HARUSKAH KITA MENGAKUI DOSA-DOSA KITA KEPADA SAUDARA-SAUDARA KRISTEN KITA UNTUK DIAMPUNI?

Renungan Harian
Mari bagikan artikel ini

Pada prinsipnya, semua dosa melawan Tuhan dan harus diakui hanya kepada-Nya di dalam lemari doa. Perhatikan bahwa bahkan setelah Daud berdosa dengan Batsyeba dan membunuh Uria, dia berdoa, “Terhadap Engkau saja, aku telah berdosa dan melakukan kejahatan ini di hadapan-Mu” (Mazmur 51: 4) KJV.

Ketika Akhan diidentifikasikan oleh Tuhan karena mencuri, dosanya adalah melawan Tuhan dan manusia. Yosua berkata kepadanya, “Anakku, hormatilah Tuhan, Allah Israel, dan mengakulah di hadapan-Nya; katakanlah kepadaku apa yang kauperbuat, jangan sembunyikan kepadaku ”(Yosua 7:19). Karena dosanya secara langsung mempengaruhi orang-orang, atau gereja, dia diperintahkan untuk mengakuinya di depan umum. Tetapi pengakuan itu kepada Tuhan, bukan manusia — karena hanya Tuhan yang dapat mengampuni dosa. “Aku, Akulah Dia yang menghapus dosa pemberontakanmu oleh karena Aku sendiri, dan Aku tidak mengingat-ingat dosamu”(Yesaya 43:25).

Tetapi jika kita menyakiti, menyinggung, atau melecehkan manusia lain, baik Kristen atau kafir, kita harus mengakuinya dan meminta mereka untuk mengampuni kita. “Sebab itu, jika engkau mempersembahkan persembahanmu di atas mezbah dan engkau teringat akan sesuatu yang ada dalam hati saudaramu terhadap engkau, tinggalkanlah persembahanmu di depan mezbah itu dan pergilah berdamai dahulu dengan saudaramu, lalu kembali untuk mempersembahkan persembahanmu itu” (Matius 5:23, 24).

Dosa publik harus diakui secara terbuka; pelanggaran terhadap individu harus ditangani hanya dengan mereka yang terlibat; dosa pribadi harus diakui Tuhan secara pribadi. Pengakuan seperti itu tidak boleh dianggap enteng. Itu harus datang dari hati yang rendah hati. Pengakuan yang benar menjelaskan apa yang telah dilakukan. Tidak ada alasan. Contoh Paulus tentang kejujuran khusus dapat dilihat dalam Kisah Para Rasul 26:10, 11.

Ketika kita benar-benar mengakui dosa kita kepada Tuhan (dan satu sama lain), kita akan mengalami cinta dan damai Tuhan. Kita akan dibersihkan dari ketidakbenaran.

Karena itu hendaklah kamu saling mengaku dosamu dan saling mendoakan, supaya kamu sembuh. Doa orang yang benar, bila dengan yakin didoakan, sangat besar kuasanya. Yakobus 5:16

-Doug Batchelor-


Mari bagikan artikel ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.