Saksi bagi yesus

SAKSI-SAKSI BAGI SALIB

Renungan Harian
Mari bagikan artikel ini

Diarahkan oleh Roh
Kamu adalah saksi-saksi dari semuanya ini. Dan Aku akan mengirim kepadamu apa yang dijanjikan Bapa-Ku. Tetapi kamu harus tinggal di dalam kota ini sampai kamu diperlengkapi dengan kekuasaan dari tempat tinggi. Luk. 24:48, 49.

Setelah pencurahan Roh Kudus, murid-murid diperlengkapi dengan senjata Ilahi, keluar sebagai saksi-saksi untuk menceritakan cerita ajaib tentang palungan dan salib. Mereka dianggap hina, tetapi mereka keluar dengan kebenaran. Setelah kematian Tuhan mereka, mereka adalah suatu kawanan yang tak berdaya, kecewa, dan putus asa—seperti domba tanpa gembala tetapi sekarang mereka keluar sebagai saksi bagi kebenaran, tanpa senjata selain Firman dan Roh Allah, untuk mengalahkan segala perlawanan. Juruselamat mereka telah ditolak dan dihukum serta dipaku di salib yang hina itu. Para imam dan pemimpin Yahudi mencemooh Dia, “Orang lain Ia selamatkan tetapi diri-Nya sendiri tidak dapat Ia selamatkan! Ia Raja Israel? Baiklah Ia turun dari salib itu dan kami akan percaya kepada-Nya” (Mat 27:42).

Tetapi salib itu, yang membawa malu dan penderitaan, memberikan pengharapan dan keselamatan kepada dunia ini. Orang-orang percaya itu berkumpul; keputusasaan dan ketidakberdayaan telah meninggalkan mereka. Mereka telah diubahkan dalam tabiat, dan disatukan dalam ikatan kasih Kristiani. Walaupun tanpa kekayaan, walaupun dianggap oleh dunia ini sebagai nelayan tidak berpendidikan mereka dijadikan saksi-saksi bagi Kristus oleh Roh Kudus. Tanpa kehormatan dan pengakuan duniawi, mereka menjadi pahlawan-pahlawan iman. Dari mulut mereka keluar kata-kata yang difasihkan Allah dan kuasa yang menggetarkan dunia.

Kisah pasal tiga, empat, dan lima mencatat kesaksian mereka. Mereka yang telah menolak dan menyalibkan Juruselamat itu mengira akan mendapat murid-murid-Nya tawar hati, kecewa, dan akan menyangkal Tuhannya. Dengan takjub mereka mendengar secara jelas dan berani, kesaksian yang mereka berikan dengan kuasa Roh Kudus. Perkataan dan pekerjaan murid menggambarkan perkataan dan pekerjaan Guru mereka; dan mereka yang mendengar mereka berkata; mereka telah belajar dari Yesus, mereka berbicara seperti Dia. “Dan dengan kuasa yang besar rasul-rasul memberi kesaksian tentang kebangkitan Tuhan Yesus dan mereka semua hidup dalam kasih karunia yang melimpah-limpah” (Kisah 4:33). — Ellen G. White 1888 Materials, hlm. 1543.

Kamu akan Menerima Kuasa, hlm. 160


Mari bagikan artikel ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.