TEMBOK HADRIAN

Renungan Harian
Mari bagikan artikel ini

Sekitar tahun 122 M Kaisar Romawi Hadrian memerintahkan pembangunan tembok di Inggris utara, yang saat itu merupakan bagian dari Kekaisaran Romawi, untuk mencegah pasukan Kaledonia Skotlandia yang tak terkalahkan. Dibangun dari batu dan rumput dan memanjang sekitar 117 kilometer (73 mil), tembok itu menghubungkan serangkaian benteng dan menara pengawas. Bangsa Romawi membangun kembali Tembok Hadrian beberapa kali sepanjang tahun 200-an dan 300-an dan menggunakannya sebagai benteng sampai sekitar tahun 400-an.

Tembok itu memanjang dari Solway Firth ke muara Sungai Tyne dan tingginya sekitar 6 meter (20 kaki) dengan lebar sekitar 2,4 meter (8 kaki). Sebuah jalan militer membentang di sepanjang sisi selatan tembok, dan serangkaian benteng yang dijaga ketat dan pos jaga dibangun di sepanjang jalan itu. Tembok itu juga menandai perbatasan yurisdiksi sipil Romawi.

Beberapa bagian Tembok Hadrian tetap berdiri di Inggris Raya saat ini, terutama pada bagian tengahnya. Anda benar-benar dapat mengikuti jalan setapak atau mengendarai sepeda Anda di sepanjang dinding. Ini adalah daya tarik paling populer bagi wisatawan di Inggris Utara. Sebuah organisasi pemerintah yang mengelola situs-situs bersejarah di Inggris menyebut Tembok Hadrianus sebagai ”monumen terpenting yang dibangun oleh bangsa Romawi di Inggris”. Pada tanggal 13 Maret 2010, rute tembok diterangi oleh 500 suar gas dan obor pada setiap interval sepanjang 250 meter. Lebih dari 1.000 sukarelawan membantu perayaan peringatan 1.600 tahun berakhirnya kekuasaan Romawi di Inggris.

Alkitab memberi tahu kita tentang tembok terkenal lainnya yang dibangun untuk mengusir musuh. Ketika Babel menjarah Yerusalem, tentara merobohkan tembok dan membakar gerbang kota. Bertahun-tahun kemudian Nehemia mendengar laporan tentang kondisi Yerusalem yang tidak hanya membuatnya sedih, tetapi juga memotivasinya untuk melakukan sesuatu. Dia adalah juru minuman Raja Artahsasta dan, setelah banyak berdoa, kesempatan terbuka bagi Nehemia untuk meminta bantuan untuk memulihkan tembok kota tercinta ini. Dengan rahmat Tuhan, rekonstruksi selesai hanya dalam 52 hari!

Tuhan ingin melindungi Anda dari iblis. Seperti tembok yang runtuh, hati kita perlu diperbaiki. Tuhan ingin membangun hidup Anda sehingga Anda tahan terhadap serangan musuh, yakni Setan. Sama seperti Tembok Hadrian yang terbentang dari pantai ke pantai, Tuhan ingin melindungi Anda sepenuhnya melalui pemeliharaan-Nya.

Kata mereka kepadaku: “Orang-orang yang masih tinggal di daerah sana, yang terhindar dari penawanan, ada dalam kesukaran besar dan dalam keadaan tercela. Tembok Yerusalem telah terbongkar dan pintu-pintu gerbangnya telah terbakar.” Nehemia 1:3.

-Doug Batchelor-


Mari bagikan artikel ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.