KEBANGUNAN ROHANI YANG DIJANJIKAN

Featured Pendalaman Alkitab
Mari bagikan artikel ini

Oleh Mark A. Finley

Pernahkah Anda bertanya-tanya bagaimana pekerjaan Allah akan diselesaikan di bumi ini? Bagaimanakah mungkin kebenaran tentang Yesus dan Injil kasih karunia-Nya harus diberitakan sampai ke ujung bumi sehingga Yesus dapat segera datang? Dengan jutaan orang yang tidak mengenal Kristus, dan banyak lagi yang belum pernah mendengar nama Yesus, bagaimana mereka akan pernah memiliki kesempatan yang masuk akal untuk menanggapi kasih-Nya dan memahami Firman-Nya? Dalam pelajaran ini kita akan mempelajari bagaimana Allah akan menyelesaikan misi-Nya dalam menyelesaikan pekerjaan-Nya.

  • Janji luar biasa apa yang Alkitab berikan kepada kita tentang pengetahuan yang dimiliki seluruh dunia akan kasih Allah dan pesan hariterakhir-Nya? Merenungkan janji-janji saat Anda membaca Habakuk 2:14; Matius 24:14, dan Wahyu 18:1.

Meskipun mungkin tampak mustahil, Allah akan bekerja dengan kuasa melalui umat-Nya pada hari-hari terakhir sejarah bumi untuk menyelesaikan misi-Nya di bumi. Menurut Rasul Paulus, “Sebab apa yang telah difirmankan-Nya, akan dilakukan Tuhan di atas bumi, sempurna dan segera” (Roma 9:28).

  • Baca Yoel 2:23, 28, 29; Yeremia 5:24; Zakharia 10:1. Simbol apakah yang digunakan para nabi Perjanjian Lama untuk menggambarkan hujan akhir Roh Kudus, untuk memperkuat umat Allah dalam memberitakan Injil sampai ke ujung bumi?

Dalam siklus pertanian Israel “hujan awal” jatuh ke benih yang berkecambah, “hujan akhir” turun mempersiapkan benih tersebut untuk panen. Para nabi kitab suci menggunakan simbol yang sering digunakan yaitu hujan akhir untuk menggambarkan curahan perkasa dari Roh Kudus untuk menyelesaikan pekerjaan Tuhan di bumi.

  • Baca Kisah 2:14-18. Kapan nubuatan Yoel mulai digenapi?

Dalam menggenapi nubuatan Yoel, Roh Kudus dicurahkan pada hari Pentakosta. Tiga ribu orang dibaptis dalam satu hari. Kemudian melalui kuasa Roh Kudus, Injil diberitakan di seluruh Kekaisaran Romawi, dan puluhan ribu orang menjadi Kristen. Kekristenan pada Perjanjian Baru menggerakkan dunia. Pencurahan Roh Kudus dalam kitab Kisah Para Rasul merupakan hujan awal. Benih Injil yang ditanam oleh Yesus berkecambah, gereja Kristen dibentuk. Tetapi pencurahan Roh Kudus pada hujan akhir akan menjadi lebih mulia.

  • Apakah nubuatan Yoel hanya terbatas pada Pentakosta? Baca Yoel 2:28, 29 kembali dan bandingkan dengan Yoel 3:13-16 dan Kis. 2:18-21. Apakah penemuan yang Anda buat?

Bahasa nubuat secara jelas menunjukkan bahwa itu memiliki penggenapan ganda. Ini berlaku baik untuk hari Pentakosta dan hari terakhir. Ini berlaku terutama untuk hanya “sebelum datangnya hari TUHAN yang hebat dan dahsyat itu” (Yoel 2:31).

  • Bagaimana Allah menggambarkan penyelesaian pesan Injil? Simbol apakah yang Dia gunakan dalam Wahyu 14:14-20?

Hujan akhir telah selesai, waktu untuk menuai telah tiba. Setiap orang telah membuat keputusan akhir mereka, keputusan yang tidak dapat dibatalkan untuk selamanya. Tuaian sudah masak.

  • Mengapakah Yesus menunda kedatangan-Nya? Apakah yang Dia tunggu? Baca 2 Petrus 3:9-13.

Tuhan kita menunda kedatangan-Nya dengan kesabaran panjang, kerinduan akan setiap orang di Planet Bumi berbalik dan bertobat dan mengenal tentang kasih-Nya. Pencurahan Roh Kudus dalam hujan akhir akan mempercepat pemberitaan Injil sehingga pekerjaan Tuhan di bumi dapat selesai dengan cepat. Tidakkah seharusnya kita mencari Tuhan dengan segenap hati kita untuk kekuatan hujan akhir? Bukankah ini waktunya untuk berserah penuh kepada-Nya agar digunakan oleh RohNya dalam menyelesaikan pekerjaan-Nya?


Mari bagikan artikel ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *