SUATU TEMPAT TINGGAL BAGIMU

Renungan Harian
Mari bagikan artikel ini

Janganlah gelisah hatimu; Percayalah kepada Allah, percayalah juga kepada-Ku. Di rumah Bapa-Ku banyak tempat tinggal. Jika tidak demikian, tentu Aku mengatakannya kepadamu. Sebab Aku pergi ke situ untuk menyediakan tempat bagimu. Dan apabila Aku telah pergi ke situ dan telah menyediakan tempat bagimu, Aku akan datang kembali dan membawa kamu ke tempat-Ku, supaya di tempat di mana Aku berada, kamu pun berada. Yoh. 14:1-3.

Pada waktu Kristus masih di dalam kubur, murid-murid-Nya teringat kata-kata ini. Mereka mempertimbangkannya, dan menangis sebab mereka tidak bisa memahami artinya. Tak ada iman dan pengharapan yang melegakan murid-murid yang sudah patah hati itu. Mereka hanya bisa mengulangi kata-kata itu, “Aku akan datang kembali dan membawa kamu ke tempat-Ku.”

Tempat tinggal disediakan bagi mereka yang menundukkan dirinya kepada penurutan kepada hukum Ilahi. Dan supaya keluarga manusia tidak mempunyai maaf atau alasan oleh karena pencobaan Setan, Kristus menjadi salah seorang dari manusia itu. Satu-satunya Makhluk yang satu dengan Allah menghidupkan hukum itu dalam kemanusiaan, turun ke kehidupan yang rendah sebagai pekerja biasa, yang bekerja keras di tempat kerja tukang kayu dengan bapa duniawi-Nya. Ia menghidupkan kehidupan yang dituntut Allah dari semua yang mengatakan dirinya anak-anak-Nya. Demikianlah Ia mematahkan argumen kuat Setan yang mengatakan bahwa Allah menuntut dari manusia suatu pengorbanan diri dan kepatuhan yang Ia Sendiri tidak bisa lakukan atau berikan.

Yesus tidak menuntut manusia lebih dari mengikuti jejak-Nya. Ia adalah Raja surga, Raja kemuliaan, tetapi demi kita Ia menjadi miskin sehingga kita, melalui kemiskinan-Nya, menjadi kaya. Kata-kata terakhir—Nya kepada kita hampir demikian, “Janganlah gelisah hatimu; percayalah kepada Allah, percayalah juga kepada-Ku.” Di tempat berdukacita, di mana hatimu gelisah, kamu harus bersukacita. Aku datang ke dunia ini demi kamu. Waktu-Ku di sini sudah sampai. Aku akan kembali ke surga. Demi kamu Aku telah menjadi pekerja yang giat di dunia ini. Aku akan terlibat dalam pekerjaan yang lebih penting demi kamu. Aku datang ke dunia ini untuk menebus kamu. Aku pergi untuk menyediakan tempat tinggal bagi kamu di Kerajaan Bapa-Ku.

Betapa kata-kata ini menghiburkan kita! Pikirkanlah pekerjaan yang sedang dilakukan Kristus di surga — menyediakan tempat tinggal bagi anak-anak-Nya. Ia mau agar kita menyediakan diri kita untuk tinggal di tempat tinggal itu.


 

Inilah Hidup Yang Kekal Hal.362


Mari bagikan artikel ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.