Merpati Surgawi

MERPATI SURGAWI

Renungan Harian
Datangnya Roh Kudus
Dan Yohanes memberi kesaksian, katanya: “Aku telah melihat Roh turun dari langit seperti merpati, dan Ia tinggal di atas-Nya. Yohanes 1:32

Kristus adalah teladan kita dalam segala hal. Sebagai jawaban untuk doa-Nya kepada Bapa-Nya, langit terbuka, dan Roh itu turun seperti seekor burung merpati dan tinggal di atas-Nya. Roh Kudus Allah akan berhubungan dengan manusia, datang kepada mereka yang dengan sungguh-sungguh mencarinya, sehingga mereka boleh memiliki hikmat untuk melawan Setan dan untuk menang pada waktu pencobaan. Kita akan menang sama seperti Kristus telah menang.

Yesus mengawali misi-Nya kepada orang banyak dengan doa yang sungguh-sungguh, dan teladan-Nya membuktikan bahwa doa sangat penting dalam menuntun suatu kehidupan Kristiani yang sukses. Dia tetap bersekutu dengan Bapa-Nya, dan kehidupan-Nya memberikan kepada kita suatu pola yang sempurna yang harus kita tiru. Dia memahami keuntungan doa, dan pekerjaan-Nya menunjukkan hasil dari persekutuan dengan Allah. Dengan membaca catatan kehidupan-Nya, kita mendapati bahwa semua kesempatan penting. Dia mengasingkan diri ke hutan, atau ke gunung-gunung yang sunyi, dan memanjatkan doa yang sungguh-sungguh dan tekun kepada Allah. Sering kali Dia menggunakan waktu sepanjang malam untuk berdoa tepat sebelum Dia dipanggil untuk melakukan suatu mukjizat. Selama waktu berdoa pada malam hari ini, setalah bekerja sepanjang hari, dengan rasa kasihan Dia membubarkan murid-murid-Nya agar mereka dapat kembali ke rumah untuk beristirahat dan tidur, sementara dengan tangisan dan air mata Dia mencurahkan permohonan-Nya yang sungguh-sungguh kepada Allah demi kepentingan manusia.

Yesus dikuatkan untuk memikul tanggung jawab dan dibentengi dalam menghadapi pencobaan melalui kasih karunia Allah yang Dia peroleh sebagai jawaban doa-Nya. Keberhasilan kita dalam kehidupan Kristiani bergantung pada Allah, dan teladan Kristus membuka jalan di hadapan kita yang melaluinya kita dapat berjalan menuju suatu sumber kekuatan yang tidak pernah gagal, yang dari sumber tersebut, kita dapat memperoleh kasih karunia dan kuasa untuk melawan musuh dan keluar dengan gemilang. Di tepi Sungai Yordan Kristus memanjatkan doa sebagai wakil manusia, dan langit yang terbuka serta suara yang mengesahkannya, memberi kita jaminan bahwa Allah menerima manusia melalui jasa Anak-Nya.

Kamu Akan Menerima Kuasa, hlm. 10

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *