Antikristus dan Ciri-cirinya Diungkap (1)

Pendalaman Alkitab

Dalam Wahyu 14:6-10 kita memiliki pekabaran rangkap tiga, pesan yang Tuhan kirimkan bagi dunia agar bersiap untuk akhir zaman. Kita akan mulai dengan pekabaran malaikat pertama di ayat 6, 7, “Dan aku melihat seorang malaikat lain terbang di tengah-tengah langit dan padanya ada Injil yang kekal untuk diberitakannya kepada mereka yang diam di atas bumi dan kepada semua bangsa dan suku dan bahasa dan kaum, dan ia berseru dengan suara nyaring: “Takutlah akan Allah dan muliakanlah Dia, karena telah tiba saat penghakiman-Nya, dan sembahlah Dia yang telah menjadikan langit dan bumi dan laut dan semua mata air.””  Dapat kita lihat disini pekabaran Malaikat Pertama berkaitan dengan menyembah sang Pencipta.

Sekarang mari kita berpindah kepada pesan dari  Malaikat Kedua di ayat 8, “Dan seorang malaikat lain, malaikat kedua, menyusul dia dan berkata: “Sudah rubuh, sudah rubuh Babel, kota besar itu, yang telah memabukkan segala bangsa dengan anggur hawa nafsu cabulnya.” Di sini  kita akan berbicara tentang kejatuhan Babel dan apa artinya dalam pelajaran mendatang.

Kemudian kita lihat pesan Malaikat Ketiga dalam ayat 9 dan 10, “Dan seorang malaikat lain, malaikat ketiga, menyusul mereka, dan berkata dengan suara nyaring: “Jikalau seorang menyembah binatang dan patungnya itu, dan menerima tanda pada dahinya atau pada tangannya, maka ia akan minum dari anggur murka Allah, yang disediakan tanpa campuran dalam cawan murka-Nya; dan ia akan disiksa dengan api dan belerang di depan mata malaikat-malaikat kudus dan di depan mata Anak Domba.””

Malaikat Pertama memberitahu kita untuk menyembah Sang Pencipta, dan Malaikat Ketiga memperingatkan kita untuk tidak menyembah binatang itu. Dan kita lihat masalah di sini adalah tentang Penyembahan. Ini adalah masalah sensitif. Beberapa peperangan paling berdarah di dunia berkaitan dengan masalah ibadah. Dan Malaikat Pertama memberitahu kita untuk menyembah Sang Pencipta, sedangkan Malaikat Ketiga memperingatkan kita untuk tidak menyembah binatang itu.

Satu hal yang jelas: Alkitab mengatakan kepada kita seluruh dunia akan menyembah binatang (Wahyu 13:8). Karena begitu banyak orang dunia yang akan menyembah AntiKristus, pertanyaannya adalah, “Siapakah AntiKristus itu?”

Jika kita membuka internet ada banyak jawaban yang dikatakan di sana, dan sudah pasti sangat perlu dipertanyakan kebenarannya.  Apakah Anda siap untuk tahu apa yang dikatakan berita-berita yang ada di internet? Ini mungkin mengejutkan!  Antikristus adalah Pangeran Charles dari Wales. Setidaknya menurut Tim Cohen dalam bukunya Antikristus dan Secangkir teh. Apakah benar bahwa  Pangeran Charles adalah AntiKristus? Tentu saja tidak. Alkitab mengatakan seluruh dunia akan menyembah Dia. Seluruh dunia tidak akan pernah menyembah Pangeran Charles.

Lalu ada pula yang mengatakan bahwa AntiKristus itu adalah Bill Gates, pendiri Microsoft. Dan jika sistem operasi komputer Anda malfungsi , Anda mungkin berpikir bahwa ia adalah AntiKristus. Dia bahkan terlihat seperti AntiKristus ketika Anda menaruh beberapa tanduk pada dirinya. Apakah benar bahwa Bill Gates adalah AntiKristus? Tentu saja tidak. Seluruh dunia tidak akan pernah memujanya, terutama jika ia memiliki tandukkan?

Lalu siapakah tokoh lain yang dikatakan sebagai AntiKristus menurut berita yang ada di internet? Barack Obama-menurut majalah Newsweek, yang mungkin sedikit lebih dekat dengan kebenaran! Tetapi apakah Barack Obama adalah AntiKristus? Alkitab mengatakan seluruh dunia akan menyembah AntiKristus. Anda bahkan tidak bisa memerintahkan orang-orang  Amerika untuk menyembah Barack Obama-apalagi seluruh dunia! Kita tahu bahwa dia tidaklah mungkin AntiKristus.

Kita lihat bahwa ada banjir spekulasi tentang AntiKristus hari ini. Buku-buku dan majalah tentang AntiKristus meledak dan populer. Banyak orang Kristen, dan banyak pengkhotbah yang berbicara tentang AntiKristus. Namun pertanyaannya masih tetap: Siapa AntiKristus? Kita tidak akan mencari di internet untuk jawabannya. Kita tidak akan pergi ke guru nubuatan populer untuk jawaban atas pertanyaan itu. Di mana kita akan pergi untuk menjawab pertanyaan itu? Alkitab!

Mari kita lanjutkan untuk mempelajari AntiKristus yang misterius itu. Yang pasti ada selubung yang berkaitan dengan AntiKristus. Kita akan pelajari bersama apa yang guru-guru nubuatan tidak ceritakan tentang AntiKristus!  Kita akan melihat fakta-fakta Alkitab tentang AntiKristus- Fakta yang Menakjubkan.

1 Yohanes 2:18, 19 adalah salah satu referensi yang sebenarnya untuk istilah “AntiKristus.”  Hanya ada empat referensi ayat Alkitab yang benar-benar menyebutkan istilah AntiKristus. Semua ayat  adalah ada di dalam 1 Yohanes, kecuali yang terakhir adalah di dalam 2 Yohanes 1:7. Perhatikan apa yang dikatakan Alkitab di sini dalam 1 Yohanes 2:18, 19, “Anak-anakku, waktu ini adalah waktu yang terakhir, dan seperti yang telah kamu dengar, seorang antikristus akan datang, sekarang telah bangkit banyak antikristus. Itulah tandanya, bahwa waktu ini benar-benar adalah waktu yang terakhir. Memang mereka berasal dari antara kita, tetapi mereka tidak sungguh-sungguh termasuk pada kita; sebab jika mereka sungguh-sungguh termasuk pada kita, niscaya mereka tetap bersama-sama dengan kita. Tetapi hal itu terjadi, supaya menjadi nyata, bahwa tidak semua mereka sungguh-sungguh termasuk pada kita.”

Sangat menakjubkan fakta pertama tentang AntiKristus adalah AntiKristus sekarang ada -itu telah ada sepanjang perjalanan kembali pada masa Yohanes menurut ayat 18. Fakta kedua ada banyak AntiKristus. Fakta ketiga adalah banyak AntiKristus ini datang dari dalam gereja. Ini adalah hal-hal yang guru nubuatan tidak beritahukan kepada kita tentang antikristus. Dapatkah Anda mulai melihat pengungkapannya?

Dengan latar belakang itu, mari kita mengalihkan perhatian kita kepada binatang dan tanduk kecil yang ada dalam Wahyu 13. Keduanya simbol AntiKristus. Kita akan mulai dengan melihat binatang dalam Wahyu 13 …  Binatang dalam Wahyu 13  ini adalah simbol AntiKristus, karena Allah memperingatkan kita untuk tidak menyembah atau mengikutinya.

Mari kita baca peringatan Allah lagi dari Wahyu 14:9, 10, “Dan seorang malaikat lain, malaikat ketiga, menyusul mereka, dan berkata dengan suara nyaring: “Jikalau seorang menyembah binatang dan patungnya itu, dan menerima tanda pada dahinya atau pada tangannya, maka ia akan minum dari anggur murka Allah, yang disediakan tanpa campuran dalam cawan murka-Nya; dan ia akan disiksa dengan api dan belerang di depan mata malaikat-malaikat kudus dan di depan mata Anak Domba.””

Mari kita melihat binatang ini dalam Wahyu 13:1-3. Di sini Yohanes melihat binatang AntiKristus dalam penglihatannya. “Lalu aku melihat seekor binatang keluar dari dalam laut, bertanduk sepuluh dan berkepala tujuh; di atas tanduk-tanduknya terdapat sepuluh mahkota dan pada kepalanya tertulis nama-nama hujat. Binatang yang kulihat itu serupa dengan macan tutul, dan kakinya seperti kaki beruang dan mulutnya seperti mulut singa. Dan naga itu memberikan kepadanya kekuatannya, dan takhtanya dan kekuasaannya yang besar. Maka tampaklah kepadaku satu dari kepala-kepalanya seperti kena luka yang membahayakan hidupnya, tetapi luka yang membahayakan hidupnya itu sembuh. Seluruh dunia heran, lalu mengikut binatang itu.”

Pertanyaannya apakah ini binatang yang nyata? Tidak. Ini hanyalah sebuah lambang . Dan kita tahu bahwa itu adalah simbol AntiKristus

Mari kita mulai mencatat fakta tentang binatang ini.

  1. Keluar dari dalam Laut (Wahyu 13:1).

Apa yang diwakili laut (air) dalam nubuatan Alkitab? Kita tidak akan menebak atau berspekulasi. Kita akan mendapatkan jawaban langsung dari firman Allah. Wahyu 17:15, “Semua air yang telah kaulihat . . . adalah bangsa-bangsa dan rakyat banyak dan kaum dan bahasa.”

Jadi, apakah yang dilambangkan dengan air menurut Alkitab? Ini melambangkan orang, atau tempat yang padat penduduknya. Ingat, itu adalah kunci untuk memahami nubuatan Alkitab. Air melambangkan daerah berpenduduk cukup padat dengan manusia. Apakah kita membuat penafsiran sendiri? Tidak, itu berasal dari Alkitab. Mari kita biarkan Alkitab menjadi penerjemah dirinya sendiri.

Pindah ke petunjuk kedua kita sekarang.

  1. Binatang ini terdiri dari tiga binatang lainnya.

Kita dapatkan bahwa dari bagian pertama Wahyu 13:2 mengatakan: “Dan binatang yang kulihat itu serupa dengan macan tutul (ada macan tutul), dan kakinya seperti kaki beruang (ada beruang), dan mulutnya seperti mulut singa (ada singa). Dan naga itu (ada naga) memberikan kepadanya kekuatan, dan takhtanya dan kekuasaannya yang besar. “

  1. Binatang ini mendapat takhta dan kekuasaan dari binatang yang keempat, yaitu naga.

Kita mendapatkan bahwa dari bagian terakhir dari ayat dua yang mengatakan, “Dan naga memberinya kekuatan, dan takhtanya dan kekuasaannya yang besar.”

  1. Binatang ini memperoleh luka yang mematikan yang kemudian sembuh.

Kita dapati bahwa dari Wahyu 13:3 yang mengatakan: “Maka tampaklah kepadaku satu dari kepala-kepalanya seperti kena luka yang membahayakan hidupnya, tetapi luka yang membahayakan hidupnya itu sembuh. Seluruh dunia heran, lalu mengikut binatang itu.”

Petunjuk kelima mengidentifikasi:

  1. Memiliki mulut yang sombong dan menghujat.

Kita mendapati bahwa dari bagian pertama dari Wahyu 13:5 mengatakan: “Dan kepada binatang itu diberikan mulut, yang penuh kesombongan dan hujat.”

  1. Binatang antikristus ini memiliki kekuasaan untuk memerintah selama 42 bulan.

Bagian terakhir dari Wahyu 13:5 mengatakan:  ”Kepadanya diberikan juga kuasa untuk melakukannya empat puluh dua bulan lamanya.”

  1. Binatang antikristus ini akan berperang melawan orang-orang kudus.

Dapat kita temukan dalam bagian pertama dari ayat tujuh.  “Dan ia diperkenankan untuk berperang melawan orang-orang kudus dan untuk mengalahkan mereka …”

  1. Memiliki kuasa atas seluruh dunia.

Bagian terakhir dari ayat tujuh.  “… dan kepadanya diberikan kuasa atas setiap suku dan umat dan bahasa dan bangsa.”

  1. Seluruh dunia akan menyembah dia.

Ayat delapan mengatakan, “Dan semua orang yang diam di atas bumi akan menyembahnya, yaitu setiap orang  yang namanya tidak tertulis sejak dunia dijadikan di dalam kitab kehidupan dari Anak Domba, yang telah disembelih.”

Sekarang mari kita tinjau ke sembilan ciri-ciri dari binatang antikristus itu: (1) Muncul dari dalam Laut; (2) Terdiri Dari Tiga Binatang; (3) Mendapat Tahta dan Kekuasaannya Dari Binatang Keempat, Naga; (4) Mendapat Sebuah luka yang Mematikan tetapi sembuh; (5) Mulut yang Menyombong dan  Menghujat; (6) Diberikan kuasa Untuk memerintah selama 42 Bulan; (7) Perang Melawan Orang-orang Kudus; (8) Memiliki Kekuasaan di Seluruh Dunia; (9) Seluruh Dunia akan Menyembahnya.

Namun pertanyaan besar masih tetap ada: siapa atau apakah  binatang AntiKristus itu? Kita akan lanjutkan dalam artikel nubuatan Antikristus dan Ciri-cirinya Diungkap (1).

3 thoughts on “Antikristus dan Ciri-cirinya Diungkap (1)

  1. 1 Yohanes 2:18
    Anak-anakku, waktu ini adalah waktu yang terakhir, dan seperti yang telah kamu dengar, seorang antikristus akan datang, sekarang telah bangkit banyak antikristus. Itulah tandanya, bahwa waktu ini benar-benar adalah waktu yang terakhir.
    1 Yohanes 2:22 Siapakah pendusta itu? Bukankah dia yang menyangkal bahwa Yesus adalah Kristus? Dia itu adalah antikristus, yaitu dia yang menyangkal baik Bapa maupun Anak.
    1 Yohanes 4:3 dan setiap roh, yang tidak mengaku Yesus, tidak berasal dari Allah. Roh itu adalah roh antikristus dan tentang dia telah kamu dengar, bahwa ia akan datang dan sekarang ini ia sudah ada di dalam dunia.
    2 Yohanes 1:7 Sebab banyak penyesat telah muncul dan pergi ke seluruh dunia, yang tidak mengaku, bahwa Yesus Kristus telah datang sebagai manusia. Itu adalah si penyesat dan antikristus.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *