CARA AMAN MENGATASI KECANDUAN MAKANAN

Kesehatan
Mari bagikan artikel ini

Makan tak cuma karena lapar. Ada sebagian orang yang tetap makan, meski tidak lapar. Anda mengalaminya? Hati-hati, bisa saja itu kecanduan makanan.

Tak sekadar menghilangkan rasa lapar, sebagian orang menjadikan aktivitas makan sebagai hobi. Dalam kondisi tertentu, bahkan sampai ada yang mengalami kecanduan makan. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

Kecanduan makanan hampir mirip dengan kecanduan obat terlarang. Menurut sebuah penelitian, area otak yang terlibat pada orang yang kecanduan makanan sama seperti pencandu obat-obatan terlarang.

Di dalam otak manusia terdapat semacam sistem “penghargaan”. Sistem ini akan memberikan “penghargaan” kepada diri Anda ketika Anda melakukan hal-hal yang sifatnya baik untuk ketahanan tubuh. Salah satunya, makan.

Saat makan, bagian sistem “penghargaan” itu akan melepas zat kimia yang mendorong rasa senang, salah satunya dopamin. Makanan yang sering menyebabkan kecanduan makan, yaitu makanan manis dan tinggi lemak.

Apa saja gejala kecanduan makan? Contohnya jika seseorang tetap makan meski sudah kenyang, obsesi terus-menerus dalam mencari makanan, sangat senang ketika makan, ngemil terus-menerus, dan lainnya.

Kondisi kecanduan makan tentu harus segera diatasi. Jika tidak, ini akan meningkatkan berat badan hingga memicu datangnya penyakit. Berikut adalah sepuluh cara mengatasi kecanduan makanan:

1. Tuliskan Daftar Makanan yang Membuat Anda Kecanduan

Buatlah daftar makanan yang membuat Anda ingin terus makan lagi dan lagi. Coba ingat makanan apa saja yang Anda pesan hampir setiap hari atau membuat Anda ingin makan dalam jumlah banyak.

Tidak selalu makanan besar saja. Makanan penutup, seperti kue, puding, atau permen, juga bisa membuat seseorang kecanduan makanan.

2. Buat Daftar Tempat Makan Sehat

Makanan yang sering membuat seseorang kecanduan sering kali merupakan makanan yang tidak sehat, seperti keripik gurih.

Untuk itu, cobalah membuat daftar tempat makan sehat di sekitar Anda. Saat lapar dan kalap melanda, Anda pun memiliki alternatif restoran yang lebih sehat.

3. Singkirkan Makanan Tersebut dari Sekitar Anda

Biasanya, seseorang yang kecanduan makanan tertentu sering menyimpan makanan tersebut di rumah, kantor, atau bahkan di dalam tasnya.

Misalnya, orang yang kecanduan cokelat biasanya akan menyimpan persediaan cokelat di dalam tas.

Agar ngemil tidak terus berlanjut, singkirkan makanan tersebut dari sekitar dan jangkauan Anda. Ganti dengan pilihan makanan yang lebih sehat, seperti buah-buahan potong.

4. Buatlah Jadwal Makan Teratur

Untuk mengatasi kecanduan makan, caranya juga bisa dengan membuat jadwal makan teratur. Apalagi seseorang yang kecanduan makanan cenderung menjadikan makanan sebagai “pelampiasan” kala stres.

Untuk itu, cobalah membuat jadwal makan teratur setiap harinya di pagi, siang, dan malam hari. Di saat perut Anda sudah kenyang, keinginan untuk makan lagi dan lagi akan jauh lebih berkurang.

5. Memperbanyak Minum Air Putih Hingga Olahraga

Minum air putih bisa membantu menekan rasa lapar. Ada kalanya tubuh salah menafsirkan perasaan lapar ketika sedang haus, terutama saat di luar jadwal waktu makan.

Bahkan, minum air putih dengan cara yang tepat dipercaya dapat membantu menurunkan berat badan. Selain itu, konsumsi air putih dapat menghindarkan Anda dari dehidrasi.

6. Alihkan ke Kegiatan Lain

Di saat Anda sedang ingin makan, cobalah alihkan dengan kegiatan lain, seperti membaca buku, atau aktivitas apa pun agar pikiran Anda berpaling dari makanan.

Dengan mengalihkan dengan kegiatan lain, jika Anda tidak sedang benar-benar merasa lapar, maka Anda dapat perlahan-lahan melupakannya.

Karena itu, coba terapkan cara ini agar Anda tidak makin kecanduan makanan.

7. Singkirkan Gambar atau Brosur Mengenai Makanan Tersebut

Iklan di media cetak maupun elektronik memang dibuat semenarik mungkin agar orang yang melihat tertarik untuk membeli.

Namun, bagi seseorang yang kecanduan makanan cepat saji, menonton iklan hamburger dan ayam goreng di televisi saja akan membuat ia ingin makan.

Jadi sebisa mungkin, singkirkan gambar, brosur, ataupun iklan yang berkaitan dengan makanan tersebut.

8. Berolahraga Teratur

Olahraga merupakan salah satu cara untuk mengatasi kecanduan makanan. Terlebih dengan berolahraga, tubuh menjadi lebih sehat. Bonusnya, berat badan Anda akan semakin mendekati ideal.

Untuk memulai olahraga secara rutin, mulailah dengan tiga kali dalam seminggu dengan durasi sekitar 30 menit. Durasi maupun frekuensi berolahraga dapat disesuaikan jika Anda sudah mulai terbiasa.

9. Tidur yang Cukup

Orang dengan gangguan tidur cenderung akan mencari makanan di malam hari.

Selain akan memperparah kecanduan makan, kurang tidur membuat Anda berisiko mengalami berbagai masalah kesehatan, baik secara fisik maupun psikis.

Tak hanya itu, kurang tidur juga berpotensi membuat seseorang lebih lapar di siang hari.

10. Cari Bantuan Profesional

Jika cara-cara di atas tak dapat membantu Anda untuk mengatasi kecanduan makanan, Anda bisa berkonsultasi lebih lanjut dengan psikolog atau psikiater.

Terlebih jika kecanduan makanan ini sampai mengganggu aktivitas Anda sehari-hari.


Mari bagikan artikel ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.