renungan

TUBUH HARUS MENJADI HAMBA PIKIRAN

Renungan Harian

Pikiran Sehat Terdapat dalam Tubuh yang Sahat

Sebab Allah memberikan kepada kita bukan roh ketakutan, melainkan roh yang mernbangkitkan kekuatan, kasih dan ketertiban. 2 Tim 1:7

Setiap alat tubuh dijadikan menjadi hamba pikiran.

Otak adalah pusat tubuh, tempat kedudukan semua kekuatan saraf dan pikiran. Saraf-saraf yang berasal dari otak mengendalikan tubuh. Oieh saraf-saraf otak itu, kesan-kesan pikiran dibawa ke seluruh saraf tubuh sebagaimana dengan kawat-kawat telegraf, dan saraf itu mengendalikan aksi hayati dari setiap bagian janngan. Semua alat yang bergerak diperintahkan oleh hubungan yang diterima dari otak.

Saraf-saraf otak yang berhubungan dengan seluruh jaringan tubuh adalah satu-satunya pengantara yang dengannya Sorga dapat berhubungan dengan manusia dan mempengaruhi isi batinnya. Apa saja yang mengganggu peredaran arus Iistrik dalam susunan saraf mengurangi kekuatan tenaga hayati, dan akibatnya mematikan kepekaan pikiran.

Sesuatu bagian tubuh yang tidak diobati dengan baik akan menelgram bagian yang luka itu kepada otak.

Bukan saja menjadi hak, melainkan kewajiban yang suci dari semua orang untuk mengerti hukum-hukum yang telah ditetapkan Allah dalam wujud mereka. . . Dan sementara mereka lebih sempurna mengerti tentang tubuh manusia . . . mereka akan berusaha membawa tubuh mereka takluk pada kesanggupan-kesanggupan pikiran yang agung. Tubuh itu akan dipandang oleh mereka sebagai satu bangunan yang ajaib, dibangun oleh Perancang yang Tak Terhingga itu, dan mereka diberi tanggung jawab memelihara kecapi yang bertali ribuan itu dalam gerak yang selaras.

Untuk menjadikan kehidupan Kristen yang berhasil, perkembangan pikiran yang sehat dalam tubuh yang sehat adalah yang terpenting.

Keselarasan gerak kesehatan dari semua daya tubuh dan pikiran mendatangkan kebahagiaan; bilamana daya itu semakin ditinggikan dan dimurnikan, maka semakin jernih dan murnilah kebahagiaan itu.

Hidupku Kini, hal. 150

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *