KEKUATAN SEJATI

Renungan Harian
Mari bagikan artikel ini

Mobil terberat yang pernah ada di kepala seseorang adalah 352 lbs/159 kg. Pada tanggal 24 Mei 1999, John Evans dari Inggris menyeimbangkan mobil ‘Mini’ di kepalanya selama 33 detik. John memiliki tinggi sekitar enam setengah kaki dan beratnya 343 pon pada saat itu. Dia juga memiliki leher 24 inci yang kuat. Triknya berbahaya karena jika dia tersandung, dia tidak akan bisa bergerak cukup cepat untuk mendorong mobil ke samping.

Anda mungkin akan terkejut dengan prestasi kekuatan manusia yang dicoba orang akhir-akhir ini. Tyler Yamauchi memegang rekor dunia untuk durasi bergantung pada cincin palang, 32,84 detik. Berapa banyak push-up yang dilakukan dalam satu jam? Paddy Doyle melakukan 1.940 kali pada 8 November 2007. Zafar Gill dari Pakistan memecahkan rekor yang akan menyakiti telinga Anda. Dia mengangkat beban seberat 160 pon dengan penjepit yang menempel di cuping telinganya!

Alkitab berbicara tentang bagaimana kita menggunakan kekuatan kita. Paulus menulis, “Kita, yang kuat, wajib menanggung kelemahan orang yang tidak kuat dan jangan kita mencari kesenangan kita sendiri” (Roma 15:1). Pada bab sebelumnya, rasul memperkenalkan gagasan ini: “Terimalah orang yang lemah imannya tanpa mempercakapkan pendapatnya” (14:1). Jelas, ada orang Yahudi yang berpindah agama dan memiliki keraguan tentang kebiasaan gereja. Paulus menyebut beberapa dari praktik ini “hal-hal yang meragukan.” Dengan kata lain, ada beberapa hal yang menurut kitab suci harus diikuti (menjalankan Sepuluh Hukum, misalnya), tetapi ada juga yang didasarkan pada tradisi manusia (mencuci tangan sebelum makan).

Jika orang benar-benar berusaha untuk mengikuti Tuhan, orang Kristen yang kuat harus memperhatikan yang lemah. Mereka seharusnya tidak menggunakan kekuatan mereka untuk memukul kepala orang lain. Sikap menghakimi dapat merusak orang Kristen lainnya, terutama mereka yang masih muda dalam iman.

Anda mungkin tergoda untuk memecahkan rekor dunia dengan mengangkat beban dengan cuping telinga Anda? Tetapi jauh lebih baik menggunakan telinga Anda untuk mendengarkan dan memperhatikan orang-orang Kristen lain yang baru dalam iman.

Tetapi jagalah, supaya kebebasanmu ini jangan menjadi batu sandungan bagi mereka yang lemah. 1 Korintus 8:9.

-Doug Batchelor-


Mari bagikan artikel ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.