pergi sumber terang, merenungkan firman, DIPIMPIN MELALUI KESAKSIAN TERTULIS

PERGI KE SUMBER TERANG

Renungan Harian
Mari bagikan artikel ini

Dipimpin oleh Roh
Bila tersingkap, firman-firman-Mu memberi terang, memberi pengertian kepada orang-orang bodoh. Mzm. 119:130.

Terkadang para cendekiawan yang didukung oleh pendidikan dan budaya, gagal, memahami bagian-bagian tertentu dari Kitab Suci, sedangkan orang-orang lain yang tak berpendidikan, yang pengertiannya tampaknya lemah dan pikirannya tak berdisiplin, akan memahami arti dari ayat-ayat tersebut, menemukan kekuatan dan penghiburan yang dinyatakan orang terdahulu menjadi misteri atau dilewatkan sebagai yang tidak penting. Mengapa demikian? Itu telah dijelaskan kepada saya bahwa golongan terakhir ini tidak bergantung kepada pengertian mereka sendiri. Mereka pergi ke Sumber terang itu, Dia yang telah mengilhamkan Kitab Suci, dan dengan kerendahan hati meminta hikmat dari Allah, dan mereka menerimanya. Masih banyak tambang kebenaran yang belum ditemukan oleh pencari yang sungguh-sungguh.

Kristus menggambarkan kebenaran itu sebagai harta yang terpendam di ladang. Harta itu, tidak terletak di permukaan tanah; kita harus menggalinya Tetapi keberhasilan kita menemukannya tidak banyak tergantung kepada kemampuan intelek kita sebagaimana kepada-kerendahan hati dan iman kita.

Tanpa pimpinan Roh Kudus kita akan terus-menerus salah menafsirkan ayat-ayat Kitab Suci itu. Banyak pembacaan Kitab Suci yang tanpa hasil dan di dalam banyak hal merupakan suatu hal yang benar-benar merugikan. Apabila Firman Allah dibuka tanpa referensi dan tanpa doa; bila pikiran dan kasih sayang tidak dipusatkan kepada Allah atau sesuai dengan kehendak-Nya, pikiran diliputi kebimbangan, dan di dalam mempelajari Alkitab itu, keragu-raguan semakin kuat. Musuh itu, menguasai pikiran, dan dia mengusulkan tafsiran-tafsiran yang tidak benar.

Apabila orang tidak berupaya, dalam kata-kata dan perbuatan, sesuai dengan Allah; maka besar kemungkinan mereka salah di dalam memahami Kitab Suci, dan tidak aman untuk mempercayai keterangan mereka. Apabila kita sungguh-sungguh berupaya untuk melakukan kehendak Allah, Roh Kudus menggunakan ajaran-ajaran dari Firman-Nya dan membuatnya prinsip-prinsip kehidupan, menuliskannya di dalam hati. Dan hanya mereka yang mengikuti terang yang telah diberikan yang dapat berharap untuk menerima penerangan selanjutnya dari Roh itu. – Testimonies, Jld. 5, hlm. 704, 705.

Kamu akan Menerima Kuasa, hlm. 98


Mari bagikan artikel ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *