Dengan Rendah Hati Pelajari Karakter Yesus

Featured Mengenal Yesus

“Marilah kepada-Ku, semua yang letih  lesu  dan berbeban berat, Aku  akan memberi kelegaan kepadamu. Pikullah kuk yang Kupasang  dan belajarlah pada-Ku, karena Aku lemah lembut  dan rendah hati dan jiwamu  akan mendapat ketenangan. Sebab kuk yang Kupasang  itu enak dan beban-Ku pun ringan.” Matius 11:28-30.

Mengapa mereka yang telah menjadi Kristen selama bertahun-tahun gagal  untuk tumbuh dalam pengalaman mereka?

Ada banyak pengaku agama yang selama bertahun-tahun tidak bertumbuh  satu inci pun …. Oh, Anda perlu  banyak  menatap terus menerus pada Yesus! Terus amati pesona-Nya.  Sementara  Anda lihat mereka akan  semakin cerah dan bertambah  besar  sampai Anda dipenuhi   dengan seluruh kepenuhan Allah  dan berbuah banyak  untuk kemulian-Nya. Cabangnya yang terhubung  dengan induk begitu kuat untuk dapat dipengaruhi oleh setiap angin. “ Our High Calling, hal. 216.

Bagaimana jika kita tampaknya  tidak  memiliki  waktu untuk memandang Kristus?

Ada kebutuhan yang tetap untuk persekutuan pribadi dengan Tuhan. Kita harus mengambil roh Kristus, jika kita hendak  memberikannya  kepada orang lain. Kita tidak  bisa menghadapi  agen Setan  dan manusia yang  bergabung kecuali kita menghabiskan  banyak waktu dalam berhubungan dengan Segala kekuatan. Ada kalanya kita harus menjauh dari kebisingan perkerjaan duniawi  dan suara manusia, dan di tempat peristirahatan mendengar suara  Yesus. Dengan demikian kita dapat merasakan kasih-Nya dan menyerap Roh-Nya.  Maka kita akan belajar untuk menyalibkan diri. Tindakan ini mungkin tampak mustahil bagi pikiran manusia. Anda mungkin berkata, ‘Saya  tidak punya waktu’, tapi  ketika Anda mempertimbangkan hal ini sebagaimana mestinya, Anda tidak kehilangan waktu, sebab ketika anda mengamankan kuasa dan rahmat yang berasal dari Allah saja, Anda tidak menyelesaikan perkerjaan tersebut. Yesuslah pekerja yang sesungguhnya. ‘Tanpa Aku,’ kata Kristus , ‘kamu tidak dapat berbuat apa-apa.’ Yohanes  15:5.” Our high Calling, hal 116.

 Dalam pengerstian praktis, apa  artinya memandang Kristus?

“Memandang Kristus berarti mempelajari  kehidupan-Nya  sebagaimana yang terdapat  dalam Firman-Nya.” SDA Bible Commentary, vol. 6, hal. 1098.

Apakah yang akan dihasilkan  dengan tinggal pada karakter Kristus?

“Melihat kepada Yesus, tinggal pada kebajikan-Nya, belas kasihan dan kemurnian akan menciptakan dalam jiwa  suatu kebencian akan dosa, dan kerinduan yang kuat dan rasa haus akan kebenaran.” Our High Calling, hal. 58.

 “Mereka yanag membuat ruang dalam hati  mereka untuk Yesus   akan sadar terhadap kasih-Nya. Semua yang rindu untuk menyandang keserupaan karakter Allah akan dipuaskan. Roh Kudus tidak pernah meninggalkan  tanpa bantuan jiwa  yang memandang kepada Yesus. Dia  mengambil dari hal Kristus  dan menunjukan mereka kepada-Nya. Jika mata diarahkan tetap kepada Kristus,  pekerjaan Roh tidak akan berhenti sampai jiwa  serupa dengan gambar-Nya.”  Desire of Ages, hal. 302.

“Perenungan  yang terus-menerus  membangun hubungan yang dekat dengan Yesus dan murid-murid-Nya sehingga orang Kristen  menjadi seperti Dia  dalam pikiran dan karakter.  Ibid, hal. 251.

“Semua penurutan sejati berasal dari hati. Itu berhubungan dengan hati  bersama Kristus. Dan jika kita  mengizinkan, Dia mengidentifikasi diri-Nya dengan pikiran dan tujuan-tujuan kita, sehingga memadukan hati dan pikiran kita sesuai dengan kehendak-Nya  dan ketika kita menuruti -Nya  kita  melaksanakan kehendak kita sendiri. Kemauan, disempurnakan  akan dikuduskan, akan menemukan kesenangan tertinggi  dalam melakukan pelayanan-Nya. Ketika kita mengenal Tuhan  karena satu kesempatan istimewa  bagi kita untuk mengenal-Nya, hidup  kita akan menjadi hidup  yang menurut terus menerus. Melalui penghargaan  akan karakter   Kristus, melalui persekutuan dengan Allah, dosa akan menjadi kebencian kepada kita.”Ibid,hal.668.

“Beban saya adalah  untuk mengangkat  pria dan wanita dengan meninggikan Yesus dihadapan mereka. Ketika Tuhan diakui sebagai tema dari semua pikiran, sebagai objek cinta, hormat, dan ibadah, ketika Tuhan Yesus, Sang Teladan, dijada dalam pikiran, hati sedang dibersikan dari segala kekotoran moral. Kemadian jiwa menjadi hakim yang akurat dari keputusan setiap tindakan;  setiap siksap disentuh dengban kasih karunia.” Upward Look, hal.3.71.

Bagaimana hati kita dipengaruhi oleh kasih Allah?

“Perenungan kasih Allah yang diwujudkan dalam Anak-Nya akan mendorong  hati dan membangkitkan  kekuatan jiwa  yang tidak dapat  dilakukan oleh apapun.” Desire of Ages, hal. 478.

“Tidak ada yang dapat begitu kuat menarik hati seperti rasa tanggung jawab  yang kekal kepada Allah. Tidak ada hal yang  betul-betul  mencapai kedalaman  motif sesungguhnya   dari perilaku  seperti  satu  perasaan  pengampunan Kristus. Ibid, hal. 493.

Ringkasan Pokok Pikiran :  Tidak ada yang membangkitkan jiwa  seperti memandang kasih Allah.  Perenungan  seperti itu  akan membersihkan hati,  menghasilkan kebencian  kepada dosa, dan membuat  rasa haus  untuk kebenaran  yang tidak berhenti sampai kita serupa dengan citra Kristus. Dalam  mencurahkan waktu untuk belajar  karakter Kristus,  kita tidak kehilangan apa-apa. Namun,  mengabaikan hal ini adalah penyebab  dari banyak pengalaman yang tidak bertumbuh.  Karena itu, kita perlu kerendahan hati   dalam hidup kita yang membawa  kita di kaki salib  setiap hari. Dan itulah   yang akan kita pelajari  pada lembaran berikutnya.

1 thought on “Dengan Rendah Hati Pelajari Karakter Yesus

  1. aku telah sadar bahwa apa yg aku lakukan selana ini itu smua salah …
    karena aku telah melakukan hal hal buruk yg tidk baik
    dan sekarang aku tlah membukakan hati aku ntuk mengenal TUHAN lebih dalam lagi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *