7 Tips Jitu untuk Menghafal Kitab Suci

Blog AFI

Blog_MemorizeScripture2Telah kita bahas tentang mengapa Anda perlu untuk menghafal Kitab Suci-tapi bagaimana dengan metode yang dapat digunakan untuk benar-benar menyimpan Firman Allah dalam hati dan pikiran Anda?

Kami menawarkan tujuh tips jitu untuk Anda mulai!

1. Tuliskanlah …
Membuat jurnal! Ketika Anda menyalin setiap bagian dalam sebuah jurnal atau buku catatan, pertimbangkan setiap kata dengan hati-hati dan penuh doa. Fokus sebanyak yang Anda bisa pada penulisan dan meninggalkan setiap potensi gangguan telepon, komputer, apa pun. Waktu akan berlalu dengan cepat!

2. Mengatakannya keras-keras …
Katakanlah bagian itu keras-keras saat Anda membacanya. Lakukan ini setidaknya 10 kali-dan juga saat Anda menulisnya di jurnal atau buku catatan. Ketika Anda mencoba untuk mengulang Alkitab tanpa bantuan Alkitab Anda, hindari mengintip, memberikan upaya terbaik Anda sebelum melihat lagi. Latih otak Anda dengan membuatnya bekerja!

3. Jangan lakukan semuanya sekaligus …
Yang terbaik adalah menghafal dengan baik beberapa ayat pada suatu waktu daripada menghafal puluhan ayat sekaligus dengan buruk. Kami menyarankan menghafalkan tiga atau hingga empat ayat Alkitab setiap minggu. Melakukan melebihi dari yang mungkin bisa membuat Anda susah menghafalkannya dan Anda bisa berkecil hati. Ini adalah tentang hubungan Anda dengan Tuhan-bukan kontes menghafal dengan orang lain.

4. Membuatnya menjadi pribadi …
Pada awalnya, pilihlah ayat-ayat yang berbicara dalam hidup dan kebutuhan Anda. Memiliki dosa yang tidak bisa Anda atasi? Cari bagian yang berbicara dengan jenis dosa atau bagian tentang bagaimana Allah dapat membantu Anda mengatasi. Khawatir tentang keselamatan Anda? Menemukan bagian-bagian yang meneguhkan Injil. Semakin pribadi itu dalam hidup Anda, semakin kuat memori Anda akan.

5. Tetap pada jadwal …
Sangat penting untuk mengambil rutinitas pada waktu tertentu setiap hari. Bangunkan otak Anda dengan doa dan meminta Roh Kudus untuk membantu Anda. Ketika Anda merasa malas atau lelah atau putus asa, mengingatkan diri Anda dari 5 alasan untuk menghafal Kitab Suci.

6. Bagikan …
Sebanyak yang Anda bisa, bagikan dengan orang lain-tetapi juga dengan diri Anda saat menjalani hari Anda. Buatlah menjadi bagian praktis dalam hidup dan praktekkan pekabaran itu dalam hidup Anda sebanyak yang Anda mampu.

7. Ulangi, Ulangi, Ulangi …
Pengulangan adalah kunci! Ketika Anda berada di ruang tunggu, berkeliling kota, atau melakukan tugas-biasakan menggunakan waktu apa pun yang Anda miliki untuk menghafal Kitab Suci. Dan sementara Anda mungkin telah berhasil menghafal Kitab Suci untuk sementara waktu, Anda harus terus mengulangi kembali dan meninjau kembali ayat-ayat yang sudah Anda hafal. Beberapa ahli menyarankan Anda untuk terus mengulangi ayat-ayat baru setiap hari selama tujuh minggu-dan kemudian sebulan sekali selama tujuh bulan setelah itu.

Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda memiliki metode yang efektif yang Anda gunakan untuk menghafal Alkitab yang belum kami cantumkan? Jangan menyimpannya untuk diri Anda sendiri-bagikanlah kepada kami !

1 thought on “7 Tips Jitu untuk Menghafal Kitab Suci

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *