APAKAH YANG DIMAKSUD RASUL PAULUS DENGAN “DURI DALAM DAGING” ITU?

Renungan Harian
Mari bagikan artikel ini

Banyak pakar Alkitab percaya bahwa penglihatan Paulus bermasalah. Ada sejumlah ayat Alkitab yang mendukung teori ini:

1. Ketika Paulus bertobat, Paulus yang saat itu bernama Saul menjadi buta (Kis.9:8, 9). Kemudian, di ayat 18, dikatakan bahwa selaputnya gugur dari matanya dan dia bisa melihat kembali. Tetapi tidak dikatakan bahwa dia melihat dengan sempurna.

2. Paulus sering meminta orang lain menulis surat untuknya meskipun dia sangat terdidik, berbicara dalam banyak bahasa, dan berpendidikan tinggi. Dia hanya menandatangani surat-surat ini. Suatu kali dia berkata, “Lihatlah, bagaimana besarnya huruf-huruf yang kutulis kepadamu dengan tanganku sendiri!” (Galatia 6:11). Itu tidak berarti dia telah menulis surat yang panjang; itu berarti dia menulis dengan karakter besar, mungkin karena dia tidak bisa melihat.

3. Ketika dia berbicara kepada Sanhedrin dalam Kisah Para Rasul 23, dia mencela Imam Besar (ayat 3). Orang-orang yang berdiri di dekatnya menjawab, “Apakah Anda mengejek Imam Besar Tuhan?” (ayat 4). Paulus menjawab, “Saya tidak tahu, saudara-saudara, bahwa dia adalah Imam Besar” (ayat 5). Dia tidak dapat melihat bahwa yang dia tujukan adalah Imam Besar, dan dia segera meminta maaf atas kesalahannya.

4. Dalam satu surat, Paulus berbicara mengenai kasih jemaat kepadanya dengan mengatakan, “Jika mungkin, kamu telah mencabut matamu sendiri dan memberikannya kepadaku” (Galatia 4:15). Orang pasti tahu dia punya masalah dengan matanya, jadi saya percaya duri dalam daging Paulus adalah penglihatannya yang buruk.

“Duri” Paulus mirip saat Yakub bergumul dengan malaikat; Yakub mengalami pincang selama sisa hidupnya setelah pengalaman itu. Ketika Paulus bertobat, dia untuk sementara menjadi buta, tetapi dia masih memiliki masalah penglihatan selama sisa hidupnya. Itu adalah berkat tersembunyi.

[perfectpullquote align=”full” bordertop=”false” cite=”” link=”” color=”” class=”” size=””]“Dan supaya aku jangan meninggikan diri karena penyataan-penyataan yang luar biasa itu, maka aku diberi suatu duri di dalam dagingku, yaitu seorang utusan Iblis untuk menggocoh aku, supaya aku jangan meninggikan diri. ” 2 Korintus 12: 7[/perfectpullquote]


Mari bagikan artikel ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *