Sosial Media

Blog AFI

Sosial media telah muncul untuk mendominasi pembentukan sosial di Amerika Serikat.

Hampir 70 persen orang dewasa Amerika memakai platform sosial seperti facebook dan instagram. Sebuah pembelajaran belakangan ini diterbitkan oleh pusat penelitian universitas Pittsburgh akan media, kesehatan dan teknologi menyatakan sebuah hubungan antara meningkatnya waktu yang diluangkan di media sosial dan meningkatnya perasaan diisolasi. Pembelajaran tersebut menemukan bahwa dampak negatif pada kesehatan mental berlipat ganda bagi seseorang yang bahkan cuma meluangkan dua jam per hari di sosial media bila dibandingkan dengan orang yang meluangkan kurang dari 30 menit per harinya.

Menurut pembelajaran, dampak negatif isolasi sosial menjadi lebih tampak pada remaja dan dewasa muda seiring pertumbuhan penggunaan media sosial meningkat secara eksponensial. Ini tampaknya bertolak belakang, karena tujuan sosial media adalah untuk “menghubungkan” orang-orang. Para peneliti menyatakan beberapa alasan untuk peningkatan yang muncul dalam isolasi sosial. Misalnya, waktu yang diluangkan online mengambil waktu dari interaksi dengan orang di dunia dan saat yang nyata. Dan media sosial menggambarkan sebuah kepalsuan kenyataan hidup dan membawa orang berasumsi bahwa orang lain memiliki kehidupan yang lebih baik karena komentar dan foto-foto yang ada. Ini dapat memancing timbulnya perasaan irihati dan mengasihani diri yang membawa pada perilaku antisosial.

Pemakaian platform media sosial merujuk pada kebutuhan manusia yang tak terelakkan akan pertemanan yang mana diciptakan Tuhan bagi kita. Ia berkata, “Tidak baik, kalau manusia itu seorang diri saja” dan Ia bawa seorang istri bagi Adam (Kejadian 2:18-22). Kita diciptakan untuk menjadi makhluk sosial, orang yang berinteraksi dengan orang nyata lainnya.

Apakah Anda pernah meluangkan waktu memperhatikan semua interaksi sosial dalam catatan Alkitab?
Mungkin contoh yang terbesar adalah Kristus menjadi manusia untuk tinggal di antara kita (Yohanes 1:14). Tuhan memilih untuk datang dan berinteraksi dengan kita dalam dunia nyata sehingga kita dapat berinteraksi dengan Dia dalam kenyataan hidup kekal di surga (Wahyu 21:1-3). Kami mengundang Anda untuk berlibur dari sosial media dan mencari tahu lebih akan Kristus yang datang untuk berinteraksi sosial dengan kita di sini .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *