SIAPAKAH PEREMPUAN DI WAHYU 12: 1 DAN APA ARTINYA 12 BINTANG DI KEPALANYA?

Renungan Harian
Mari bagikan artikel ini

Dalam bagian ini, Gereja Tuhan dilambangkan sebagai mempelai wanita. Kami menemukan ayat penunjang untuk ini dalam Yeremia 6:2: “Adakah puteri Sion sama seperti padang yang paling disukai.” Rasul Paulus juga mendukung gambaran ini ketika dia menulis, “Sebab aku cemburu kepada kamu dengan cemburu ilahi. Karena aku telah mempertunangkan kamu kepada satu laki-laki untuk membawa kamu sebagai perawan suci kepada Kristus.” (2 Korintus 11: 2). Lihat juga Efesus 5:22, 23 dan Wahyu 19:7, 8.

Pengantin wanita ini disebut-sebut sebagai “berpakaian matahari.” Yesus diwakili oleh matahari di dalam Alkitab. “Tuhan Allah adalah matahari” (Mazmur 84:11). Dan juga, “akan terbit surya kebenaran dengan kesembuhan pada sayapnya” (Maleakhi 4:2). Kebenaran Kristus adalah pakaian yang dibicarakan di seluruh Kitab Suci sebagai pakaian yang dikenakan oleh orang-orang tebusan.

Dia juga berdiri dengan “bulan di bawah kakinya.” Di atas apa gereja berdiri yang memantulkan cahaya matahari? Saya percaya tidak ada yang menunjuk kepada Kristus lebih kuat daripada sistem pengorbanan Yahudi. Yesus berkata bahwa semua Kitab Suci Perjanjian Lama bersaksi tentang Dia (Yohanes 5:39). Semua simbol dan tipe ini menunjuk ke — atau mencerminkan — penebusan agung Yesus di Kalvari.

Akhirnya, angka 12 mewakili gereja dan kepemimpinannya. Dalam Perjanjian Lama, ada 12 bapa bangsa dari 12 suku dan 12 hakim. Yerusalem Baru akan memiliki 12 fondasi dan 12 gerbang ke dalam kota. Angka 12 penting bagi Tuhan. Jadi ketika kita melihat 12 bintang di kepalanya, masuk akal bahwa kepalanya mewakili kepemimpinan — 12 rasul yang memahkotai pekerjaan gereja mula-mula.

[perfectpullquote align=”full” bordertop=”false” cite=”” link=”” color=”” class=”” size=””]Maka tampaklah suatu tanda besar di langit: Seorang perempuan berselubungkan matahari, dengan bulan di bawah kakinya dan sebuah mahkota dari dua belas bintang di atas kepalanya. Wahyu 12:1[/perfectpullquote]

-Doug Batchelor-


Mari bagikan artikel ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *