Iman Mengalahkan Dunia

Mengenal Yesus

Sebab semua yang lahir dari Allah, mengalahkan dunia. Dan inilah kemenangan yang mengalahkan dunia: iman kita. 1 Yohanes 5:4 (TB)

“Apakah Anda sudah lahir baru?” Pernahkah ada orang yang bertanya seperti ini kepada Anda?

Ayat ini memberitahu kita tanda yang jelas jika kita sudah lahir baru atau belum, yaitu mengalahkan dunia. Yohanes percaya bahwa mereka yang sudah benar-benar lahir baru akan sanggup untuk mengalahkan dunia ini.

Apa maksudnya dari mengalahkan dunia?

Karena Yohanes mengerti, bahwa sebagai anak-anak Allah kita tidak bisa bersatu dengan dunia (Yohanes 3:19–21).

Dan inilah hukuman itu: Terang telah datang ke dalam dunia, tetapi manusia lebih menyukai kegelapan dari pada terang, sebab perbuatan-perbuatan mereka jahat. Sebab barangsiapa berbuat jahat, membenci terang dan tidak datang kepada terang itu, supaya perbuatan-perbuatannya yang jahat itu tidak nampak; tetapi barangsiapa melakukan yang benar, ia datang kepada terang, supaya menjadi nyata, bahwa perbuatan-perbuatannya dilakukan dalam Allah. Yohanes 3:19–21 (TB)

Juga kita bisa lihat di ayat sebelumnya bahwa mereka yang mengasihi Allah akan menuruti hukumnya. Lalu di ayat 4 Yohanes berkata bahwa mereka mengalahkan dunia. Dengan kata lain kita bisa simpulkan bahwa dunia tidak menuruti hukum Allah.

Dengan begitu, bisa kita simpulkan juga bahwa mereka yang sudah lahir baru akan benar-benar mengasihi Tuhan. Karena mereka sangat mengasihi Tuhan, mereka akan menuruti hukum-hukum-Nya.

Bagaimana dengan kita? Bagi kita yang mengaku sudah lahir baru, apakah kita benar-benar mengasihi Tuhan dan menuruti firman-Nya? Apakah kita sudah mengalahkan dunia?

Yohanes tidak meninggalkan kita begini saja. Ia memberikan kita kunci dari kesuksesan mengalahkan dunia ini: iman kita. Iman adalah kuncinya!

Dengan iman kepada Tuhan Yesus, kita akan disanggupkan untuk mengalahkan dunia ini. Percayalah, bahwa Yesus sendiri sudah mengalahkan dunia karena Ia juga dicobai sama seperti kita.

Sebab oleh karena Ia sendiri telah menderita karena pencobaan, maka Ia dapat menolong mereka yang dicobai. Ibrani 2:18 (TB)

Kita bisa bersandar kepada kekuatan-Nya. Karena Yesus dapat menyanggupkan kita mengalahkan kecanduan kita kepada pornografi, narkoba, rokok, minum-minuman keras dan lain-lain. Karena Yesus dapat menyanggupkan kita berhenti bicara kotor. Karena Yesus dapat menyanggupkan kita untuk berbuat baik kepada musuh kita.

Mereka yang lahir dari Allah, mengalahkan dunia.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *