Sebuah Wabah yang Merajalela

Blog AFI
Mari bagikan artikel ini

an-outbreak-of-signs-large (1)Sebuah Wabah demam Zika, yang disebabkan oleh virus dengan nama yang sama, saat ini menyebar di seluruh Amerika Tengah dan Selatan. Beberapa ilmuwan memprediksi bahwa itu akan mencapai Amerika Serikat pada akhir tahun.

Zika menyebar terutama oleh nyamuk Aedes aegypti, yang ditemukan di daerah tropis dan subtropics di Amerika; juga dapat disebarkan oleh nyamuk Aedes alsopictus (“Macan Asia”), yang telah mencapai sejauh bagian utara wilayah Great Lakes di Amerika Utara.

Gejala penyakit ini mirip dengan demam berdarah, tapi kebanyakan dari mereka yang terinfeksi tidak menunjukkan tanda-tanda penyakit. Perhatian terbesar adalah kemungkinan pengaruhnya pada anak-anak yang belum lahir. Mungkin ada hubungan, beberapa ilmuwan percaya, antara virus Zika dengan anak-anak lahir dengan cacat microcephaly-kelahiran yang ditandai dengan ukuran kepala bawah rata-rata.
Meskipun belum dijelaskan sebagai pandemi di seluruh dunia, penyakit menular tertentu memiliki potensi untuk menjadi sebuah momok. Memang, virus pertama kali ditemukan di Uganda pada 1940-an, tetapi sudah menyebar ke Amerika Latin. Hal ini mungkin yang paling penting bahwa musim panas Olimpiade akan diselenggarakan di Rio tahun ini- ketika atlet dan penggemar akan datang berbondong-bondong dari negara-negara di seluruh dunia.

Baru-baru ini, pemerintah federal Brasil mengerahkan 60 persen dari angkatan bersenjata -220.000 tentara – untuk mendidik populasi mereka tentang cara untuk memerangi potensial infeksi. Cara terbaik untuk memerangi ini dan penyakit lain yang ditularkan oleh nyamuk lainnya adalah untuk menghilangkan air tergenang di mana nyamuk berkembang biak dan melindungi diri terhadap gigitan nyamuk.

Salah satu tanda dari akhir prediksi Kristus adalah bahwa akan ada “sampar” (Matius 24: 7). Sebuah Sampar adalah penyakit yang berjangkit atau penyakit menular yang mencapai proporsi epidemi. Tentu kita telah melihat epidemi seperti baru-baru ini terjadi, seperti virus Ebola. Wabah Zika bisa menjadi epidemi global.

Tetapi entah wabah Zika merebak atau menghilang, orang Kristen tidak perlu takut. Sebaliknya, kita harus menanggapi secara bijaksana wabah penyakit itu dengan mengambil tindakan pencegahan yang tepat. Sementara kita tahu epidemi tersebut adalah tanda zaman, kita dapat memperkuat kekebalan kita sendiri terhadap penyakit dengan menghidupkan gaya hidup sehat dan menggunakan metode bijak perawatan penyakit. Pada saat yang sama, kita harus menunjukkan kasih sayang terhadap penderitaan dan melakukan apa yang ada dalam kemampuan kita untuk mendidik orang lain akan hukum perawatan tubuh kita.

Jika Anda ingin belajar lebih mengenai kesehatan dalam Alkitab klik disini (Klik disini).

 


Mari bagikan artikel ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.