BAGAIMANA SESEORANG BERJALAN DALAM ROH DAN BUKAN DALAM DAGING? (BAGIAN 1)

Renungan Harian
Mari bagikan artikel ini

Sebagai orang Kristen, kita memiliki dua keinginan yang berperang di dalam diri kita—roh dan daging. “Sebab keinginan daging berlawanan dengan keinginan Roh dan keinginan Roh berlawanan dengan keinginan daging karena keduanya bertentangan sehingga kamu setiap kali tidak melakukan apa yang kamu kehendaki” (Galatia 5:17). Keinginan daging, atau fisik, dipuaskan dengan cara mementingkan diri sendiri. Namun, keinginan roh berusaha untuk menjadi murni, melakukan kehendak Tuhan, dan mematuhi perintah-perintah-Nya. Yang terakhir adalah sifat yang lebih tinggi yang menjadi prioritas kita. Petrus dan penulis Perjanjian Baru lainnya berbicara tentang perang antara roh dan daging ini.

Dalam Roma 8, Paulus mendorong orang Kristen untuk berjalan menurut sifat rohani kita dan bukan keinginan daging kita. Dia menggambarkan pertempuran yang sulit ini dalam Roma 7:14,15 “Sebab kita tahu, bahwa hukum Taurat adalah rohani, tetapi aku bersifat daging, terjual di bawah kuasa dosa. Sebab apa yang aku perbuat, aku tidak tahu. Karena bukan apa yang aku kehendaki yang aku perbuat, tetapi apa yang aku benci, itulah yang aku perbuat.” Ada solusi sederhana, tetapi tidak selalu mudah, ini adalah dilema.

Berikut adalah ilustrasi yang kasar namun efektif. Bayangkan Anda memiliki dua anjing dari jenis yang sama. Anda memberi makan salah satu anjing Anda makanan anjing terbaik, dan Anda memperhatikannya dengan membelai dan merawatnya, mengajaknya jalan-jalan, dan menyediakan baginya banyak air segar dan istirahat. Tetapi anjing lain yang Anda rantai ke sebuah pos, Anda tidak memberikan makanan, air, olahraga, atau perhatian kapan pun. Sekarang bayangkan kalau melepaskan dua anjing ini di area yang sama. Akhirnya, mereka akan berkelahi untuk merebut wilayah tersebut. Siapa yang akan menang? Sangat mudah untuk menebak bahwa anjing yang diberi makan dan berolahraga dengan baik akan menaklukkan hewan yang kelaparan.

Sama halnya dengan pertarungan antara dua keinginan kita. Cara Anda memenangkan pertempuran ditentukan oleh pihak mana yang Anda beri makan. Jika Anda memberi makan roh dengan membaca Firman Tuhan, berdoa, bersekutu, dan membagikan iman Anda, Anda akan memperkuat sifat rohani Anda dan memberi lebih banyak ruang bagi Roh Kudus.

Demikianlah sekarang tidak ada penghukuman bagi mereka yang ada di dalam Kristus Yesus. Roma 8:1.

-Doug Batchelor-


Mari bagikan artikel ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.