Bagaimana Cara Mengusir Roh Jahat

  • 0

Bagaimana Cara Mengusir Roh Jahat

Tags : 

Pernahkah Anda merasa takut akan kegelapan?

Mungkin saat anda masih anak-anak, anda takut sesuatu yang mengerikan berada di dalam kloset kamar anda atau bersembunyi di bawah ranjang anda di malam hari. Namun menariknya, saat ketakutan akan kegelapan paling umum terjadi pada umur empat hingga enam tahun, sebuah penyelidikan pendapat umum Gallup mengungkapkan bahwa lima persen orang dewasa masih memiliki ketakutan yang tidak masuk akal akan kegelapan. Ketakutan yang traumatis akan hal-hal tak terlihat dalam kegelapan disebut Nyctophobia.

Tentu saja, kebanyakan orang tidak khawatir tentang boogeyman, alien, atau gremlin. Tidak ada klaim mengenai makhluk-makhluk tersebut tiba-tiba muncul di malam hari- termasuk hantu dan arwah orang mati- yang pernah dibuktikan secara serius.

Namun ketika banyak orang menertawakan semua klaim mengenai perjumpaan ini, perlu dicatat bahwa Alkitab sendiri menyarankan bahwa memang ada kekuatan-kekuatan supernatural yang bekerja di dunia kita, mengganggu manusia dan menyebabkan kecemasan yang nyata.

Jadi apakah hal-hal tersebut?

Roh Jahat Bekerja

Alkitab menjelaskan bahwa seorang malaikat yang sempurna bernama Lucifer dulu diusir dari surga. “Wah, engkau sudah jatuh dari langit, hai Bintang Timur, putera Fajar” (Yesaya 14:12). Alkitab berkata, “Maka timbullah peperangan di sorga. Mikhael dan malaikat-malaikatnya berperang melawan naga itu,” Lucifer, yang sekarang dikenal sebagai Setan (Wahyu 12:7). Kemanakah setan pergi ketika ia diusir? “Ia dilemparkan ke bumi, bersama-sama dengan malaikat-malaikatnya.” (Ayat 9)

Setan adalah seorang penipu

Menurut alkitab, malaikat-malaikat yang telah jatuh membuat markas-markas mereka di bumi. Alkitab juga menjelaskan bahwa makhluk-makhluk ini tidak hanya dapat mengganggu orang-orang, namun juga merasuki mereka.  Contohnya, Kristus menyuruh murid-muridnya untuk “mengusir setan-setan” (Markus 16:17). Setan tampaknya memiliki nama dan terkadang dapat berbicara melalui manusia. (Markus :1-10). Rasul Paulus bertemu dengan seorang wanita muda “dengan roh tenung” yang “dengan tenungan-tenungannya tuan-tuannya memperoleh penghasilan besar.” (Kisah Para Rasul 16:16)

Agar lebih jelas, kebanyakan pengalaman-pengalaman ngeri di malam hari bukanlah pengalaman supernatural dan dapat dijelaskan dengan mudah. Seekor kucing bisa saja melompat diatas lemari dan menjatuhkan sesuatu ke lantai. Juga benar apabila tingkah laku aneh beberapa orang hanyalah hasil dari ketidakseimbangan kimiawi dalam tubuh mereka.

Namun, menurut alkitab, ada kalanya ketika orang-orang menyerahkan diri mereka kepada malaikat-malaikat jahat. Roh-roh gelap ini, dengan tingkat dan cara yang berbeda-beda, dapat mengambil alih pikiran mereka secara sebagian ataupun total.

Tidak semua gangguan malaikat-malaikat yang telah jatuh se dramatis ini. Setan adalah seorang penipu dan dapat menggunakan cara-cara yang halu untuk mengganggu dan menggoda kita dari keselamatan Kristus. Mereka jarang bergantung pada tindakan-tindakan menakutkan untuk mempengaruhi kita, namun seringkali bekerja diam-diam untuk membuat hidup kita berantakan.

Menaklukan Kejahatan

Jika anda percaya anda sedang diganggu oleh roh jahat, baik dengan godaan-godaan halus secara terus menerus, gangguan fisik, atau bahkan kerasukan, apakah ada sesuatu yang dapat diperbuat untu menaklukannya?

Kita menemukan jawaban dengan melihat pada kehidupan Kristus.

Pada awal pekabaran Yesus, ia menjumpai roh-roh jahat. Suatu kali hal ini bahkan terjadi di tempat ibadah. “Pada waktu itu di dalam rumah ibadat itu ada seorang yang kerasukan roh jahat. Orang itu berteriak, ‘Apa urusan Mu dengan kami, hai Yesus orang Nazaret? Engkau datang hendak membinasakan kami? Aku tahu siapa Engkau: Yang Kudus dari Allah’” (Markus 1:23,24)

Perhatikanlah apa yang terjadi: “Tetapi Yesus menghardiknya, kata-Nya, ‘Diam, keluarlah dari padanya!’ Roh jahat itu menggoncang-goncang orang itu, dan smabil menjerit dengan suara nyaring ia keluar dari padanya.” (Ayat 25,26). Kristus tidak menghabiskan waktu yang lama untuk berbincang-bincang dengan iblis. Ia langsung memerintahkan mereka untuk pergi. Saksi-saksi akan kejadian ini bahkan berkata, “Ia berkata dengan penuh kuasa. Roh-roh jahat pun diperintah-Nya dan mereka taat kepada-Nya” (Ayat 27)

Alkitab mengatakan bahwa Tuhan menciptakan manusia “sedikit lebih rendah daripada malaikat-malaikat” (Ibrani 2:7). Meski kita tidak memiliki kekuatan unguk mengalahkan iblis yang bertekad menyebabkan kesedihan dan memimpin kita jauh dari Tuhan, kita dapat mengetahui bahwa “Malaikat Tuhan berkemah di sekeliling orang-orang yang takut akan Dia, lalu meluputkan mereka.” (Mazmur 34:8) Hanya dengan kuasa Tuhan kita dapat melawan setan dan malaikat-malaikatnya agar tidak mengganggu kita. Tuhan menciptakan segala sesuatu, bahkan malaikat, dan lebih dari sanggup untuk membantu anda di saat anda membutuhkan.

Jika anda sedang diserang roh jahat, datang kepada Tuhan dalam nama Yesus Kristus sebagai pertolongan. Berdoalah kepada Tuhan untuk kebebasan.  Jadilah sedekat mungkin dengan Nya dengan bertobat dari segala dosa dalam kehidupan anda dan dengan membaca alkitab dan memuji Dia melalui lagu dan puji-pujian. Anda dapat menemukan kekuatan dan dorongan dalam kitab-kitab seperti Mazmur 56:3, Amsal 3:23-26, dan 2 Timotius 1:7. Ketika anda menemukan diri anda lemah secara spiritual dan siap untuk menyerah, kembalilah pada kebenaran Alkitab dan janji-janji Nya agar terbaharui lagi dan lagi. Dan bila anda merasa membutuhkan pertolongan khusus dari seorang pemimpin spiritual, anda juga dapat meminta doa khusus dan urapan di gereja anda.

Terakhir, dan yang paling penting, ambil waktu setiap hari untuk mengenakan perlengkapan senjata Allah, mengingat bahwa “perjuangan kita bukanlah melawan darah dan daging, tetapi melawan pemerintah-pemeritah, melawan penguasa-penguasa, melawan penghulu-penghulu dunia yang gelap ini, melawan roh-roh jahat di udara” (Efesus 6:12). Kita harus “mengenakan seluruh perlengkapan senjata Allah” (Ayat 11) untuk melawan kekuatan-kekuatan ini dan menjadi terang bagi sesame. Bacalah Efesus 6:10-20 untuk mempelajari lebih.

Dan jangan lupa- kapanpun iblis mencoba menggoda atau mengganggu anda,”Kamu berasal dari Allah, anak-anakku, dan… Roh yang ada di dalam kamu lebih besar dari pada roh yang ada di dalam dunia” (1 Yohanes 4:4)


Leave a Reply

Pencarian

Kategori