ULAR BEKU

Renungan Harian
Mari bagikan artikel ini

FAKTA YANG MENAKJUBKAN: Kita semua tahu bahwa ketika manusia dan mamalia lain membeku, itu mengakibatkan radang dingin atau kematian, tetapi Tuhan telah memberikan beberapa spesies ular dan katak, yang hidup di iklim yang sangat dingin, kemampuan untuk bertahan hidup dalam keadaan beku! Kapasitas ini tidak sepenuhnya dipahami tetapi dicapai dengan dua mekanisme yang memungkinkan. Salah satunya disebut “toleransi pembekuan” di mana tubuh mampu bertahan dari pembekuan dan pembentukan es yang merusak dalam sel jaringan yang diikuti dengan pencairan. Ini sangatlah jarang. Kondisi lain yang lebih umum adalah “penghindaran beku” atau “pendinginan super.” Dalam proses ini, tubuh mengandung zat seperti gliserol yang berfungsi sebagai antibeku alami dan mencegah pembentukan es di sel jaringan.

Misalnya, di dalam danau dan kolam yang membeku, kura-kura berwarna bisa tetap terendam dan tidak bergerak selama tiga bulan, tetapi mereka tidak pernah benar-benar membeku. Masih menjadi misteri bagaimana mereka bisa bertahan dalam keadaan mati suri ini begitu lama tanpa oksigen! Sebaliknya manusia mulai menderita kerusakan saraf yang tidak dapat dipulihkan jika oksigen ke otak terputus selama lebih dari empat menit.

Pembekuan akan membunuh banyak spesies berdarah dingin. Tetapi ada beberapa amfibi dan reptil yang hibernasi di atau dekat permukaan tanah di mana suhu dapat turun secara substansial di bawah titik beku cairan tubuh mereka. Makhluk ini memiliki kemampuan luar biasa untuk menahan pembekuan air di kompartemen tubuh ekstraseluler. Faktanya, di antara beberapa katak, sebanyak 65% dari total air tubuh mereka dapat diubah menjadi es. Dalam keadaan ini, mereka dapat bertahan berhari-hari atau berminggu-minggu dalam kondisi di bawah nol. Ketika musim semi mencair, percikan kehidupan mengaktifkan otot-otot mereka dan mereka tampak hidup kembali seolah-olah dibangkitkan.

Karena Tuhan dapat merancang sel yang bertahan hidup dalam keadaan beku, lebih mudah untuk percaya bahwa Dia dapat memerintahkan molekul tubuh yang mati untuk disusun kembali. Jutaan orang merasa sulit untuk percaya pada kebangkitan. Tetapi jika Anda mengetahui kuasa Tuhan dalam hidup Anda sendiri, jika Anda telah mengalami kuasa penciptaan kembali-Nya di dalam hati Anda, Anda akan diyakinkan bahwa Dia benar-benar Pemberi kehidupan.

[perfectpullquote align=”full” bordertop=”false” cite=”” link=”” color=”” class=”” size=””]Dan ketika dia telah berbicara, dia berteriak dengan suara nyaring, Lazarus, keluarlah.  Dan keluarlah orang yang telah mati itu, tangan dan kakinya diikat dengan kain kafan: dan wajahnya diikat dengan Peluh. Kata Yesus kepada mereka, “Bukalah kain-kain itu dan biarkan ia pergi.” Yohanes 11:43, 44[/perfectpullquote]


Mari bagikan artikel ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *