Enam Hal yang Harus Anda Ketahui Tentang Karunia Rohani

Blog AFI

6 karunia rohaniPernahkah Anda dengan tidak sengaja menemukan harta karun yang menakjubkan di loteng nenek Anda? Pekan lalu Alexander Kettler, anak laki-laki Jerman berusia 10 – tahun, bermain di rumah neneknya ketika ia menemukan sesuatu yang sangat tidak biasa – sarkofagus dengan mumi di dalamnya. Juga ditemukan sebuah topeng kematian mesir dan sebuah tempayan Kanopik. Keluarganya mengatakan mereka tidak memiliki petunjuk bagaimana barang-barang itu bisa sampai di sana. Penemuan yang mengejutan mengundang yang berwenang untuk menyelidiki.

Tuhan telah memberikan kepada setiap orang percaya harta yang lebih berharga daripada barang-barang antik kuno. Hadiah yang orang banyak belum temukan. Berikut adalah enam pelajaran penting dari Alkitab tentang karunia rohani.

1 . Setiap orang Kristen telah diberikan setidaknya satu karunia rohani.
Alkitab mengatakan , ” Layanilah seorang akan yang lain, sesuai dengan karunia yang telah diperoleh tiap-tiap orang sebagai pengurus yang baik dari kasih karunia Allah” (1 Petrus 4:10). Jika Anda telah memberikan hidup Anda kepada Yesus, Anda dijanjikan kemampuan khusus untuk membantu menyebarkan Injil. Menemukan dan menggunakan bakat Anda adalah tanggung jawab yang ditekankan dalam perumpamaan Yesus tentang talenta dalam Matius 25:14-30.

2 . Karunia dimaksudkan untuk membangun tubuh Kristus.
Tujuan dari bakat unik Anda adalah memperkuat gereja Tuhan. Rasul Paulus mengajarkan tentang karunia dalam suratnya kepada jemaat di Korintus. Dia mengatakan, “Tapi kepada tiap-tiap orang dikaruniakan pernyataan Roh untuk kepentingan bersama” (1 Kor 12:7). Semua orang mendapat manfaat ketika Anda menggunakan karunia Anda dengan benar. Sementara Anda dapat menggunakan mereka di pasar, Anda tidak bisa mengabaikan mereka di dalam gereja.

3 . Kita tidak dapat memilih karunia kita.
Sementara kita harus memohon dan berdoa supaya kemampuan kita diperluas, Roh Kudus memberi kita karunia-karunia. Kita tidak bisa membeli secara online. Perhatikan. “Sebab kepada yang seseorang Roh memberikan karunia untuk berkata-kata dengan hikmat, dan kepada yang lain Roh yang sama memberikan karunia berkata-kata dengan pengetahuan” (ayat 8). Roh Kudus mendistribusikan karunia, bukan pendeta atau komite.

4 . Adalah tidak menghormati Tuhan ketika Anda menolak karunia Anda.
Ketika membandingkan gereja dengan tubuh manusia, ia menjelaskan , ” Andaikata kaki berkata, ” Karena aku bukan tangan, aku tidak termasuk tubuh, ” jadi benarkah ia tidak termasuk tubuh?” (Ayat 15 ). Jawabannya adalah, tentu saja itu masih merupakan bagian dari tubuh! Adalah satu hal untuk menjadi rendah hati tentang karunia Anda, adalah hal yang lain untuk menolak karunia Anda dari Tuhan.

5 . Adalah tidak menghormati Tuhan ketika Anda meninggikan karunia Anda.
Paulus juga mengingatkan, ” Jadi mata tidak dapat berkata kepada tangan,” ‘Aku tidak membutuhkan engkau’” (ayat 21) . Dia menjelaskan, “Malahan justru anggota-anggota tubuh yang nampaknya paling lemah, yang paling dibutuhkan” (ayat 22). Fakta tubuh terdiri dari banyak bagian yang berbeda adalah apa yang membuatnya menjadi satu tubuh. Jadi jika Anda merasa Anda tidak bisa berdiri dan menyampaikan khotbah, Anda masih berbakat dan Tuhan memiliki tempat khusus untuk Anda di suatu tempat.

6 . Karunia tidak ada gunanya jika mereka tidak digunakan dengan cinta.
Salah satu pernyataan yang paling serius dibuat tentang karunia rohani ditemukan dalam 1 Korintus 13 , pasal tentang cinta. Sementara kita mendengar ayat-ayat ini sering dibicarakan di pesta pernikahan, mereka benar-benar fokus pada karunia orang-orang. Pada dasarnya, Paulus berkata, jika Anda menggunakan karunia Anda tanpa cinta, mereka tidak memiliki nilai. Mereka hanya membuat sekelompok kebisingan yang tidak berguna (ayat 1).

Anda dapat menemukan daftar karunia dalam tiga bagian utama dari Alkitab ( Roma 12 , 1 Korintus 12, Efesus 4, dan 1 Petrus 4 ). Ada petunjuk di tempat lain dalam Alkitab juga.

Jangan seperti Alexander dan hanya tersandung pada harta Anda. Berdoa dengan khusus, pelajari , dan meminta Tuhan untuk menunjukkan kepada Anda karunia khusus yang Dia telah tempatkan dalam hidup Anda. Kemudian gunakan itu untuk membangun kerajaan Tuhan!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *