TUNJUKKAN OTOTMU

Renungan Harian
Mari bagikan artikel ini

Eugen Sandow, seorang pria Prusia yang lahir pada tahun 1867, dikenal sebagai “bapak binaraga modern”. Selain menunjukkan kekuatannya dengan barbel, Sandow adalah salah satu dari orang pertama yang melatih dan membesarkan ototnya dengan proporsi yang tepat. Dia sangat mengagumi patung Yunani dan Romawi kuno. Ketika dia mengunjungi museum yang berisi patung-patung ini, dia akan mengukurnya dengan cermat. Dia kemudian menggunakan sosok-sosok ini untuk membangun fisiknya dengan proporsi yang sama, yang dia anggap sebagai “obsesi Yunani.” Akhirnya, lebih banyak orang menjadi tertarik pada binaraga, dan Sandow kemudian memulai pelatihannya sendiri dan membagikan pengetahuannya tentang cara mengembangkan otot. Dia berjasa memulaikan dan mempopulerkan kegemaran akan kebugaran yang berlanjut hingga hari ini.

Kekuatan dan otot Sandow hanya moderat dibandingkan dengan binaragawan modern. Ambil contoh, Isaac Nesser, yang memegang rekor otot dada dan lengan terbesar yang didapat secara alami. Dadanya berukuran 74 inci dan lengannya membengkak dengan lingkar 29 inci. Dia melakukan bench press seberat 820 pound dan lekukan barbel hingga seberat 315 pon.

Ini mengesankan, tapi ini hanyalah prestasi kecil dibandingkan dengan apa yang dilakukan Samson. Menurut Alkitab, dia adalah orang terkuat yang pernah hidup, dan dia membunuh ribuan musuh bangsanya. Ketika dia diikat dengan tali baru, dia melepaskan diri begitu saja. Di lain waktu dia mengambil gerbang kota dan membawanya ke puncak bukit. Dia bahkan membunuh singa dengan tangan kosong! Berapa banyak orang yang Anda kenal yang bisa melakukan itu? Dapatkah Anda membayangkan ukuran otot Simson? Namun, dalam hal otot spiritual, untuk sebagian besar hidupnya, Simson adalah seorang pengecut sejati, pengejar wanita kafir dan membuat pilihan moral yang berujung pada bencana.

Kitab Suci memberi tahu kita bahwa Tuhanlah yang memberi kita kekuatan, baik fisik maupun spiritual. “Tuhan akan memberi kekuatan kepada umat-Nya…” (Mazmur 29:11). “Tuhan adalah kekuatanku dan perisaiku…” (Mazmur 28:7). “Tuhanlah yang mempersenjatai aku dengan kekuatan…” (Mazmur 18:32).

Tuhan memperkuat otot spiritual kita melalui doa dan studi Alkitab yang teratur, dengan mempercayai janji-janji-Nya dan berbagi kebaikan-Nya dengan orang lain. Dan seperti Sandow dengan patung-patungnya, kita memiliki “obsesi” untuk menjadi sama dengan Yesus — dan Dia akan memberdayakan kita untuk menjadi seperti Dia.

Dia memberi kekuatan kepada yang lelah dan menambah semangat kepada yang tiada berdaya.

Yesaya 40:29

-Doug Batchelor-


Mari bagikan artikel ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.