DIMANAKAH NERAKA SEBENARNYA BERADA?

Renungan Harian
Mari bagikan artikel ini

Ada banyak mitologi dan cerita rakyat di dunia yang menggambarkan neraka. Beberapa orang menggambarkannya sebagai tempat pembakaran kekal yang terletak di suatu tempat di dalam bumi, tempat di mana orang-orang berdosa pergi segera setelah kematian dan terus menerus disiksa. Alkitab tidak mendukung pandangan ini.

 Menurut Kitab Suci, tidak ada satu orang pun yang dihukum di neraka saat ini. “Tuhan tahu menyelamatkan orang-orang saleh dari pencobaan dan tahu menyimpan orang-orang jahat untuk disiksa pada hari penghakiman” (2 Petrus 2: 9). Yesus menjelaskan kapan orang berdosa akan dilemparkan ke dalam api neraka. “Maka seperti lalang itu dikumpulkan dan dibakar dalam api, demikian juga pada akhir zaman. Anak Manusia akan menyuruh malaikat-malaikat-Nya dan mereka akan mengumpulkan segala sesuatu yang menyesatkan dan semua orang yang melakukan kejahatan dari dalam Kerajaan-Nya. Semuanya akan dicampakkan ke dalam dapur api; di sanalah akan terdapat ratapan dan kertakan gigi” (Matius 13: 40–42).

 Api neraka yang menghancurkan orang jahat tidak berasal dari dalam bumi, tetapi dari surga itu sendiri (Wahyu 20: 9). Tuhan adalah api yang menghanguskan semua yang berdosa (Ibrani 12:29).  Orang jahat akan habis terbakar api neraka (Maleakhi 4: 1, 3).

 Malaikat jahat yang dibicarakan dalam 2 Petrus dibuang ke neraka dan dikirim ke dalam rantai kegelapan. Ketika kita membaca bagaimana Setan dan malaikat jahatnya disingkirkan dari surga, Alkitab mengatakan mereka “dilemparkan ke bumi” (Wahyu 12: 9). Ia juga mengatakan, “Celakalah penduduk bumi dan laut! Karena iblis telah turun kepadamu ”(ayat 12).

 Saat ini tidak ada tempat di mana orang mati dilemparkan untuk dibakar. Semua tertidur di kuburan mereka menunggu kebangkitan untuk hidup kekal atau kebangkitan penghukuman (Yohanes 5:29). Setelah penghakiman terakhirlah, orang jahat akan dilemparkan ke dalam lautan api (Wahyu 20:14).

Sebab jikalau Allah tidak menyayangkan malaikat-malaikat yang berbuat dosa tetapi melemparkan mereka ke dalam neraka dan dengan demikian menyerahkannya ke dalam gua-gua yang gelap untuk menyimpan mereka sampai hari penghakiman.

2 Petrus 2:4

-Doug Batchelor-


Mari bagikan artikel ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.