kematian

Merencanakan Kematian Positif?

Blog AFI

Ingin mendapatkan pengingat harian bahwa pada akhirnya Anda akan mati? Ada sebuah aplikasi untuk itu, menurut The New York Times.

Disebut “WeCroak” (tidak main-main!), aplikasi akan mengirim hingga lima pengingat sehari yang salah satu ujungnya, jika tidak segera, akhirnya akan datang.

Aplikasi telepon seluler adalah salah satu sisi dari apa yang disebut gerakan “kematian positif”, yang berusaha untuk mengungkap akhir kehidupan dan membuat orang lebih nyaman dengan gagasan tentang akhirnya.

Apa yang terjadi setelah kematian?

Ada sesi di mana Anda dapat mencoba selubung pemakaman, menandatangani peti mati karton milik teman (harus dicatat, sebelum pemakaian), dan berbagi pemikiran tentang transisi akhir kehidupan.

Ide itu telah melahirkan suatu industri kecil “bidan kematian,” atau spesialis yang membantu orang yang sekarat mengatur jam terakhirnya. Henry Fersko-Weiss, seorang pekerja sosial yang terpandang, dengan konsep menciptakan peran “bidan” untuk akhir kehidupan, mengatakan ada kesamaan antara mereka yang membantu dalam kelahiran dan mereka yang membantu orang yang sekarat.

“Ada kesamaan luar biasa antara kelahiran dan mati,” katanya kepada surat kabar. “Ada banyak hal yang tidak diketahui, ada banyak rasa sakit dan kebutuhan akan dukungan bagi orang-orang di sekitar mereka yang sedang mengalami pengalaman tersebut.”

Sulit untuk berdebat dengan logika itu: Mereka yang menghadapi kematian, serta keluarga mereka, membutuhkan bantuan tangan, telinga yang mendengarkan, dan dorongan hati. Ini adalah hal-hal yang sudah lama diberikan oleh gereja Kristen kepada para anggotanya — dan bahkan orang-orang asing. Ibu Teresa dari Calcutta terkenal karena secara khusus dekat dengan mereka yang sedang sekarat sendirian, menawarkan kata-kata dorongan di jam-jam terakhir mereka.

Tetapi bagaimanapun pendidikan, perencanaan, dan konseling akhir kehidupan terjadi, masih ada satu pertanyaan kunci: Apa yang terjadi setelah kematian? Apakah kita segera pergi ke surga? Apakah kita dikirim langsung ke neraka? Apakah kita kembali sebagai burung kolibri atau sebagai sapi? Dan dapatkah saudara kita yang hidup mendengar dari kita setelah kehidupan ini berlalu?

Ada jawaban yang jelas dan dapat diandalkan untuk ditemukan, tetapi bukan dari “bidan kematian.” Sebaliknya, mereka ada di halaman-halaman Alkitab Anda, dan mereka menunggu Anda menemukannya. Video kami yang singkat tetapi mencerahkan akan memberi tahu Anda “Kebenaran Tentang Kematian.” Klik di sini untuk menonton, dan pastikan untuk membaginya dengan seorang teman.

—Ditulis oleh Mark A. Kellner

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *