Tetap menunggu, penurutan

ROH TETAP MENUNGGU

Renungan Harian
Mari bagikan artikel ini

Datangnya Roh Kudus
tetapi Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu. Yohanes 14:26

Roh Kudus selalu menunggu untuk melakukan tugas utama ke atas hati manusia. Mereka yang rindu belajar dapat menempatkan diri dekat dengan Allah, dan janji bahwa Penghibur itu akan mengajarkan mereka segala sesuatu, dan mengingatkan segala sesuatu yang diajarkan Kristus kepada murid-murid-Nya akan digenapi ketika Ia masih ada di dunia. Tetapi jika kita terputus dari Allah, kita tidak lagi dapat menjadi pelajar di sekolah Kristus. Lalu kita tidak lagi merasakan satu beban bagi jiwa-jiwa untuk siapa Kristus telah mati.

Sulit bagi murid-murid Kristus memelihara ajaran-ajaran-Nya berbeda dari tradisi-tradisi dan ungkapan bahasa dari para Rabi, Farisi dan ahli Taurat. Murid-murid yang telah menerima ajaran itu telah dididik untuk menghormati sebagaimana suara Allah yang berkuasa atas pikiran dan membentuk perasaan mereka. Murid-murid tidak menjadi suatu terang yang hidup dan bercahaya kecuali mereka bebas dari pengaruh yang diucapkan dan diperintahkan oleh manusia. Dan perkataan Kristus yang sangat berkesan di hati dan pikiran mereka sebagai suatu kebenaran yang berbeda, merupakan permata yang berharga untuk dihargai, dikasihi dan diterima.

Kehadiran-Nya di atas dunia untuk menghidupkan suatu kehidupan yang suci, lalu mati di atas salib telah meninggalkan kepada jemaat-Nya suatu kekayaan yang sangat berharga yang dipercayakan-Nya kepada mereka. Kepada murid-murid-Nya Ia mengaruniakan kekayaan pengajaran yang sangat bernilai tak bercampur dengan nilai-nilai tradisi serta kesalahan manusia dan ditempatkan di dalam jemaat-Nya. Ia menyatakan diri-Nya sendiri kepada mereka sebagai terang dunia, Matahari Kebenaran. Dan Ia menjanjikan mereka Penghibur, Roh Kudus, yang telah diutus Bapa atas nama-Nya

“Aku tidak akan meninggalkan kamu sebagai yatim piatu, Aku datang kembali kepadamu” (Yoh 14:18). Roh Ilahi yang telah dijanjikan oleh Penebus dunia merupakan hadirat dan kuasa Allah. Ia tidak akan meninggalkan umat-Nya di atas dunia yang rusak tanpa kasih karunia-Nya, dihantam oleh musuh-musuh Allah, serta diganggu oleh tekanan dunia ini; tetapi Ia akan datang kembali kepada mereka.

Kamu Akan Menerima Kuasa, hlm. 35


Mari bagikan artikel ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.