentu saja, adalah siapa tanduk kecil ini? Kita akan menemukan petunjuk lebih lanjut tentang identitas AntiKristus dari tanduk kecil ini di ayat lain dalam Alkitab.

  1. Mari kita lihat petunjuk pertama kembali dari Daniel 7:8. Di sini Daniel mengatakan, ”Sementara aku memperhatikan tanduk-tanduk itu, tampak tumbuh di antaranya suatu tanduk lain yang kecil.” Mari kita dapatkan petunjuk berikutnya dari ayat 24. “Kesepuluh tanduk itu ialah kesepuluh raja yang muncul dari kerajaan itu. Sesudah mereka, akan muncul seorang raja; dia berbeda dengan raja-raja yang dahulu dan akan merendahkan tiga raja” (menekankan “sesudah mereka”).  Jadi petunjuk pertama adalah bahwa tanduk kecil atau binatang AntiKristus itu adalah sebuah kerajaan atau Negara.
  1. Dari ayat 24 kita dapat petunjuk kedua bahwa AntiKristus (tanduk kecil) muncul setelah sepuluh tanduk atau setelah tahun kejatuhan pemerintahan Roma di tahun 476 M saat mereka mulai terpecah menjadi sepuluh kerajaan. Jadi Petunjuk kedua adalah AntiKristus itu harus muncul setelah 476 M . sekali lagi kenapa?  Karena sepuluh tanduk tidak datang sampai 476 M, dan Roma tidak jatuh sampai tahun itu. Sejak tanduk kecil -simbol AntiKristus muncul setelah sepuluh, itu harus datang setelah AD 476. Sekarang jangan lewatkan poin berikut: Hanya karena kita melihat ke masa lalu bahwa kita dapat mengidentifikasi AntiKristus dengan benar dan menemukan siapa dia dan perannya di akhir zaman. Kebanyakan orang saat ini melihat ke depan untuk AntiKristus. Tapi itu bukan apa yang Alkitab ajarkan. Kita telah melihat bahwa kuasa AntiKristus telah ada pada zaman Yohanes (1 Yohanes 2:18, 19) meskipun kemunculannya baru benar-benar setelah tahun 476 M. Dapatkah Anda mengidentifikasi sesuatu yang bahkan belum ada? Tidak ! Dapatkah Anda melihat AntiKristus ditutupi?
  1. Mari kita lihat petunjuk ketiga dari ayat delapan, “sementara aku memperhatikan tanduk-tanduk itu, tampak tumbuh diantaranya satu tanduk lain yang kecil…” Sebagaimana ini adalah tanduk kecil, maka ini juga sebuah kerajaan atau negara kecil. Itu bukan sebuah kerajaan besar seperti Spanyol, Jerman, Perancis, atau salah satu dari negara-negara lain di Eropa Barat.
  1. Mari baca kembali Daniel 7:8 untuk mendapatkan petunjuk keempat Alkitab mengatakan, ” sehingga tiga dari tanduk-tanduk yang dahulu itu tercabut.” Jadi petunjuk kita yang keempat tentang tanduk keci itu adalah mencabut tiga tanduk lainnya setelah kemunculannya. Kita tahu dari sejarah tiga tanduk atau kerajaan itu adalah Heruli, Vandal, dan Ostrogoth.

 

  1. Petunjuk kelima kita temukan dalam bagian terakhir dari ayat delapan. Alkitab berkata ada, “pada tanduk itu tampak ada mata seperti mata manusia dan mulut yang menyombong.” Jadi tanduk kecil ini memiliki mata seperti mata apa manusia.  Jadi petunjuk kelima bahwa kerajaan AntiKristus ini memiliki Pemimpin Manusia.
  1. Petunjuk kita selanjutnya adalah dari ayat 24 yang mengatakan, ”Kesepuluh tanduk itu ialah kesepuluh raja yang muncul dari kerajaan itu. Sesudah mereka, akan muncul seorang raja; dia berbeda dengan raja-raja yang dahulu dan akan merendahkan tiga raja”
    Petunjuk keenam kita, tanduk kecil ini akan
  1. Petunjuk kita selanjutnya adalah dari ayat 25. Alkitab berkata ada, “Ia akan mengucapkan perkataan yang menentang Yang Mahatinggi.” Ayat delapan juga mengatakan bahwa ia memiliki “mulut yang menyombong.” Wahyu 13:5 juga mengatakan hal yang serupa. “Dan kepada binatang itu diberikan mulut, yang penuh kesombongan dan hujat.”  Dengan kata lain, si tanduk kecil menghujat Allah. Jadi petunjuk ketujuh kita adalah menghujat.Pertanyaan berikutnya adalah jelas: Apakah penghujatan itu?  Ada beberapa definisi dalam Alkitab, tetapi kita akan pelajari hanya satu definisi dari penghujatan. Kita akan menemukannya dalam Yohanes 10:30-33. “Aku dan Bapa adalah satu.” Sekali lagi orang-orang Yahudi mengambil batu untuk melempari Yesus. Kata Yesus kepada mereka: “Banyak pekerjaan baik yang berasal dari Bapa-Ku yang Kuperlihatkan kepadamu; pekerjaan manakah di antaranya yang menyebabkan kamu mau melempari Aku?” Jawab orang-orang Yahudi itu: “Bukan karena suatu pekerjaan baik maka kami mau melempari Engkau, melainkan karena Engkau menghujat Allah dan karena Engkau, sekalipun hanya seorang manusia saja, menyamakan diri-Mu dengan Allah.””Penghujatan menurut ayat ini adalah ketika seorang manusia mengangkat dirinya sebagai Tuhan di bumi. Tetapi bagi Yesus itu bukan hujatan. Karena Yesus adalah Allah. Tapi bagi seseorang yang mengangkat diri sebagai Allah itu adalahJadi petunjuk ketujuh sekali lagi adalah penghujatan.
  1. Mari kita dapatkan petunjuk kedelapan dari Daniel 7:21, 25. “Dan aku melihat tanduk itu berperang melawan orang-orang kudus dan mengalahkan mereka . . . Ia akan mengucapkan perkataan yang menentang Yang Mahatinggi, dan akan menganiaya orang-orang kudus milik Yang Mahatinggi; ia berusaha untuk mengubah waktu dan hukum, dan mereka akan diserahkan ke dalam tangannya selama satu masa dan dua masa dan setengah masa.”Petunjuk kedelapan bahwa tanduk kecil ini akan menjadi kekuasaan yang menganiaya.
  1. Daniel 7:25 mengacu pada tanduk kecil Alkitab mengatakan, “Dan ia berusaha untuk mengubah waktu dan hukum.”
    Jadi petunjuk nomor sembilan adalah Merubah Hukum. AntiKristus sebenarnya melawan hukum manusia dan hukum Allah. Itulah mengapa disebut dalam Alkitab sebagai “Misteri Dari Si Pelanggaran Hukum.”
  1. Petunjuk kesepuluh kita berasal dari bagian terakhir dari ayat 25: “Mereka akan diserahkan ke dalam tangannya selama satu masa dan dua masa dan setengah masa.” Berapa lamakah itu? Mari kita pergi ke buku pasangan dari buku Daniel untuk jawabannya. Wahyu 12:14 berkata, “Kepada perempuan itu diberikan kedua sayap dari burung nasar yang besar, supaya ia terbang ke tempatnya di padang gurun, di mana ia dipelihara jauh dari tempat ular itu selama satu masa dan dua masa dan setengah masa.” Sekali lagi berapa lama itu? Kembali ke Wahyu 12:6 untuk jawabannya: Seribu dua ratus enam puluh hari lamanya.”Satu masa, dua masa, dan setengah masa adalah sama dengan 1260 hari. Bagaimana kita mengetahui hal itu?  Satu masa sama dengan satu tahun. Dua Masa sama dengan dua tahun. Dan setengah masa sama dengan setengah tahun. Berapa jumlahnya? 3 ½ tahun. Jika kita menggunakan rumus Alkitab tiga puluh hari untuk satu bulan, maka 3 ½ tahun akan persis 1260 hari. Jadi satu masa, dua masa, dan setengah masa adalah sama dengan 1260 hari. Tapi kita sedang mempelajari nubuat. Dan dalam nubuatan Alkitab satu hari mewakili apa? Satu tahun. Anda bisa membaca Yehezkiel  4:6 dan Bilangan 14:34. Dalam nubuatan Alkitab, satu hari nubuatan sama dengan satu tahun literal. Jadi dalam nubuatan ini kita memiliki 3 ½ tahun nubuatan. Itu akan menjadi 1260 hari nubuatan, atau 1260 tahun literal karena satu hari nubuatan sama dengan satu tahun literal.
    Jadi petunjuk kesepuluh kita: tanduk kecil -simbol antikristus (10) Memerintah selama 1260 tahun.

Jadi nubuatan ini jelas harus berada di masa lalu. Kita tahu antikristus akan berkuasa pada akhir zaman, namun kita juga mengetahui, dari apa yang telah kita pelajari, bahwa ia juga telah memerintah di masa lalu. Menurut Alkitab, AntiKristus sudah ada sekarang ini.

Mari kita meninjau kembali apa yang kita telah pelajari tentang kesepuluh tanda identifikasi dari tanduk kecil yang melambangkan AntiKristus: (1)  Diantara Sepuluh. (2) Setelah 476M. (3) Tanduk Kecil, atau Kerajaan atau Negara  Kecil. (4) Mencabut Tiga tanduk yang lain. (5) Pemimpinnya Manusia. (6) Berbeda dari Lainnya. (7) Menghujat. (8) Menganiaya. (9) Merubah Undang-Undang. (10) Berkuasa selama 1260 tahun.

Sekarang di sini adalah apa yang menakjubkan: Beberapa ciri-ciri yang sama sesuai dengan binatang Wahyu 13. Tanduk kecil muncul di antara sepuluh tanduk. Itu akan berada di daerah berpenduduk, Eropa Barat. Binatang itu muncul keluar dari laut-daerah dengan penduduk. Tanduk kecil adalah sebuah kerajaan. Binatang ini juga kerajaan. Tanduk kecil ini berbeda dari yang lainnya. Binatang ini juga berbeda dari binatang lain. Tanduk kecil ini menghujat Allah.

Binatang itu juga menghujat Allah (Why. 13:5). Tanduk kecil menganiaya. Binatang itu menganiaya orang-orang kudus (Why. 13:7). Tanduk kecil berkuasa selama 1260 tahun. Binatang berkuasa selama 42 bulan yang sama dengan 1260 tahun.

Jadi binatang dan tanduk kecil hanya dua simbol yang berbeda namun sama-sama melambangkan AntiKristus.

Mari kita meninjau apa yang telah kita. Ini adalah fakta yang menakjubkan!  Pertama, ada “banyak” AntiKristus! Kedua, mereka datang dari “dalam” gereja. Ketiga, “banyak” AntiKristus ini berada di sini sekarang! Dan akhirnya, binatang AntiKristus adalah sebuah kerajaan atau negara! Itu adalah fakta menakjubkan dari Alkitab.

Namun pertanyaan besar masih tetap:  Siapakah AntiKristus? Kita belum menarik kesimpulan atau tiba pada kesimpulan akhir.

Kita akan pelajari siapakah sesungguhnya AntiKristus itu setelah kita mempelajari beberapa topik pelajaran nubuatan lainnya. Sehingga ketika kita akan temukan siapa sesungguhnya AntiKristus, itu bukanlah hasil pendapat manusia namun berdasar dengan yang Alkitab katakan.

Tapi ingat, bahwa isu utama dalam dua pelajaran kita dalam artikel nubuatan “AntiKristus dan Ciri-cirinya Diungkap 1 dan 2” adalahmengenai ibadah atau penyembahan. Malaikat pertama memberitahu kita untuk menyembah Sang Pencipta, dan malaikat ketiga memperingatkan kita untuk tidak menyembah Binatang itu.

Cerita dari Otto Witte menyamar sebagai Pangeran Eddine di Albania diawal Perang Dunia I. Banyak yang menghormati raja palsu dan tidak menyadari hal itu sampai raja sebenarnya tiba. AntiKristus ingin melakukan itu di dunia kita ini, dia ingin kita menyembah orang lain selain Allah Pencipta kita. Namun dalam pelajaran ini mengajak kita untuk menyembah dan menghormati Raja yang sesungguhnya. Jika ini adalah kerinduan kita semua untuk melayani dan menyembah Tuhan, inilah ajakan dari Yosua untuk kita semua, “Pilihlah pada hari ini kepada siapa kamu akan beribadah . . . Tetapi aku dan seisi rumahku, kami akan beribadah kepada TUHAN!” Yosua 24:15.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *