Laksana Angin

TAK KELIHATAN LAKSANA ANGIN

Renungan Harian
Datangnya Roh Kudus
Angin bertiup ke mana ia mau, dan engkau mendengar bunyinya, tetapi engkau tidak tahu dari mana ia datang atau ke mana ia pergi. Demikianlah halnya dengan tiap-tiap orang yang lahir dari Roh. Yohanes 3:8

Angina dapat didengar di antara cabang-cabang pohon, serta desiran dedaunan dan bunga-bunga; namun tak terlihat, dan tidak ada yang tahu dari mana ia datang atau ke mana ia pergi. Demikianlah dengan pekerjaan Roh Kudus di dalam hati. (Roh itu) tidak dapat diterangkan lebih jelas dari pada pergerakan angin. Seseorang mungkin tidak dapat mengatakan dengan jelas kapan atau dimana, atau menyusuri semua keadaan dalam proses pertobatan; tetapi bukan berarti dia tidak bertobat.

Melalui seorang agen yang tidak terlihat laksana angin, Kristus terus bekerja atas hati. Sedikit demi sedikit, mungkin tidak disadari oleh yang menerimanya, Roh itu memberi kesan-kesan yang menarik jiwa tersebut kepada Kristus. Semua ini dapat diterima dengan merenungkan-Nya, dengan membaca Kitab Suci, atau dengan mendengar Firman itu dari orang yang sedang berkhotbah. Dengan segera, bila Roh itu datang dengan seruan langsung, maka jiwa tersebut dengan senang hati menyerahkan diri kepada Yesus. Oleh banyak orang, pertobatan ini disebut pertobatan mendadak; tetapi pertobatan mendadak ini adalah hasil dari bujukan yang lama dari Roh Allah—suatu proses yang sabar dan berkepanjangan. Walau angin itu sendiri tidak terlihat, namun angin menghasilkan pengaruh yang dapat dilihat dan dirasakan. Demikian dengan pekerjaan Roh atas jiwa akan terlihat sendiri dari perbuatan-Nya yang ajaib itu. Bila Roh Allah mengambil alih hati, Dia mengubah kehidupan. Pikiran-pikiran yang berdosa disingkirkan, perbuatan-perbuatan jahat ditinggalkan; kasih, kerendahan hati, dan damai menggantikan amarah, iri hati, dan perselisihan. Sukacita menggantikan kesedihan dan raut wajah memantulkan terang surga. Tidak ada yang melihat tangan yang mengangkat beban itu, atau melihat terang yang turun dari takhta  yang di atas. Berkat datang pada saat jiwa itu oleh iman menyerahkan diri kepada Allah. Sehingga kuasa yang tak terlihat oleh mata manusia itu, menciptakan suatu manusia baru sesuai dengan peta Allah.

Sangat mustahil bagi pikiran yang terbatas untuk memahami pekerjaan penebusan. Misteri yang dimilikinya melebihi pengetahuan manusia; namun dia yang bangkit dari kematian kepada hidup, menyadari bahwa itu adalah suatu kenyataan Ilahi. Awal mula dari penebusan boleh kita ketahui di dunia ini melalui pengalaman pribadi. Hasilnya akan mencapai zaman kekekalan.

Kamu Akan Menerima Kuasa, hlm. 11

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *