Mr. UNFORGETTABLE

Renungan Harian
Mari bagikan artikel ini

Ketika Kim Peek lahir pada tahun 1951, orang tuanya tahu bahwa dia berbeda. Dia memiliki kepala yang lebih besar dari ukuran normal, dan tes mengungkapkan bahwa belahan otak kiri dan kanannya tidak terpisah seperti kebanyakan orang, membentuk satu area “penyimpanan data” yang hebat. Keterampilan motorik dan perkembangan fisik Kim terbukti lambat, dan dia tidak berjalan sampai usia empat tahun. Tetapi sejak awal orang tuanya memperhatikan kemampuan luar biasa lainnya. Pada 20 bulan, Kim bisa menghafal setiap buku yang dibacakan untuknya. Pada usia tiga tahun Kim sudah membaca kamus. Sejak saat itu hingga kematiannya pada tahun 2009, Kim telah membaca dan dengan mengingat dengan terang lebih dari 12.000 buku!

Peek disebut sebagai “mega-savant” karena memori fotografinya membuatnya menjadi seorang jenius virtual dalam sekitar 15 subjek yang berbeda. Dikenal sebagai “Kimputer” bagi banyak orang, pengetahuannya yang luas meliputi: sejarah dunia dan Amerika, raja raja Inggris, sejarah Alkitab, geografi (ia mengenal semua jalan utama dan jalan raya di AS dan Kanada), data statistik olahraga profesional (untuk bisbol, bola basket , sepak bola, pemenang Kentucky Derby, dll.), sejarah program luar angkasa, film dan tema musik, karya lengkap Shakespeare, kode area telepon, kode pos utama, dan semua stasiun TV dan areal siarannya. Dia dapat mengidentifikasi sebagian besar komposisi musik klasik dan memberi tahu tanggal musik itu ditulis serta tanggal, tempat lahir dan kematian komposernya. Dia sangat menikmati perhitungan kalender. Jika Anda memberi tahu dia tanggal lahir Anda, dia akan memberi tahu Anda hari apa dalam seminggu Anda dilahirkan dan hari apa dalam seminggu ketika Anda berusia 65 tahun sampai Anda pensiun.

Kim mengalami kesulitan dengan aktivitas sederhana seperti berpakaian dan mencukur kumis dan janggut sendiri atau menemukan peralatan makan di laci rumah. Namun, ingatan ensiklopedisnya yang menjadi inspirasi untuk film pemenang Oscar 1988, Rain Man, yang diperankan oleh Dustin Hoffman. Di kemudian hari, ketika pulang ke Utah, Kim menghabiskan sore hari di perpustakaan Umum Salt Lake City melahap buku buku yg ada bahkan menghafal buku telepon. Dia hanya membutuhkan waktu sekitar delapan detik untuk membaca rata-rata halaman dan dia membaca dua halaman sekaligus — satu dengan mata kirinya, yang lain dengan mata kanan.

Jika Anda memiliki memori fotografis, apa yang ingin Anda ingat? Raja Daud memberikan jawaban yang sempurna dalam teks Alkitab hari ini. Apa yang lebih penting daripada mengingat semua hukum Tuhan? Daud juga menulis: “Dalam hatiku aku menyimpan janji-Mu, supaya aku jangan berdosa terhadap Engkau.” (Mazmur 119: 11).

Untuk selama-lamanya aku tidak melupakan titah-titah-Mu,
sebab dengan itu Engkau menghidupkan aku.

Mazmur 119:93

-Doug Batchelor-


Mari bagikan artikel ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.