Marah? 10 Ayat Alkitab Dapat Membantu Anda …

Berita AFI

anger_large

Salah satu dari emosi manusia umumnya, dan kadang-kadang ada alasan yang baik untuk itu. Namun, jika tidak terkendali, kemarahan bisa sangat merusak mental dan kesehatan spiritual Anda … dan walaupun fisik Anda sehat. Untungnya, Firman Tuhan memberikan petunjuk besar tentang emosi yang kuat ini, apakah akhirnya Anda memberi ataupun menerima.

1) “Si pemarah menimbulkan pertengkaran, dan orang yang lekas gusar, banyak pelanggarannya.” (Amsal 29:22). Sangatlah mudah untuk membuat kesalahan saat hati Anda penuh dengan kemarahan untuk melakukan atau mengatakan hal-hal yang nantinya Anda akan menyesal.

2) “ ‘Apabila kamu menjadi marah, janganlah kamu berbuat dosa’: janganlah matahari terbenam, sebelum padam amarahmu dan janganlah beri kesempatan kepada Iblis.” (Efesus 4:2627). Seringkali, dibutuhkan waktu untuk meredakan setelah kemarahan Anda mencapai puncaknya, tetapi Alkitab menyarankan Anda untuk melepaskan kemarahan Anda sesegera mungkin agar terjaga dari dosa.

3) “Orang bebal melampiaskan seluruh amarahnya, tetapi orang bijak akhirnya meredakannya.” (Amsal 29:11). Menahan diri akan lebih menguntungkan Anda dari pada melepaskan amarah Anda.

4) “Jawaban yang lemah lembut meredakan kegeraman, tetapi perkataan yang pedas membangkitkan marah.” (Amsal 15:1). Pada saat seseorang datang pada Anda dengan cakar diperpanjang, cobalah merespon dengan lembut.

5) “Orang yang sabar melebihi seorang pahlawan, orang yang menguasai dirinya, melebihi orang yang merebut kota.” (Amsal 16:32). Salah satu senjata yang paling ampuh memerangi kemarahan adalah perlengkapan kesabaran.

6) “
Akal budi membuat seseorang panjang sabar dan orang itu dipuji karena memaafkan pelanggaran.” (Amsal 19:11). Dibutuhkan kebijaksanaan dan kekuatan dari surga untuk membiarkan kekasaran dan ketidaksopanan orang lain berlalu tanpa pembalasan.

7) “Pemberian dengan sembunyi-sembunyi memadamkan marah, dan hadiah yang dirahasiakan meredakan kegeraman yang hebat.” (Amsal 21:14). Jika seseorang dengan siapa Anda marah, memberikan Anda hadiah yang bagus, mungkinkah itu akan melembutkan hati Anda?

8) “Berhentilah marah dan tinggalkanlah panas hati itu, jangan marah, itu hanya membawa kepada kejahatan. Sebab orang-orang yang berbuat jahat akan dilenyapkan, tetapi orang-orang yang menanti-nantikan TUHAN akan mewarisi negeri.” (Mazmur 37:89).

Bahkan kemarahan hanya karena kemakmuran sementara bagi orang fasik, itu dapat memiliki pengaruh negatif pada umat Allah dan harus dihindari.

9) “sebab amarah manusia tidak mengerjakan kebenaran di hadapan Allah.” (Yakobus 1:20). Inilah alasan yang terbaik bagi pengikut Kristus untuk menghindari kemarahan.

10) “Tetapi sekarang, buanglah semuanya ini, yaitu marah, geram, kejahatan, fitnah dan kata-kata kotor yang keluar dari mulutmu.” (Kolose 3:8).Ingat setiap perintah Alkitab adalah juga janji-Nya; Tuhan berjanji untuk memberikan kekuatan untuk melakukan yang benar!

Tuhan siap dan bersedia untuk membantu Anda menaklukkan emosi yang berpotensi meledak ini dan mengalahkan kemarahan yang belum terselesaikan dalam hidup Anda hari ini!

 

8 thoughts on “Marah? 10 Ayat Alkitab Dapat Membantu Anda …

  1. Terimakasih .. artikel ini sangat membantu saya dalam meredamkan amarah yg bergejolak .. Tuhan Yesus sungguh luar biasa ..

  2. Kadang kemarahan yg kita alami buat kita geram dan kesal terhadap orang yg kita tuju.. tapi kita memang punya Tuhan pemilik Tubuh ini.. kita harus ingat bahwa Tuhan memperbolehkan marah tapi jangan membuat kemarahan itu terlalu lama dan Tuhan memang tidak suka bagian itu.. inti nya kita harus ingat Tuhan dan takuta akan Tuhan. JBU all

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *