KAPAN ALKITAB DITERBITKAN PERTAMA KALI?

Renungan Harian
Mari bagikan artikel ini

Alkitab pertama kali dicetak secara massal pada pertengahan abad ke-15, ketika Johann Gutenberg menemukan bentuk baru dari mesin tipe bergerak (movable) yang akhirnya mengarah kepada produksi buku secara massal. Alkitab Gutenberg diterbitkan di Mainz, Jerman, sekitar tahun 1454 M, dan itu adalah buku besar pertama yang dicetak di Dunia Barat. Sekitar 180 eksemplar dibuat, dan sebagian besar dari 48 eksemplar masih tersisa.

Namun, Alkitab disimpan dan diduplikasi selama berabad-abad sebelum Gutenberg menerbitkannya. Kitab-kitab Perjanjian Lama sudah ada sebelum Yesus lahir, dan baik Dia maupun murid-murid-Nya menyebut mereka “Hukum Taurat dan kitab para nabi” (Lukas 16:16).

Orang-orang Yahudi menjaga Kitab Suci Perjanjian Lama dengan sangat hati-hati sehingga jika seorang juru tulis membuat satu kesalahan saat membuat salinannya, dia harus meniadakan seluruh naskah! Itu adalah pekerjaan seumur hidup untuk memastikan bahwa setiap huruf tepat, dan kutukan diucapkan pada juru tulis yang berani mengubah Firman Tuhan dengan cara apa pun. Pekerjaan yang cermat ini membuahkan hasil. Naskah Gulungan Laut Mati, yang ada sebelum zaman Kristus, hampir persis seperti versi Perjanjian Lama yang kita miliki saat ini.

Setelah Yesus mati, Markus, Matius, Lukas, dan Yohanes menulis Injil mereka dan Paulus menulis suratnya. Bertahun-tahun kemudian, orang-orang saleh mulai mengumpulkan semua tulisan setelah zaman Kristus, yang mereka sebut sebagai Perjanjian Baru. Pada 300 M, semua buku ini telah disusun untuk membentuk Alkitab yang masih kita gunakan sampai sekarang. Bahasa asli Perjanjian Lama adalah bahasa Ibrani dan beberapa bahasa Aram, sedangkan Perjanjian Baru ditulis dalam bahasa Yunani.

Kata Yunani untuk Alkitab (biblia) berarti “kitab,” yang secara akurat menggambarkan kumpulan 66 naskah suci. Tuhan menggerakkan hati orang-orang, yang diilhami oleh Roh Kudus, untuk menuliskan dalam bahasa manusia kebenaran yang diilhamkan ke atas mereka dengan tujuan untuk menyebarkan kabar keselamatan Tuhan kepada orang lain. Hari ini, Alkitab adalah buku terlaris sepanjang masa. Sekitar 100 juta eksemplar dicetak setiap tahun. Alkitab adalah buku yang benar-benar mengubah dunia kita.

[perfectpullquote align=”full” bordertop=”false” cite=”” link=”” color=”” class=”” size=””]Langit dan bumi akan berlalu, tetapi perkataan-Ku tidak akan berlalu. Matius 24:35[/perfectpullquote]


Mari bagikan artikel ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *