Renungan Alkitab Harian

HIKMAT DITUNJUKKAN OLEH PERCAKAPANKU

Renungan Harian

Bertumbuh dalam Hikmat dan Pengetahuan

Siapakah di antara kamu yang bijak dan berbudi? Baiklah ia dengan cara hidup yang baik menyatakan perbuatannya oleh hikmat yang lahir dari kelemahlembutan. Yakobus 3:13

Dengan tingkah laku yang teguh, betapa banyak dosa yang dapat dicegah! Berapa banyak jiwa akan berbalik dari jalan-jalan yang bengkok menuju jalan-jalan kebenaran. Oleh hidup yang teratur dan percakapan yang saleh, umat Allah menunjukkan kuasa kebenaran yang telah dikaruniakanNya kepada mereka. . . .

Sebuah garis yang menyolok ditarik di antara mereka yang menyangka dirinya bijaksana dan mereka yang telah dikaruniai Allah kebijaksanaan sebab mereka tidak mau menggunakan kuasa mereka untuk menyakiti atau membinasakan. Seseorang boleh jadi berbicara jujur, kecuali kehidupannya menunjukkan perbuatan baik, maka hikmat yang ada padanya adalah hikmat manusia. Kebijaksanaan sejati penuh dengan kelemahlembutan, rahmat dan kasih. Peraturan dunia yang disebut orang hikmat, oleh Allah disebut kebodohan. Banyak orang dalam gereja telah menjadi orang yang bangkrut rohaninya sebab mereka merasa puas dengan hikmat yang seperti ini. Mereka kehilangan kesempatan untuk mendapat pengetahuan dan untuk menggunakannya dengan baik, sebab mereka tidak insyaf bahwa kemantapan Kristus perlu untuk membuat seorang saudagar yang berhasil bagi Allah, seorang yang dapat memperdagangkan dengan bijaksana barang-barang yang dipercayakan kepadanya. Mereka tidak berhasil membekali diri mereka dengan barang dagangan sorga, sehingga barang persediaan mereka berangsur-angsur berkurang.

Tidak cukup hanya memiliki pengetahuan. Kita harus mempunyai kesanggupan untuk menggunakan pengetahuan itu dengan baik. Allah memanggil kita supaya menunjukkan percakapan yang baik, bebas dari segala kekasaran tabiat dan kesia-siaan. Janganlah mengucapkan perkataan yang sia-sia, perkataan yang kasar; karena perkataan itu akan menimbulkan perselisihan sebagai gantinya. Ucapkanlah perkataan yang memberikan terang, pengetahuan, penjelasan, perkataan yang akan memulihkan dan membangun. Seseorang menunjukkan bahwa ia memiliki hikmat yang benar oleh menggunakan talenta berbicara untuk menghasilkan suara musik dalam jiwa mereka yang berusaha melakukan pekerjaan yang ditentukan bagi mereka, dan yang memerlukan dorongan.

Bilamana hati bersih, kekayaan yang limpah akan mengalir keluar.

Hidupku Kini, hal. 113

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *