Penyembuh Diam

Blog AFI

Dalam waktu seminggu, sekitar 1,2 juta pengguna Facebook telah melihat “film dokumenter” tentang seorang pria Kroasia yang beberapa orang percaya dapat menyembuhkan hanya dengan tatapannya.

Josip Grbavac, yang dikenal sebagai “Braco,” berasal dari kota kecil Srebrnjak, bagian dari wilayah Zagreb. Menurut laporan media, beberapa pengikutnya yang terkenal seperti supermodel Naomi Campbell dan aktris Christine  Baransky.

Sebagaimana ditunjukkan dalam film pendek itu, Braco tidak berbicara maupun menyentuh mereka yang berkumpul menyaksikan kehadirannya. Dilaporkan oleh para pengikutnya, mereka percaya bahwa hanya dengan menangkap tatapan mata nya, kesembuhan akan terjadi.

 

“Ketika dia berdiri didepan kumpulan orang-orang,” kata seorang pembantunya dalam film, “mereka merasakan pengharapan, kedamaian, dan hidup serasa bersemangat lagi. Mereka katakan hal itu sangat mengubahkan hidup.”

Oleh karena Braco tidak berbicara di depan umum atau wawancara, pastilah tidak mungkin untuk mengetahui apa yang dia pikirkan. Meski begitu kritikan bermunculan: Sebuah artikel berita yang diterbitkan di negara asal nya membubarkan para pengikut penyembuhan ini, dengan mengatakan, “Nyata sekali, akan selalu ditemukan orang-orang yang berada pada kondisi cukup rentan untuk mempercayai jenis penipuan ini.”

Menariknya, dugaan “penipuan” telah lama dilontarkan pada Yesus, yang menyembuhkan orang-orang – dan bahkan membangkitkan orang mati – dan yang para pengikut-Nya telah membawa pesan-Nya hingga ujung bumi selama dua ribu tahun. Yesus tidak memikat “super model” selama pelayanan-Nya, dan tidak ada gedung teater yang habis terjual untuk penampilan-Nya.

Juga, tidak seperti Braco, Yesus berbicara kepada mereka yang Dia temui, khususnya mereka yang Dia sembuhkan. Dia katakan kepada mereka untuk menunjukkan diri ke para pemuka agama, supaya kesembuhan mereka dibuktikan. Pada kesempatan lain, Dia mengatakan kepada mereka untuk berdiam diri tentang mukjizat, yang pastinya, mereka abaikan dan tetap menceritakannya.

 

Faktanya, meski begitu, ada banyak sekali catatan mengenai apa yang Yesus katakan, dan pada siapa itu dikatakan, sebagaimana itu ditemukan dalam empat kitab pertama di Perjanjian Baru. Tidak ada misteri besar tentang pengajaran Yesus, karena semua pengajaran itu dapat diakses sekarang, dalam setiap bahasa yang diketahui manusia.

Klik disini untuk menyaksikan “Hikmat Pengajaran-Nya”, sebuah pembelajaran Alkitab bersama Pendeta Doug yang menyajikan pedalaman perkataan Yesus dan bagaimana kita dapat mengerti apa yang Dia katakan jika kita mau membuka hati dan telinga kita.

 

Ditulis oleh Mark A. Kellner

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *