Cara makan kita

Cara Makan Kita, Apa Dampaknya?

Berita & Artikel Featured Kesehatan

Tahukah Anda bahwa kesehatan kita bukan hanya dipengaruhi oleh jenis dan kandungan gizi makanan yang kita makan? Tetapi cara makan kita juga punya andil yang besar. Ada banyak penyakit dan keluhan bahkan keuntungan kesehatan yang berkaitan erat dengan cara makan kita.

Tubuh kita dibangun dari makanan yang kita makan. Ada saja senantiasa jaringan-jaringan tubuh yang rusak; setiap gerakan dari tiap organ mencakup pemakaian bahan, dan pemakaian ini dipulihkan dengan makanan kita. Setiap organ tubuh memerlukan bagiannya dari gizi makanan. Otak harus diisi dengan porsinya; tulang, otot, dan urat saraf menuntut bagian mereka. Adalah suatu proses menakjubkan yang mengubah makanan menjadi darah dan menggunakan darah ini untuk membangun berbagai bagian tubuh; tetapi proses ini berlangsung terus, mengisi saraf, otot dan jaringan dengan unsur kehidupan dan kekuatan. 1

Hal yang penting untuk tahu.

Mengetahui cara makan yang tepat adalah suatu hal penting yang harus kita ketahui dan terapkan agar makanan tersebut  dapat memberi dampak yang baik bagi kesehatan kita secara keseluruhan. Bila kita lalai dalam hal cara makanan dapat mengakibatkan beberapa hal seperti: sakit kepala dan sakit perut 2, merusak perut 3, melumpuhkan saraf otak dan melemahkan vitalitasnya 4, pikiran kacau, dan penyakit-penyakit lainnya.

Saluran pencernaan kita diciptakan agar dapat memberi persediaan terus menerus bagi tubuh seperti nutrisi, air dan elektrolit. Dan semuanya itu harus melalui proses penyerapan dalam usus, di bawa oleh darah dan sampai ke tujuan masing-masing.

Cara-cara makan apa saja yang ternyata membawa pengaruh buruk bagi saluran pencernaan kita.
  1. Makan terlalu cepat

Setiap makanan harus disantap dengan perlahan-lahan dan dikunyah dengan pelan. Ini diperlukan agar makanan dapat bercampur dengan air liur dan membantu proses pencernaan lebih mudah. 5

  1. Makan terlalu banyak

Dianjurkan untuk tidak makan terlalu banyak macam makanan dalam satu kali makan, karena hal ini cenderung mendorong untuk makan lebih banyak dan mengakibatkan gangguan pencernaan.6 Selain itu, terlalu banyak makan memiliki pengaruh lebih buruk daripada akibat bekerja terlalu keras. 7

  1. Jarak makan terlalu dekat

Dalam banyak kasus, rasa lemas malahan timbul karena alat pencernaan terlalu dibebani dengan tugas berat. Sehabis makan, alat-alat pencernaan memerlukan istirahat paling sedikit lima sampai enam jam antara waktu makan.8

Jam makan

  1. Makan diantara jam makan

Banyak orang yang makan pada waktu tubuh tidak membutuhkan makanan, pada waktu yang tidak teratur, dan di antara waktu makan, karena mereka tidak mempunyai cukup kemauan untuk menolak kecenderungan itu… ini sangat berbahaya.9

  1. Makan terlalu larut malam

Apabila kita berbaring untuk istirahat, lambung seharusnya sudah selesai bekerja, supaya seperti organ-organ tubuh yang lain lambung itu dapat menikmati istirahat… Bagi mereka, gangguan yang sering terjadi, seringn menjadi awal dari penyakit dan berakhir dengan kematian.10

  1. Makan pada saat lelah
  2. Makan di saat cemas
  3. Makan di saat depresi

Pada waktu makan, buanglah semua kesusahan dan pikiran yang cemas; janganlah makan tergesa-gesa, tetapi makanlah dengan tenang dan senang, dengan hati yang dipenuhi rasa syukur kepada Allah atas segala berkatNya.11

  1. Bumbu-bumbu yang merangsang

Lada, merica, rempah-rempah, mempunyai sifat yang sama yaitu mengganggu perut dan memanaskan darah serta mengotorinya, seperti obat perangsang, pengaruhnya sama dengan minuman keras, menyebabkan ketagihan, menyebabkan tubuh lemah, dapat terjadi peradangan, menimbulkan kegelisahan, melemahkan kuasa moral dan intelek. 12

  1. alkoholPenggunaan alkohol, soda, kopi, coklat dan teh

Akibat dari penggunaan bahan-bahan ini, mungkin di efek pertama memberi perasaan segar. Kemudian saraf-saraf lambung terangsang; ini menyebabkan iritasi pada otak dan pada gilirannya otak terangsang untuk memberi kegiatan yang meningkatkan pada jantung dan tenaga cadangan seketika pada seluruh tubuh. Rasa letih terlupakan; kekuatan tampaknya bertambah. Kecerdasan digerakkan; imajinasi menjadi lebih terang. Setelah hilang pengaruhnya, akibatnya ialah kelesuan dan kelemahan. Ini hanya akan enghabiskan daya hidup.13

  1. Roti yang baru matang

Ukuran roti harus kecil dan dipanggang secara merata agar sedapat mungkin kuman-kuman ragi dimusnahkan. Roti apapun yang masih panas dan baru diangkat sukar dicerna… Roti yang dipanggang ulang adalah salah satu jenis makanan yang paling mudah dicerna dan sangat lezat.14

  1. Cuka

Satu sendok cuka memberhantikan proses pencernaan zat tepung dan menghalangi dicernanya protein. Dan menyebabkan tukak pada lambung.15

  1. Makanan yang digoreng

Penumpukan lemak dapat menghambat pencernaan dan mengentalkan darah.

  1. Makan buah dicampur gula

Gula tidak baik bagi perut, karena menyebabkan fermentasi. Fermentasi dalam perut menggangu otak, dan juga mengganggu perangai. Gula merusak tubuh. Gula memperlambat putaran mesin tubuh,… gula yang digunakan berlebihan lebih merusak daripada makan daging.16

  1. Makan buah dan sayur bersamaan

Tidak baik makan buah-buahan dan sayuran pada waktu bersamaan. Kalau pencernaan lemah maka menyantap keduanya sering engakibatkan kesulitan dan ketidakmampuan untuk menggunakan kemampuan berpikir. Lebih baik makan buah-buahan pada suatu waktu makan dan makan sayuran pada waktu makan yang lain.17

minum saat makan

  1. Minum saat makan

Waktu yang terbaik untuk minum air adalah 30 menit sebelum makan dan 2 jam setelah makan.

  1. Makanan terlalu banyak kuah

Sesungguhnya lebih banyak cairan diminum waktu makan, lebih sukar makanan itu dicerna, karena cairan itu harus diserap terlebih dulu sebelum proses pencernaan dimulai.18

Makanan dan minuman adalah suatu bagian yang istimewa dalam kehidupan setiap mahkluk hidup. Tuhan pun mau agar kita menikmatinya dengan sukacita. Marilah kita menjaga alat-alat cerna kita agar dapat berfungsi dengan semestinya. Jalankan prinsip makan yang benar dan dapatkan kesehatan yang optimal!

Referensi:

(1), (2), (5), (6), (9), (10), (11), (13), (14), (17), Hidup Yang Terbaik, hal. 279, 288, 287, 283, 286, 287, 288, 306, 284, 283

(3), (4), (7), (8), (12), (15), (16), (18) Membina Pola Makan dan Diet, hal. 100, 170, 329, 336, 317, 105

– Klub Sehat Indonesia

1 thought on “Cara Makan Kita, Apa Dampaknya?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *