KECEMASAN DI TENGAH PANDEMI

Belajar Firman
Mari bagikan artikel ini

Oleh: Dr. Efrain Duany Jr.

Suatu pagi, Kematian sedang berjalan menuju sebuah kota dan seorang pria bertanya:

“Apa yang akan kamu lakukan?”

“Saya akan membunuh 100 orang,” jawab Kematian.

“Mengerikan!” kata pria itu.

“Begitulah adanya,” kata Kematian. Itulah yang saya lakukan.

Pria itu bergegas memperingatkan semua orang tentang rencana Kematian.

Saat malam tiba, dia bertemu Kematian lagi.

“Anda mengatakan kepada saya bahwa Anda akan membawa 100 orang bersamamu,” kata pria itu. “Mengapa 1000 orang mati?”

“Aku menepati janjiku,” jawab Kematian. “Saya hanya membunuh 100 orang. Kecemasan membunuh 900 lainnya. “

Pandemi yang kita hadapi saat ini telah menyebabkan beberapa orang mengembangkan keadaan cemas, yang bisa sangat berbahaya bagi kesehatan fisik, spiritual dan emosional mereka.

Kecemasan adalah penyakit mental yang paling umum di Amerika Serikat, mempengaruhi 40 juta orang dewasa, menurut National Institute of Mental Health. Ini setara dengan 18% populasi negara ini. Namun, bagian yang paling menyedihkan dari masalah ini adalah bahwa hanya sepertiga dari mereka yang berjuang melawan kecemasan menerima pengobatan.

Kita mulai mempelajari pengalaman Yesus dengan murid-murid-Nya ketika Dia memberi mereka perintah untuk menyeberang ke pantai seberang dan badai besar muncul (Markus 4: 35-40). Para murid mengira mereka akan binasa dan memanggil Guru mereka, berkata: Guru, tidakkah Engkau khawatir bahwa kami akan binasa? Di sisi lain, kita melihat Yesus yang sedang tidur di tengah badai sementara murid-murid-Nya gelisah karena mereka takut, mereka akan binasa oleh gelombang gelap badai. Kita melihat kelompok yang cemas karena mereka takut binasa dan Yesus yang tenang karena Bapa Surgawi-Nya mengendalikan segalanya.

Apakah memiliki kecemasan itu dosa? Apakah murid-murid Yesus berdosa dengan menjadi cemas di tengah badai? Ini pertanyaan yang sangat kompleks. Mari kita coba mencari tahu dengan bertanya pada diri sendiri apa itu kecemasan.

Kecemasan adalah bagian dari sistem respons alami tubuh manusia terhadap ancaman benar atau salah yang kita alami. Ketika pikiran Anda merasakan bahwa ia dalam bahaya, ia mengirimkan serangkaian sinyal ke tubuh Anda dan akibatnya ada respons terhadap stres itu.

Stres adalah respons terhadap ancaman eksternal saat Anda mengalami krisis; tugas yang harus Anda selesaikan, atau ancaman masa depan yang tidak pasti. Di sisi lain, kecemasan adalah reaksi terhadap stres yang Anda alami. Itu memiliki asal internal. Tingkat kecemasan yang rendah yang dimanifestasikan oleh tubuh biasanya ditemukan di salah satu ujung spektrum dan dapat muncul sebagai tingkat ketakutan yang rendah, ketakutan, sensasi ringan dari tekanan otot, berkeringat, sesak napas, atau bahkan keraguan tentang kemampuan untuk menyelesaikan a tugas. Gejala tingkat kecemasan normal ini tidak mengganggu aktivitas Anda sehari-hari.

Sebaliknya, tingkat kecemasan yang normal ini membantu kita berfungsi lebih efektif karena menghasilkan motivasi dan perhatian yang lebih besar pada stres yang kita alami sebelumnya. Seorang ahli seperti Jennifer Fee menarik perhatian mereka untuk melihat kecemasan sebagai pembawa pesan. Dia mengatakan kecemasan adalah pembawa pesan yang memberi tahu Anda apa yang penting bagi Anda. Cobalah untuk mengkomunikasikan kebutuhan Anda, sehingga Anda dapat memenuhinya dengan benar. Jika Anda membunuh pembawa pesan, Anda tidak akan menerima pesannya.

Jika Anda tidak melihat kecemasan sebagai pembawa pesan, itu bisa mencapai tingkat klinis. Tingkat kecemasan klinis atau destruktif berada di ujung lain spektrum. Ketika mereka meningkatkan level yang cukup tinggi, mereka dengan cepat menurunkan kinerja Anda dan menyebabkan penurunan fisik dan emosional. Gangguan kecemasan ditandai dengan kekhawatiran yang parah dan terus-menerus yang berlebihan terhadap situasi yang dialami. Gejala-gejala ini menyebabkan kesedihan, memengaruhi fungsi harian Anda, dan sering kali terjadi dalam jangka waktu yang signifikan.

Ada garis tipis yang memisahkan tingkat kecemasan destruktif dan konstruktif yang sulit diidentifikasi, sehingga timbullah masalah. Beberapa contoh termasuk: Kecemasan yang merusak melumpuhkan, yang membangun memotivasi; Yang merusak mengurangi kreativitas Anda, yang membangun meningkatkannya; Yang merusak menghasilkan kegelisahan yang gelisah, yang membangun menghasilkan pendekatan yang tenang; Yang satu mencoba untuk mengontrol masa depan dan yang lain mencoba untuk memperbaikinya; Yang satu takut akan yang terburuk, yang lain mengharapkan yang terbaik; Yang satu mengalihkan pikiran dari apa yang penting, dan yang lain mengarahkan pikiran ke apa yang penting.

Tidaklah sulit untuk memahami, bahwa dalam kasus para murid selama badai, mereka memanifestasikan kecemasan yang merusak dengan memiliki kegelisahan yang mencemaskan, berpikir bahwa mereka akan binasa. Di sisi lain, Yesus memperlihatkan kecemasan yang membangun. Adalah baik untuk bertanya pada diri kita sendiri, pesan apa yang ingin disampaikan oleh kegelisahan para murid kepada mereka di tengah badai? Mungkin mereka perlu memahami kebutuhan mereka untuk lebih bergantung pada Yesus dan lebih sedikit pada kekuatan mereka sendiri. Kekhawatiran mereka menunjukkan bahwa meskipun mereka dekat dengan Yesus, mereka tidak mempercayai-Nya untuk menyelesaikan krisis mereka.

Jadi, kita dapat menyimpulkan dengan mengatakan bahwa kecemasan itu sendiri bukanlah dosa karena merupakan reaksi alami terhadap stres. Menjadi cemas menjadi dosa jika tidak lagi bersifat membangun, sebaliknya merusak, dan Anda mulai putus asa menggunakan kesanggupan manusia untuk mengatasi stres Anda. Itulah sebabnya Yesus, dalam Matius 6:25, berkata kepada murid-murid-Nya: “jangan khawatir untuk apa pun.” Sebagai orang Kristen, kita dipanggil untuk tidak hidup dalam keadaan gelisah dan hanya melihat kecemasan sebagai pembawa pesan yang ingin membantu kita melihat apa yang penting dalam hidup kita.

Saya juga harus menjelaskan bahwa banyak orang menderita gangguan kecemasan sebagai produk dari pengalaman traumatis, dan bagi mereka, kecemasan adalah masalah patologis. Dalam kasus ini, mengatakan bahwa orang ini berdosa karena mereka hidup dalam keadaan cemas adalah tidak benar. Bagi orang-orang ini, mencoba mengelola bagian kognitif pikiran mereka bukanlah hal yang sederhana untuk dilakukan dan mereka membutuhkan terapi dan seringkali pengobatan untuk mengatasinya.

Lima tips mengatasi kecemasan di tengah pandemi.

Saya ingin membagikan kepada Anda lima tip untuk mengelola kecemasan Anda di tengah pandemi.

  1. Lihat kecemasan Anda sebagai pembawa pesan, bukan sebagai musuh Anda: Kecemasan Anda adalah reaksi alami Anda terhadap stres. Jangan bunuh pembawa pesan. Saat menghadapi stres dalam hidup, kecemasan adalah pembawa pesan yang memberi tahu Anda apa yang penting bagi Anda. Cobalah untuk mengkomunikasikan kebutuhan Anda agar dapat dipenuhi. Misalnya, mungkin di tengah pandemi, Anda merasa cemas dan pesan yang disampaikan kecemasan Anda adalah bahwa Anda harus semakin mempercayai Tuhan dalam kekuatan Anda. Atau, mungkin sumber kecemasan itu adalah trauma emosional yang belum Anda selesaikan dalam hidup Anda dan Anda harus memperhatikannya.
  2. Kembangkan hubungan dengan Tuhan dan praktikkan pembelajaran Alkitab dan doa secara pribadi. Tuhan memiliki janji untuk setiap situasi stres yang mungkin Anda alami dalam hidup Anda. Dia juga memberi tahu Anda bahwa tidak ada stres yang menimpa Anda yang tidak dapat Anda tanggung. Terhubung dengan Tuhan dan luangkan waktu untuk merenungkan janji-janji-Nya.
  3. Singkirkan pembicaraan batin yang negatif. Apa yang Anda katakan kepada diri Anda sendiri menentukan realitas Anda dan bagaimana Anda akan hidup sebelum kenyataan itu. Selamatkan pikiran Anda dari pikiran beracun, sehingga Anda dapat mengelola kecemasan dengan lebih efektif. Pikiran seperti benih yang kita tabur di taman pikiran. Tetapkan pikiran Anda pada segala sesuatu yang memuliakan Tuhan.
  4. Lakukan latihan relaksasi untuk mengurangi kecemasan Anda. Salah satunya adalah latihan pernapasan diafragma. Anda dapat melakukan antara 5 dan 10 napas dan pernafasan perut, perlahan dan dalam dari diafragma. Tarik napas dalam-dalam melalui hidung dan keluarkan melalui mulut dan fokuslah untuk mengosongkan paru-paru Anda sepenuhnya sebelum mengambil napas lagi. Latihan lain yang bisa Anda lakukan untuk mengelola kecemasan adalah dengan berjalan kaki setidaknya 30-45 menit setiap hari.
  5. Tidur yang cukup. Tetapkan jadwal yang stabil untuk tidur dan bangun. Jika karena suatu alasan (misalnya di akhir pekan) Anda begadang lebih lama dari yang diharapkan, jangan bangun terlambat keesokan harinya. Dengan cara ini, bahkan jika Anda mengantuk pada hari itu, Anda tidak akan mengubah siklus tidur yang biasa digunakan tubuh Anda, dan Anda akan dapat berfungsi normal selama sisa minggu itu.

Hari ini, saya mengundang Anda untuk percaya kepada Tuhan yang berkuasa yang menjaga Anda. Jika Dia mengizinkan Anda melalui pandemi ini, Dia memiliki segalanya di bawah kendali dan krisis ini akan segera berakhir.


Mari bagikan artikel ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.