Tepat pada Waktunya!

Belajar Alkitab

Pelajaran 18
Sebentar lagi kita akan meneliti periode nubuatan terpanjang di Alkitab sebuah nubuatan yang dengan sempurna menunjukkan kedatangan Yesus ebentar lagi kita akan meneliti periode nubuatan terpanjang di Alkitab sebuah nubuatan yang dengan sempurna menunjukkan kedatangan Yesus ebentar lagi kita akan meneliti periode nubuatan terpanjang di Alkitab sebuah nubuatan yang dengan sempurna menunjukkan kedatangan Yesus yang pertama dan saat kematian-Nya. Di Pelajaran 16, Pekabaran Malaikat dari Angkasa Luar, kita belajar bahwa Tuhan punya pekabaran sangat penting yang harus didengar seluruh dunia sebelum kedatangan-Nya. Poin yang pertama memerintahkan manusia untuk menyembah Tuhan dan memuliakan Dia karena telah tiba saat penghakiman-Nya (Wahyu 14:7). Di Daniel 8 dan 9, Tuhan menyingkapkan saat dimulainya penghakiman-Nya itu dan petunjuk-petunjuk nubuatan yang membuktikan Yesus adalahMesias (Juruselamat). Jadi tak ada nubuatan di seluruh Alkitab yang lebih penting – tapi hanya sedikit orang yang tahu tentang nubuatan ini! Sementara orang-orang lain malah salah menafsirkannya. Bacalah Daniel 8 dan 9 sebelum mempelajari pelajaran ini, dan minta Roh Kudus untuk memimpin Anda memahami pelajaran yang menakjubkan ini.

1. Dalam penglihatan, Daniel melihat domba jantan bertanduk dua menanduk ke barat, ke utara dan ke selatan, dan mengalahkan semua binatang (Daniel 8:3, 4). Apa yang dilambangkan dengan domba jantan itu?
“Domba jantan yang kaulihat itu, dengan kedua tanduknya, ialah raja-raja orang Media dan Persia.” (Daniel 8:20).
Jawab: Domba jantan itu melambangkan kerajaan penguasa dunia bernama Medo-Persia, yang juga dilambangkan dengan beruang di Daniel 7:5. Nubuatan nubuatan di kitab Daniel dan Wahyu memiliki prinsip “diulangi dan ditambahkan detailnya,” yang berarti: nubuatan yang diwahyukan belakangan mengulangi nubuatan di pasal-pasal sebelumnya dan menjadi lebih mendetail.Pendekatan ini membawa kejelasan dan kepastian pada nubuatannubuatan Alkitab.

Domba jantan melambangkan Kerajaan.

 

2. Hewan menarik apa yang dilihat Daniel sesudahnya?
“Dan kambing jantan yang berbulu kesat itu ialah raja negeri Yunani, dan tanduk besar yang di antara kedua matanya itu ialah raja yang pertama. Dan bahwa tanduk itu patah dan pada tempatnya itu muncul empat buah, berarti empat kerajaan akan muncul dari bangsa itu, tetapi tidak sekuat yang terdahulu.” (Daniel 8:21, 22).
Jawab: Yang dilihat Daniel dalam penglihatan berikutnya, adalah kambing jantan dengan satu tanduk besar, melesat dengan kecepatan tinggi. Kambing jantan itu menyerang dan mengalahkan domba jantan tadi. Lalu tanduk besar itu patah dan empat tanduk muncul menggantikannya. Kambing jantan itu melambangkan kerajaan penguasa dunia nomor tiga, Yunani, dan tanduk besar itu melambangkan Alexander Agung (IskandarZulkarnain). Keempat tanduk yang menggantikannya melambangkan empat kerajaan pecahan dari kerajaan Alexander itu. Di Daniel 7:6, keempat kerajaan tersebut dilambangkan dengan empat kepala dari macan tutul, yang juga melambangkan Yunani. Lambang-lambang ini begitu cocok sehingga mudah sekali mengidentiakasi artinya dalam sejarah.

Kambing jantan melambangkan Yunani.

 

3. Menurut Daniel 8:8, 9, sebuah tanduk kecil muncul kemudian. Apa arti tanduk kecil itu?
Jawab: Tanduk kecil itu melambangkan Roma. Beberapa orang menganggap tanduk kecil itu adalah Antiochus Epiphanes, raja Seleucus yang menguasai Palestina di abad kedua S. M. dan merusakkan upacara-upacara ibadah Yahudi.
Beberapa orang lainnya, termasuk sebagian besar tokoh reformasi, yakin bahwa tanduk kecil itu melambangkan Roma dalam fase kekaisaran maupun kepausan. Mari kita lihat bukti-bukti Alkitab yang jelas tentang hal itu:
A. Selaras dengan prinsip nubuatan “diulangi dan ditambahkan detailnya,” Roma pastilah kekuasaan yang dilambangkan di sini karena pasal 2 dan 7 kitab Daniel menunjuk pada Roma sebagai kerajaan yang muncul sesudah Yunani. Daniel 7:24-27 juga mengukuhkan fakta bahwa Roma dalam bentuk kepausan akan dihancurkan, dan digantikan oleh kerajaan Tuhan. Tanduk kecil di Daniel 8 persis cocok dengan gambaran ini: tanduk kecil itu muncul sesudah Yunani dan akhirnya dihancurkan secara ajaib atau “tanpa perbuatan tangan manusia” pada saat kedatangan Tuhan. (Bandingkan Daniel 8:25 dengan Daniel 2:34.)
B. Daniel 8 mengatakan bahwa Medo-Persia akan menjadi “besar” (ayat 4), Yunani “sangat [very] membesarkan dirinya” (ayat 8), dan tanduk kecil itu “menjadi sangat [exceeding] besar” (ayat 9). Sejarah menunjukkan bahwa tak ada kekuasaan yang sangat besar sesudah Yunani selain Roma. [Dalam Bahasa Inggris, exceeding great artinya lebih besar lagi dibanding very great.]
C. Roma melebarkan kekuasaannya ke selatan (Mesir), timur (Makedonia), dan “Tanah Permai” (Palestina dan Yahudi) tepat seperti yang dinubuatkan (ayat 9). Tak ada kekuasaan besar lain selain Roma yang cocok dengan poin ini.
D. Hanya Roma yang “membesarkan dirinya” terhadap Tuhan Juruselamat, “Panglima bala tentara langit” (ayat 11, baca Yosua 5:14,15, Yudas 1:9) dan bangkit melawan “Raja segala raja” (ayat 25). Pemerintah Kekaisaran Roma sudah menyalibkan Tuhan Juruselamat. Pemerintah Kekaisaran Roma juga menghancurkan Bait Suci Yahudi (tahun 70 M.). Dan Roma di zaman Kepausan merobohkan (Daniel 8:11) pelayanan-pelayanan Tuhan Juruselamat di Bait Suci sejati (Ibrani 8:2) dan menginjak-injaknya (Daniel 8:13) dengan cara menggantikan pelayanan Juruselamat sebagai Imam Besar kita dengan keimaman duniawi yang mengaku bisa mengampuni dosa. Tak ada manusia biasa yang bisa mengampuni dosa selain Tuhan (Lukas 5:21). Dan Tuhan Juruselamat adalah satu-satunya Imam Besar atau Pengantara yang sah bagi kita (1 Timotius 2:5).

“Tanduk kecil” di daniel 8 melambangkan Roma dalam fase kekaisaran maupun kepausan. Jadi tanduk kecil di akhir zaman adalah kepausan.

4. Daniel 8 memberitahu kita bahwa kuasa tanduk kecil ini juga akan membunuh banyak umat Tuhan (ayat 10, 24, 25) dan menghempaskan kebenaran (ayat 12). Sewaktu seseorang bertanya: Sampai berapa lama pelayanan Sang Juruselamat sebagai Satu-satunya Imam Besar di Bait Suci dilecehkan (diinjak-injak) dan umat Tuhan dibantai, apa jawabnya?
“Maka ia menjawab: “Sampai lewat dua ribu tiga ratus petang dan pagi, lalu tempat kudus itu akan dipulihkan dalam keadaan yang wajar.” Daniel 8:14.
Jawab: Jawabannya adalah bahwa Bait Suci akan dipulihkan ke keadaan semula sesudah 2300 hari-nubuatan, atau 2300 tahun. (Pelajaran 15 memberi penjelasan lengkap tentang prinsip satu harinubuatan sama dengan satu tahun sesungguhnya di Yehezkiel 4:6 dan Bilangan 14:34.) Kita sudah belajar bahwa pemulihan Bait Suci bangsa Israel di zaman Perjanjian Lama dilaksanakan pada Hari Raya Pendamaian. Tanduk kecil itu menganiaya dan membunuh jutaan umat Tuhan yang tak bersalah. Pada Hari Raya Pendamaian (Yom Kippur) umat Tuhan betul-betul diidentifikasi sebagai milik-Nya, dan catatan dosa-dosa mereka dibuang. Orang-orang jahat yang terus berbuat dosa disingkirkan dari antara bangsa Israel. Dengan cara ini umat itu bebas dari dosa. Di ayat ini, Daniel diyakinkan bahwa dosa dan kekuasaan tanduk kecil itu tidak akan berlangsung selamanya, menguasai dunia, dan menganiaya umat Tuhan tanpa akhir. Malah, sesudah 2300 tahun, Tuhan akan campur tangan dengan cara memulai Hari Pendamaian, atau Hari Penghakiman, di mana dosa dan orang berdosa akan teridentinkasi lalu disingkirkan dari alam semesta untuk selamanya. Dengan cara ini alam semesta akan bebas dari dosa. Perbuatan-perbuatan jahat yang dilakukan terhadap umat Tuhan akhirnya akan dibalas.

Kuasa tanduk kecil menganiaya dan menghancurkan jutaan umat-umat Tuhan

 

5. Apa poin mendesak yang ditegaskan malaikat Gabriel berulang-ulang?
“Pahamilah, anak manusia, bahwa penglihatan itu mengenai akhir masa!”…… Lalu berkatalah ia: “Kuberitahukan kepadamu apa yang akan terjadi pada akhir murka ini, sebab hal itu mengenai akhir zaman … Adapun penglihatan tentang petang dan pagi itu, apa yang dikatakan tentang itu adalah benar. Tetapi engkau, sembunyikanlah penglihatan itu, sebab hal itu mengenai masa depan yang masih jauh.” Daniel 8:17,19,26.
Jawab: Gabriel berulang-ulang mengatakan bahwa penglihatan tentang 2300 petang dan pagi itu mencakup peristiwa-peristiwa akhir zaman, yang dimulai tahun 1798, seperti yang sudah kita pelajari di Pelajaran 15. Malaikat itu ingin agar kita mengerti bahwa nubuatan 2300 tahun adalah pekabaran yang relevan bagi kita semua yang hidup di akhir zaman. Memiliki makna khusus untuk zaman sekarang.

Pendahuluan Daniel pasal 9
Sesudah penglihatan Daniel di pasal 8, malaikat Gabriel datang dan mulai menjelaskan penglihatan itu pada Daniel. Waktu Gabriel membicarakan tentang 2300 petang dan pagi, Daniel pingsan dan sakit selama beberapa waktu. Dia lalu bangun dan mengerjakan tugas-tugas yang diperintahkan raja, tapi sangat bingung memikirkan bagian yang belum dijelaskan dari penglihatan itu – ke- 2300 petang dan pagi. Daniel kemudian berdoa dengan sungguh-sungguh bagi bangsanya, bangsa Yahudi, yang saat itu ditawan di Medo-Persia. Dia mengakui dosa-dosanya dan memohon agar Tuhan mengampuni umat-Nya. Daniel pasal 9 dimulai dengan doa nabi itu tentang dosa-dosa bangsanya dan permohonannya pada Tuhan agar mengampuni mereka.

Tolong sisihkan waktu Anda untuk membaca Daniel 9 sebelum melanjutkan pelajaran ini.

Daniel berdoa agar Tuhan menolongnya mengerti tentang nubuatan 2300 tahun.

 

6. Selagi Daniel berdoa, siapa yang mendadak menyentuhnya dan apa pekabaran yang dibawanya? Daniel 9:21-23
Jawab: Malaikat Gabriel menyentuh Nabi Daniel dan menyatakan bahwa dia datang untuk menjelaskan sisa penglihatan di Daniel 8 (bandingkan Daniel 8:26
dengan Daniel 9:23).

Malaikat Gabriel datang kepada Daniel untuk menjelaskan nubuatan 2300 tahun.

 

7. Berapa bagian dari 2300 petang dan pagi telah ditetapkan (disisihkan) atas bangsanya Daniel (yaitu bangsa Yahudi), dan ibukotanya, Yerusalem? Daniel 9:24)
Jawab: Tujuh puluh kali tujuh masa “ditetapkan atas” (disisihkan bagi) bangsa Yahudi. Ketujuhpuluh kali tujuh tahun itu artinya 490 tahun (70 x 7 = 490). Umat Tuhan akan segera kembali dari penawanan di Persia, dan Tuhan akan memotong 490 tahun dari yang 2300 tahun dan menetapkannya bagi umat-Nya sebagai kesempatan sekali lagi untuk bertobat dan melayani Dia.

Gabriel menjelaskan kepada Daniel peristiwa-peristiwa penting yang akan terjadi di dalam periode 2300 tahun itu.

8. Apa peristiwa yang menandai titik awal nubuatan 2300 tahun dan 490 tahun? Kapan peristiwa itu terjadi?
Jawab: Titik awalnya adalah dekrit (surat perintah / mandat) dari raja Persia bernama Artahsasta, memberi wewenang pada umat Tuhan (yang saat itu menjadi tawanan di Medo Persia) untuk pulang ke Yerusalem dan membangun
kota itu. Surat itu, tertulis di kitab Ezra pasal 7, dikeluarkan pada tahun 457 S.M. – tahun ketujuh pemerintahan raja itu (ayat 7) – dan dijalankan pada musim gugur. Menurut sejarah, Artahsasta memulai pemerintahannya pada tahun 464 S.M.

9. Malaikat itu berkata bahwa 69 x 7 masa (7+62 x 7 masa), atau 483 tahun (69 x 7 = 483), bila dihitung dari 457 S.M., akan mencapai saat hadirnya Mesias / Seorang yang diurapi (Daniel 9:25). Betulkah?
Jawab: Ya! Perhitungan matematis menunjukkan bahwa dengan maju ke depan sebanyak 483 tahun dari musim gugur tahun 457 S.M. mencapai musim gugur tahun 27. [Tahun Sebelum Masehi dihitung mundur sampai ke tahun 1, dan tahun Sesudah Masehi dihitung maju. Jangan lupa untuk menambah 1 tahun lagi, karena tidak ada tahun 0.) Kata Mesias (messiah / al-Masih) artinya “yang diurapi” (Yohanes 1:41 – arti kata “messiah” bisa dicari di kamus atau ensiklopedi). Yesus diurapi oleh Roh Kudus (Kisah 10:38) pada saat baptisan-Nya (Lukas 3:21, 22).
Pengurapan itu terjadi pada tahun ke-15 pemerintahan Kaisar Tiberius (Lukas 3:1), yang berarti tahun 27 M. Kaisar Tiberius mulai memerintah tahun 13 M. Bayangkan. Nubuatan ini dibuat lebih dari 500 tahun sebelumnya! Lalu Dia mulai berkhotbah bahwa “ Waktunya telah genap” (yang dimaksud adalah 483 tahun sesudah tahun 457 S.M. yang menunjukkan kedatangan Mesias). Dengan demikian Dia memproklamirkan nubuatan itu sudah terjadi (Markus l:14, 15; Galatia 4:4). Jadi Dia betul-betul memulai pelayanan-Nya dengan menyebutkan nubuatan 2300 tahun, menekankan betapa penting dan akuratnya nubuatan itu. Ini sangat menakjubkan dan merupakan bukti bahwa:
A. Alkitab Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru berasal dari Tuhan.
B. Sang Juruselamat adalah Mesias.
C. Semua peristiwa-peristiwa lain dalam periode nubuatan 2300 tahun dan 490 tahun adalah teguh dan kuat. Sungguh suatu dasar yang kokoh bagi iman kita!

Baptisan Mesias adalah penggenapan akurat dari nubuatan Alkitab.

10. Kita sekarang sudah mengerti bagian yang 483 tahun dari nubuatan 490 tahun. Ada satu kali tujuh masa, atau tujuh tahun, yang tersisa (Daniel 9:26, 27). Apa yang terjadi berikutnya? Kapan?
Jawab: Mesias (seorang yang telah diurapi) disingkirkan atau dibunuh “pada pertengahan tujuh masa itu” yang berarti 3 1/2 tahun sesudah pengurapanNya yaitu musim semi tahun 31 M. Perhatikan bahwa Injil (Kabar Baik) dinyatakan di ayat 27, “Pada pertengahan tujuh masa itu ia akan menghentikan korban sembelihan dan korban santapan.” [Itulah artinya Injil. Kita tidak perlu lagi melakukan upacara kurban hewan, atau ritual pengurangan dosa, atau ritual penyucian diri agar semua dosa masa lalu kita dihapus.]
Pada waktu Dia dibunuh (disalibkan), Dia “mengakhiri dosa”. Dia yang tidak pernah berbuat dosa (1 Petrus 2:22) disalibkan bagi dosa-dosa kita (1 Korintus 15:3; Yesaya 53:5). Nyawa-Nya yang sangat berharga diserahkanNya dengan penuh kasih dan sukarela untuk menyelamatkan kita dari dosa. Pengurbanan-Nya adalah inti dari Daniel 8 dan 9.

11. Karena Dia mati sesudah tiga setengah tahun, bagaimana Dia bisa “mengukuhkan perjanjian itu bagi banyak orang” selama tujuh penuh, seperti yang tertulis di Daniel 9:27?
Jawab: Perjanjian itu adalah kesepakatan (kontrak) yang dibuat-Nya untuk menyelamatkan umat-Nya dari dosa mereka (Ibrani 10:16,17; Ulangan 6:20-25). Sesudah pelayanan-Nya selama tiga setengah tahun berakhir, Dia mengukuhkan perjanjian itu melalui murid-murid-Nya (Ibrani 2:3). Dia mengutus mereka pertama-tama kepada bangsa Yahudi (Matius 10:5, 6), karena umat pilihan-Nya itu masih punya tiga setengah tahun yang tersisa dari periode kesempatan selama 490 tahun agar mereka bertobat.

Murid-murid mengabarkan Injil kepada orang-orang Yahudi.

 

12. Waktu periode 490 tahun yang merupakan kesempatan terakhir bagi bangsa Yahudi habis pada musim gugur 34 M., apa yang dilakukan murid?
Jawab: Mereka mulai mengabar Injil kepada bangsa-bangsa lain di seluruh dunia (Kisah Para Rasul 13:46). Stefanus, diaken yang tak bersalah, dilempari dengan batu oleh orang-orang Yahudi pada tahun 34 M. Sejak saat itu, karena mereka menolak Juruselamat dan Rencana Keselamatan dari Tuhan, bangsa Yahudi bukan lagi umat pilihan atau bangsa pilihan Tuhan. Sebagai gantinya, Tuhan sekarang menganggap semua orang dari semua bangsa yang menerima dan mematuhi Dia sebagai Israel rohani. Mereka telah menjadi umat pilihan-Nya – menjadi ahli waris berdasarkan janji.
Israel rohani itu tentu saja juga termasuk orang Yahudi-lahiriah secara perorangan yang menerima dan mematuhi Tuhan (Galatia 3:27-29, Roma 2:28,29).

Sesudah Stefanus dilempari batu, murid-murid mengabar Injil kepada orang-orang non-Yahudi.

13. Sesudah tahun 34 M., berapa tahun yang tersisa dari nubuatan 2300 tahun? Berakhir pada tahun berapa? Apa yang dikatakan malaikat akan terjadi pada saat itu (Daniel 8:14) ?
Jawab: Masih tersisa 1810 tahun (2300 – 490 = 1810). Titik akhirnya adalah tahun 1844 (34 + 1810 = 1844) Malaikat itu berkata bahwa “tempat kudus itu akan dipulihkan” (Bait Suci Tuhan di angkasa akan dibersihkan), atau dengan kata lain, Penghakiman Tuhan akan dimulai. (Bait Suci duniawi sudah musnah tahun 70 Masehi oleh pasukan Roma.) Kita sudah belajar di pelajaran 17 bahwa Hari Raya Pendamaian, atau hari penghakiman, dijadualkan bagi akhir zaman. Nah, sekarang kita tahu bahwa Penghakiman Tuhan dimulai tahun 1844. Tuhanlah yang menentukan tanggal ini. Tahun 1844 adalah pasti sama seperti pastinya tahun 27 M. sebagai saat pengurapan Mesias. Umat Tuhan di akhir zaman harus mengabarkannya (Wahyu 14:6, 7). Anda akan bersemangat dan bersukacita mempelajari detail-detail Penghakiman Tuhan pada pelajaran berikutnya (19).
Di zaman Nuh, Tuhan menyatakan bahwa penghakiman-Nya berupa air bah akan terjadi 120 tahun sesudahnya (Kejadian 6:3) – dan ternyata benarbenar terjadi. Di zaman Daniel, Tuhan menyatakan bahwa penghakimanNya akan terjadi sesudah 2300 tahun (Daniel 8:14) – dan ternyata benarbenar terjadi. Penghakiman Tuhan di akhir zaman saat ini sedang berlangsung, dan dimulai sejak tahun 1844.

Arti dari Atonement (Pendamaian)
Kata “atonement” dalam bahasa Inggris aslinya berarti “at-one-ment”, yaitu, keadaan “at one”, “sepakat”, “selaras” atau “harmonis”. Berarti keharmonisan sebuah hubungan. Keharmonisan sempurna pada awalnya mengisi seluruh alam semesta. Lalu Lucifer, malaikat yang cemerlang (baca Pelajaran 2) itu, menantang Tuhan dan prinsip-prinsip pemerintahan-Nya. Sepertiga malaikat bergabung dengan pemberontakan Lucifer (Wahyu 12:3, 4, 7-9).
Pemberontakan terhadap Tuhan dan prinsip-prinsip kasih-Nya ini disebut dosa di dalam Alkitab (Yesaya 53:6; 1 Yohanes.3:4). Membawa sakit hati, kebingungan, kekacauan, tragedi, kekecewaan, kesedihan, pengkhianatan, dan segala bentuk kejahatan. Yang terburuk: hasil akhirnya, tuntutan hukumannya, adalah kematian (Roma 6:23) – yang tidak akan diberi kebangkitan – di lautan api (Wahyu 21:8). Dosa menyebar lebih cepat dan lebih parah dibandingkan penyakit kanker. Membuat alam semesta berada dalam kehancuran.
Jadi Tuhan mengusir Lucifer dan malaikat-malaikatnya dari Ibukota KerajaanNya (Wahyu 12:7-9), dan Lucifer diberi nama baru – “Satan” yang berarti :”musuh.” Malaikat-malaikat pengikutnya lalu disebut demon (roh jahat). Setan menggoda Adam dan Hawa, dan karena itu dosa menjangkiti semua manusia. Betapa suatu tragedi yang mengerikan! Konflik besar antara kebaikan dan kejahatan telah dimulai, dan tampaknya kejahatan akan menang. Situasinya terlihat tanpa harapan.
Tapi tidak! Juruselamat – Tuhan Sang Anak – Tuhan sendiri – yang lebih besar dari semua manusia yang hidup di bumi, setuju untuk mengurbankan nyawa-Nya untuk membayar tuntutan hukuman bagi semua orang berdosa (1
Korintus 5:7). Dengan menerima pengurbananNya, orang berdosa akan bisa bebas dari rasa bersalah akibat dosa (Roma 3:25). Rencana agung ini juga mencakup masuknya Tuhan [yang berperan dalam hal ini adalah Tuhan Roh Kudus] ke dalam hidup seseorang bila diundang (Wahyu 3:20) dan mengubahnya menjadi manusia baru (2 Korintus 5:17). Hal ini menyediakan kuasa dari Tuhan untuk menolak Setan dan memulihkan semua orang yang bertobat pada fithrah Tuhan, yang mana merupakan kondisi manusia sewaktu diciptakan (Kejadian 1:26, 27; Roma 8:29).
Penawaran untuk menjadi harmonis dengan Tuhan ini mencakup rencana untuk memusnahkan dosa – termasuk Setan dan malaikat-malaikat pengikutnya, ditambah semua orang yang bergabung dengan dia dalam pemberontakan (Matius 25:41; Wahyu 21:8). Lebih jauh lagi, informasi penuh mengenai Tuhan dan pemerintahan-Nya yang penuh kasih dan Setan serta kediktatorannya yang jahat akan diberikan kepada semua orang di atas bumi supaya semua orang bisa berada di pihak Tuhan (Matius 24:14; Wahyu 14:6, 7).
Kasus semua orang akan diperiksa di ruang pengadilan Tuhan (Roma 14:10-12), dan Tuhan akan memberi ganjaran pada setiap orang sesuai perbuatannya (Wahyu 22:11,12). Akhirnya, sesudah memusnahkan dosa, Rencana Tuhan adalah menciptakan langit yang diperbarui dan bumi yang diperbarui (2 Petrus 3:13; Yesaya 65:17), di mana tidak akan ada dosa lagi (Nahum 1:9), dan memberikan bumi kepada umat-Nya sebagai rumah mereka sepanjang masa (Wahyu 21:1-5). Tuhan Sang Bapa dan Tuhan Sang Anak akan tinggal bersama umat Mereka dalam sukacita sempurna dan keharmonisan selama-lamanya.
Semua ini dicakup dalam “at-one-ment.” Tuhan telah memberitahu kita dalam Firman-Nya dan mendemonstrasikan di zaman Perjanjian Lama upacara-upacara Bait Suci, khususnya Hari Raya Pendamaian. Juruselamat adalah kunci pendamaian itu. Pengurbanan-Nya bagi kita di Golgota membuat hal itu mungkin. Menyingkirkan dosa dari hidup kita dan memusnahkan dosa dari alam semesta dimungkinkan hanya melalui Dia (Kisah Para Rasul 4:12). Tak heran pekabaran terakhir dari Tuhan yang rangkap-tiga kepada seluruh dunia memanggil kita semua untuk menyembah Dia (Wahyu 14:6, 7).

Penghakiman Tuhan disaksikan oleh para malaikat

14. Kenapa ada orang yang memotong tujuh tahun terakhir dari 490 tahun dan memindahkan periode 7-tahun itu ke akhir zaman, dan menyebutnya sebagai “masa Antikris”?
Jawab : Ini pertanyaan bagus. Kenapa ada orang yang memisahkan periode tujuh tahun dari periode 490 tahun yang semuanya adalah merupakan masa khusus bagi bangsa Yahudi dan memindahkan periode 7-tahun itu ke akhir zaman? Mari kita lihat fakta-faktanya:
A. Tak ada bukti Alkitabiah apa pun untuk menyelipkan sebuah jurang besar di antara masa 483 tahun dengan 7 tahun di dalam nubuatan 490 tahun itu. Nubuatan 490 tahun tidak pernah terputus, sama seperti periode 70 tahun bangsa Yahudi dalam pembuangan yang disebut di Daniel 9:2.
B. Tak pernah di Alkitab sejumlah unit waktu tertentu (hari, pekan, bulan, tahun) yang menyusun suatu periode waktu memiliki arti yang lain selain bila unit-unit waktu itu dipandang secara berkesinambungan (takterputus). Tanggungjawab besar terletak di atas orang-orang yang menyatakan bahwa bagian mana pun dari suatu nubuatan seharusnya dipisahkan dan dipindahkan.
C. Tahun 27 M. (tahun pengurapan Mesias pada waktu Dia dibaptis oleh Yohanes Pembaptis) adalah saat dimulainya periode tujuh tahun terakhir dari nubuatan 490 tahun, yang ditekankan oleh Dia langsung pada waktu memulai pembicaraan-Nya: “Waktunya telah genap,” Markus l:15.
D. Pada saat kematian-Nya di kayu salib pada musim semi tahun 31 M., Dia berseru: “Sudah selesai.” (Yohanes 19:30). Dia di sini jelas menunjuk pada nubuatan tentang kematian-Nya di Daniel 9, yaitu:
1. Mesias akan “disingkirkan” atau disalibkan (Daniel 9:26).
2. Dia akan “menghentikan korban sembelihan dan korban santapan” dengan cara mati bagi semua manusia sebagai Anak Domba (Daniel 9:27; 1 Korintus 5:7; 15:3).
3. Dia akan “menghapuskan kesalahan” (Daniel 9:24).

Tak ada bukti Alkitabiah untuk memisahkan tujuh tahun terakhir dari 490 tahun yang ditetapkan bagi bangsa Yahudi dan menyebutnya “masa Antikris’’ di akhir sejarah dunia ini. Lebih serius lagi, memisahkan tujuh tahun terakhir dari nubuatan 490 tahun bakal merusak arti sesungguhnya dari banyak nubuatan di kitab Daniel dan Wahyu sehingga orang-orang tidak bisa mengerti nubuatan-nubuatan itu. Karena itulah Tuhan tidak menyetujui penafsiran pribadi dari nubuatannubuatan Alkitab, sama seperti penafsiran yang menelurkan dongeng bahwa “antikris baru akan muncul nanti di akhir zaman, dan berkuasa selama 7 tahun masa tribulasi (masa antikris).”Penafsiranpenafsiran seperti itu-selalu menyesatkan banyak orang.

Kenapa ada orang yang berani memotong bagian penting dari nubuatan ini?.

15. Tuhan meminta Anda menerima pengurbanan Mesias dalam hidup Anda dan mengundang Dia membersihkan Anda dari segala dosa dan menjadikan Anda manusia baru.
Jawab :

 

PERTANYAAN LAIN
1. Ada tanduk kecil di Daniel 7 dan Daniel 8. Apa artinya sama? (Daniel 7:8).
Tanduk kecil di Daniel 7 artinya kepausan. Tanduk kecil di Daniel 8 artinya Roma, baik dalam fase kekaisaran maupun kepausan.

2. Apakah “dua ribu tiga ratus petang dan pagi” di Daniel 8:14 berarti 1150 hari harafiah, seperti yang ditafsirkan beberapa orang?
Tidak, Alkitab jelas menunjukkan di Kejadian 1:5, 8, 13, 19, 23, 31, bahwa satu petang dan satu pagi artinya satu hari. Tak ada peristiwa penting dalam sejarah pada akhir 1150 hari yang menggenapi nubuatan ini.

3. Apa peran “kebebasan memilih” dalam hidup umat Tuhan? (Yosua 24:15).
Kebebasan memilih adalah kuncr untuk selamat. Jalan Tuhan selalu berupa kebebasan memilih (Yosua 24:15). Walau Dia ingin menyelamatkan semua orang (1 Timotius 2:3, 4), Dia masih mengizinkan kebebasan memilih (Ulangan 30:19). Tuhan mengizinkan Setan memilih untuk memberontak terhadap Dia. Dia juga mengizinkan Adam dan Hawa memutuskan untuk tidak patuh pada perintah-Nya. Kesucian-hati bukanlah suatu kondisi terprogram, terkunci, yang membawa aku ke Kerajaan Tuhan tak peduli bagaimana aku hidup atau bahkan apakah aku tidak mau masuk ke Kerajaan Tuhan. Kebebasan memilih berarti aku selalu bebas untuk mengubah pendapatku. Tuhan memintaku mematuhi-Nya (Matius 11:28-30) dan mengukuhkan keputusanku setiap hari (Mazmur 86:3). Jika pilihanku setiap hari adalah berpihak pada-Nya, Dia akan mengubah aku dan membuat aku seperti Dia” dan akhirnya membawaku ke dalam kerajaan-Nya. Tapi harap ingat, aku selalu bebas untuk pergi ke arah lain kapan pun juga. Tuhan tidak akan memaksa aku. Oleh karena itu, keputusanku tiap-tiap hari untuk hidup bagi Dia sangatlah penting.

4. Banyak yang percaya bahwa raja Seleucus bernama Antiochus Epiphanes adalah tanduk kecil di Daniel 8. Bagaimana kita bisa yakin bahwa pendapat itu salah? (Daniel 8:9).
Ada banyak alasan. Berikut beberapa di antaranya:
A. Antiochus Epiphanes tidak “menjadi sangat besar”, seperti kata nubuatan itu (Daniel 8:9).
B. Dia tidak memerintah “pada akhir kerajaan” Seleucus sebagaimana yang dikatakan nubuatan itu (Daniel 8:23) tapi di pertengahan masa berdirinya kerajaan itu.
C. Orang-orang yang mengajar bahwa Antiochus Epiphanes adalah tanduk kecil menganggap 2300 hari-nubuatan sebagai hari sesungguhnya dan bukan tahun-sesungguhnya. Periode yang lamanya 6 tahun lebih ini (2300 hari) tidak punya penerapan bagi Daniel 8. Tak ada hal penting yang terjadi 6 tahun setelah Antiochus Epiphanes bertakhta.] Semua usaha untuk memaksakan periode waktu ini agar pas dengan Antiochus Epiphanes telah gagal, yang merupakan coreng bagi pendukung teori itu.
D. Tanduk kecil itu masih ada pada “ akhir masa” atau “akhir zaman” (Daniel 8:12, 17, 19), padahal Antiochus Epiphanes mati tahun 164 S.M.
E. Tanduk kecil menurut nubuatan harus “menjadi sangat besar” ke selatan, timur, dan Palestina (Daniel 8:9). Walau Antiochus Epiphanes pernah menguasai Palestina selama beberapa waktu, dia tidak berkuasa atas Mesir (selatan) dan Makedonia (timur).
F. Tanduk kecil, menurut nubuatan itu, akan merobohkan Bait Suci (Daniel 8:ll). Antiochus Epiphanes tidak pernah merobohkan Bait Suci di Yerusalem. Dia memang merusakkan upacara-upacara ibadah di dalam Bait Suci, tapi bangunan Bait Suci itu dirobohkan oleh pasukan Roma di tahun 70 M. Dia juga tidak memusnahkan kota Yerusalem, sebagaimana yang dikatakan nubuatan itu (Daniel 9:26).
G. Juruselamat menerapkan istilah “Pembinasa Keji” (Matius 24:15) di Daniel 9:26, 27 bukan pada kegilaan Antiochus Epiphanes tahun 167 S.M. yang sudah terjadi di masa lalu waktu Dia mengucapkannya, tapi pada masa depan di mana pasukan Roma menghancurkan Yerusalem dan Bait Suci di tahun 70 M. (Lukas 21:20-24 – perhatikan kata “akan” di ayat 22-24). Di Matius 24:15, Dia secara spesifik menyebut nama “Daniel” dan mengatakan bahwa nubuatan Daniel 9:26, 27 akan menjadi kenyataan yang akan disaksikan umat-Nya (di masa depan, yaitu tahun 70 M.) yaitu sewaktu “Pembinasa Keji berdiri di tempat kudus” di Yerusalem. Ini sangat jelas, sehingga tak ada yang boleh bilang “saya tidak mengerti”.
H. Sang Juruselamat menghubungkan kehancuran kota Yerusalem dengan penolakan bangsa Israel untuk menerima-Nya sebagai Raja dan Mesias (Matius 21:33-43; 23:37, 38; Lukas 19:41-44). Hubungan antara menolak Mesias dan kehancuran kota itu dan Bait Suci adalah pekabaran penting dari Daniel 9:26, 27. Pekabaran itu mengumandangkan konsekuensi penolakan bangsa Israel terhadap Sang Mesias – bahkan sesudah diberi tambahan waktu 490 tahun. Jika ada orang yang menerapkan nubuatan ini pada Antiochus Epiphanes, yang mati tahun 164 S.M., jauh sebelum kelahiran Sang Juruselamat, betul-betul menghancurkan makna Daniel 8 dan 9 nubuatan paling penting di Alkitab.

 

PERTANYAAN KUIS
1. Domba jantan di Daniel 8 melambangkan: (1)
____ Babel.
____ Medo Persia.
____ Yunani.
____ Roma.

2. Apa yang dilambangkan dengan kambing jantan di Daniel 8? (1)
____ Mesir.
____ Palestina.
____ Yunani.
____ Asyur.

3. Tanduk kecil di Daniel 8 melambangkan: (I)
____ Antiochus Epiphanes.
____ Roma, dalam fase kekaisaran dan kepausan.
____ ateisme.
____ Irak.

4. Hari Raya Pendamaian di zaman bangsa Israel adalah hari Penghakiman. (1)
____ Betul.
____ Salah

5. Berapa banyak dari 2300 tahun yang ditetapkan atas bangsa Yahudi? (1)
____ 490 tahun.
____ 700 tahun.
____ 1810 tahun.
____ 100 tahun.

6. Dalam nubuatan Alkitab, satu hari-nubuatan artinya satu-tahun sesungguhnya (1)
____ Betul.
____ Salah.

7. Nubuatan2300tahun menyatakan (disampaikan500 tahunsebelum terwujud) bahwa Mesias akan muncul tahun 27 M. Dia muncul tepat pada waktunya. Ini membuktikan bahwa: (3)
____ Alkitab berasal dari Tuhan.
____ Malaikat Gabriel beruntung, karena menebak dengan benar.
____ Semua penanggalan-penanggalan lain dalam nubuatan itu adalah akurat
____ Yesus adalah Mesias.

8. Waktu periode 490 tahun yang ditetapkan atas bangsa Yahudi berakhir ditahun 34M., apa yang dilakukan para murid? (1)
____ mulai mengabarkan injil ke bangsa-bangsa lain.
____ berlibur untuk waktu lama.
____ mereka mengatakan bahwa tak ada satu pun orang Yahudi yang
akan diselamatkan sesudah tahun 34 M.

9. Menurut nubuatan 2300 tahun di Daniel 8 dan 9, apa yang terjadi di tahun 1844: (1)
____ Penghakimain Tuhan dimulai.
____ periode untuk bertobat bagi bangsa Yahudi berakhir.
____ Kenaikan Yesus.
____ Tuhan menutup kesempatan untuk bertobat bagi semua bangsa.

10. Hari Pendamaian, atau at-one-ment, akan membawa seluruh alam semesta kedalam keharmonisan total dengan Tuhan. Yang mana yang benar dari pernyataan berikut tentang hal-hal yang berhubungan dengan pendamaian? (10)
____ Yesus mengurbankan nyawa-Nya untuk membayar tuntutan hukuman atas dosa kita.
____ Yesus memerdekakan kita dari rasa bersalah akibat dosa.
____ Yesus mengubah kita dan menjadikan kita manusia baru.
____ Yesus memulihkan kita kepada fithrah Tuhan.
____ Di Ruang Pengadilan, Tuhan menghargai pilihan semua orang untuk berpihak pada Tuhan atau Setan (memberi kebebasan memilih).
____ Informasi lengkap akan diketahui semua orang di bumi mengenai rencana Setan untuk membinasakan manusia, dan rencana Tuhan untuk menyelamatkan manusia.
____ Dosa, Setan, dan orang berdosa akan dimusnahkan.
____ Tuhan menciptakan langit dan bumi yang diperbarui untuk umatNya dan akan tinggal bersama-sama dengan mereka.
____ Dosa tidak akan muncul lagi.
____ Pendamaian antara manusia dengan Tuhan hanya mungkin terwujud
melalui pengurbanan Yesus di Golgota.
____ Setan dan malaikat-malaikatnya akan bertobat dan diselamatkan.

11. Tak ada bukti Alkitabiah untuk memisahkan tujuh tahun terakhir dari 490 tahun yang ditetapkan atas bangsa Yahudi dan menyebutnya “masa Antikris” di akhir zaman: (I)
_____ Benar
_____ Salah.

12. Pada tahun 34 M. (3)
____ Masa untuk bertobat sudah berakhir bagi bangsa Yahudi sebagai
bangsa pilihan Tuhan.
____ Murid-murid mulai mengabarkan Injil ke bangsa-bangsa lain.
____ Stefanus, diaken yang tak bersalah, dilempari batu sampai mati.
____ Penghakiman Tuhan dimulai.

13. Periode 2300 tahun dimulai : (1)
____ 34 M.
____ 1944.
____ 1491 S. M.
____ 457 S. M.

14. Nubuatan-nubuatan Daniel dan Wahyu memiliki arti penting bagi kita dan zaman kita sekarang ini: (1)
____ Betul
____ Salah.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *