MENABUR DAN MENYABIT KEHIDUPAN

Renungan Harian

sowerSebab itu jauhilah nafsu orang muda, kejarlah keadilan, kesetiaan, kasih dan damai bersama-sama dengan mereka yang berseru kepada Tuhan dengan hati yang murni. II Timotius 2:22

Waktu sedikit yang dipergunakan menabur gandum liarmu hai orang-orang muda, akan menghasilkan tanaman yang akan menjadikan seluruh hidupmu pahit; sejam yang tidak dipikirkan, sekali terjerumus kepada pencobaan, dapat mengalihkan seluruh  arus kehidupanmu ke jurusan yang salah. Sekali saja engkau liwat di atas pekarangannya engkau tidak pernah dapat kembali meralat kesalahan-kesalahanmu. …

Setan … mengubah dirinya menjadi seperti malaikat terang dan datang kepada orang-orang muda dengan pencobaan-pencobaannya yang kelihatannya bagus dan berhasil dalam memenangkan mereka, langkah demi langkah dan lorong kewajiban. Ia dilukiskan sebagai seorang penuduh, penipu, pembohong, perusak dan pembunuh. … Perbuatan Setanlah yang menipu tetapi pelaksanaannya terserah padamu. Segala kuasa pasukan Setan tidak cukup untuk memaksa seorang yang kena pencobaan untuk mendurhaka. Tidak ada maaf bagi dosa.

Pencobaan bukanlah dosa. Yesus itu kudus dan murni; namun Ia dicobai dalam segala perkara sama seperti kita, tetapi dengan kekuatan dan kuasa yang manusia  tidak pernah akan disuruh untuk menanggungnya. Dalam penolakanNya yang berhasil  Ia telah meninggalkan suatu contoh yang gemilang pada kita, supaya kita boleh mengikut jejakNya. Jikalau kita terlalu yakin akan diri sendiri atau merasa diri benar maka kita akan dibiarkan jatuh di bawah kuasa pencobaan; tetapi jikalau kita memandang kepada Yesus dan bersandar padaNya maka kita menambah kuasa kita  yaitu yang telah mengalahkan musuh di medan pertempuran, dan pada setiap pencobaan Ia akan mengadakan jalan kelepasan. Apabila Setan masuk seperti banjir, maka kita harus menghadapi pencobaan-pencobaannya dengan pedang Roh, dan Yesus akan menjadi penolong kita dan akan mengangkat senjata bagi kita untuk melawannya.

Satu sifat tabiat tabiat yang salah, satu keinginan salah yang dipelihara, pada  akhirnya akan menyebabkan segala kuasa injil menjadi tawar. … Sakitnya kewajiban dan kesenangan dosa adalah tali yang digunakan Setan mengikat manusia  dalam jeratnya. Mereka yang lebih baik mati dan pada melakukan perbuatan yang salah merekalah orang-orang yang akan didapati setiawan.

Orang-orang muda seharusnya memegang prinsip-prinsip dengan begitu teguh supaya  pencobaan-pencobaan Setan yang sangat ganaspun tidak akan menyeret mereka dari kesetiaan mereka.

 

Maranata Hal. 82

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *