Tuhan dan Janjinya

Mengenal Yesus

Tuhan tidak lalai menepati janji-Nya, sekalipun ada orang yang menganggapnya sebagai kelalaian, tetapi Ia sabar terhadap kamu, karena Ia menghendaki supaya jangan ada yang binasa, melainkan supaya semua orang berbalik dan bertobat. 2 Petrus 3:9 (TB)

Tuhan tidak lalai menepati janji-Nya. Dalam kata lain, Tuhan itu selalu menepati janjiNya! Tuhan selalu memegang perkataan-Nya. Tuhan itu bukan seperti manusia yang sering kali lalai dalam menepati janji. Tetapi satu hal yang bisa digaris bawahi adalah bahwa ayat ini tidak berkata kapan Tuhan akan menepati janjiNya.

Sering kali kita menuntut janji Tuhan dan merasa tidak sabar mengapa Tuhan tidak langsung menjawabnya. Tuhan tahu waktu yang terbaik dalam menepati janjiNya bagi kita manusia. Karena “Ia membuat segala sesuatu indah pada waktunya” (Pengkhotbah 3:11).

Tetapi Ia sabar terhadap kamu. Kata “tetapi” itu menunjukan kontras atau perbedaan. Ayat ini bilang bahwa terkadang kita manusia tidak sabar kepada Tuhan dalam menuntut janjiNya, TETAPI Tuhan itu SABAR. Sangat terlihat perbedaan karakter Tuhan dan karakter kita manusia berdosa.

Menghendaki supaya jangan ada yang binasa. Adalah kerinduan hati Tuhan supaya semua orang bisa diselamatkan. Karena Dialah yang menciptakan semua manusia. Dan karena Ia ingin tidak ada yang binasa itu sebabnya Yesus datang ke dunia ini untuk mati bagi dosa-dosa kita (Yohanes 3:16). Datangnya Yesus ke dunia ini sangat menunjukan bahwa Ia mau semua orang untuk selamat. Tuhan kita itu Tuhan yang Penyayang!

Melainkan supaya semua orang berbalik dan bertobat. Jika Tuhan mau kita berbalik ke jalan yang benar itu berarti kita sedang menghadap ke arah yang salah. Tuhan ingin kita berbalik kepada arah yang benar.

Untuk membuat seseorang berbalik kepada arah yang benar, orang tersebut harus disadarkan bahwa ia sedang menghadap ke arah yang salah. Kita semua harus disadarkan oleh firman Tuhan dan oleh pekerjaan Roh Kudus bahwa kita ini manusia berdosa yang sedang menghadap arah yang salah sehingga kita akan berbalik kepada Tuhan.

Tuhan berkati!

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *