Makanan Sehat

Petunjuk Dalam Hal MAKAN

Featured Kesehatan

Penyakit dan penderitaan yang merajalela sekarang ini kebanyakan disebabkan oleh kesalahan umum dalam hal makan atau diet. Banyak penyakit dapat disembuhkan jikalau petunjuk berikut ini dilakukan sehari-hari.

  1. Diet harian sebagian besar harus terdiri atas buah-buahan dan sayuran yang disiapkan secara alami dan enak.
  2. Makanan harus bervariasi dari hidangan ke hidangan yang lain, tetapi jangan makan terlalu banyak jenis pada satu hidangan. Jagalah agar makanan sederhana.
  3. Pakailah biji-bijian yang utuh (unrefined) seperti misalnya roti dari gandum utuh (whole wheat bread) dan beras coklat (pecah kulit). Jangan gunakan terigu putih dan beras putih.
  4. Hindari makanan yang kaya akan konsentrasi gula, lemak, minyak (khususnya lemak hewani), garam dan protein (daging dan produk binatang lainnya).
  5. Makanlah pada waktu yang sama setiap harinya. Lambung bekerja terbaik pada jadual yang teratur. Berikan setidaknya jarak 5 jam antara makan sebe-lumnya dan berikutnya.
  6. Jangan makan di antara jam makan (atau ngemil). Ini mengganggu proses pengosongan lambung, yang menyebabkan makanan yang belum habis dicerna di lambung menjadi busuk atau mengalami fermentasi.
  7. Sarapan pagi harus menjadi makanan dengan porsi terbesar dalam sehari. Jika makan malam, harus dengan porsi terkecil. Makan malam harus dilakukan setidaknya 2 atau 3 jam sebelum tidur.
  8. Makanlah apa yang anda butuhkan untuk menjaga kesehatan dan nikmatilah makanan anda, namun jangan makan berlebihan. Terlalu banyak makan membuat pikiran tumpul, menyebabkan keletihan, menambah penyakit dan memendekkan umur.
  9. Makanlah perlahan-lahan dan kunyahlan makanan secara cermat. Ini akan meningkatkan kenikmatan dan keuntungan gizi makanan itu. Jam makan haruslah menyenangkan, santai dan tidak tergesa-gesa.
  10. Minumlah cukup air tiap hari untuk menjaga agar urine tetap bening. Minumlah di antara jam makan. Hindari minum pada jam makan, sesaat sebelum makan atau segera setelah makan.
  11. Lewatilah 1 hingga 4 waktu makan secara teratur. Berpuasa berguna untuk mendidik selera dan latihan untuk pengendalian diri. Berpuasa adalah penyembuh yang terbaik bagi banyak penyakit.
SELISIH JARAK MAKAN 6 JAM

  •   Mempertajam daya ingat dan intelek
  •  Menguatkan tulang dan menjaga fungsi ginjal
  •  Menambah tenaga dan mengurangi stress
  • Menolong mengendalikan berat badan
  • Mengurangi pertumbuhan kanker, penyakit jantung dan diabetes (gula)

 

Oleh : Mary Ann McNeilus, M.D.

 

Seri berkelanjutan ikutin terus pelajaran kesehatan yang menakjubkan untuk Anda!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *