APA TIPS UNTUK MENGATASI COBAAN?

Renungan Harian
Mari bagikan artikel ini

Ada banyak saran dalam Alkitab untuk menghadapi godaan, tetapi tips terpenting adalah: Lari!  Beberapa rekor kecepatan dipecahkan ketika orang lari dari godaan. Mereka sering merangkak menjauh dengan berharap godaan bisa menyusul mereka. Terkadang godaan datang melalui pintu yang sengaja kita biarkan terbuka.

Misalkan Anda secara tidak sengaja menumpahkan minyak tanah ke seluruh pakaian Anda dan seseorang di dekatmu menyalakan korek api.  Ke mana kamu akan pergi? Anda pasti akan pergi sejauh yang Anda bisa dan secepat mungkin! Itu harus menjadi sikap seorang Kristen terhadap pencobaan. Paulus berkata, “Jauhi amoralitas seksual” dan “larilah dari penyembahan berhala” (1 Korintus 6:18; 10:14). Jadi, menjauhlah dari dosa, dan jangan tinggalkan alamat untuk dilacak.

Jangan lewatkan ini: Ketika Anda lari dari pencobaan, Anda mendekat kepada Tuhan. “Mendekatlah kepada Allah dan Dia akan mendekat kepadamu” (Yakobus 4:8). Ketika Anda dicobai, jangan terlibat atau bercanda dengan iblis, karena dia adalah penguasa rasionalisasi — begitulah cara Hawa jatuh!

Hati saya hancur ketika orang Kristen mencoba untuk membenarkan dosa mereka. Tidak ada batasan argumen yang bisa diberikan iblis kepada Anda. Segera setelah Anda tahu ada sesuatu yang salah, larilah!  Orang yang paling berani lari dari godaan;  orang bodoh menghampirinya.

Alasan yg paling berharga untuk mengatasi godaan apa pun haruslah karena Anda mencintai Tuhan.  Anda tahu bahwa dosa menyakiti Tuhan, dan ketika dicobai Anda perlu mengatakan dengan lantang, “Saya tidak dapat melakukan itu karena saya mengasihi Tuhan.” Semakin Anda mencintai Yesus, semakin sedikit daya tarik iblis akan mempengaruhi Anda.

Kita semua dicobai, tetapi Tuhan telah berjanji bahwa kita dapat menang melalui “janji yang sangat besar dan berharga” yang terdapat di dalam Alkitab. Yesus akan mengajari kita cara mengatasinya.  Iblis tidak dapat membuat Yesus berdosa, juga tidak dapat membuat kita berdosa. “Tetapi puji Tuhan, yang memberi kita kemenangan melalui Tuhan kita Yesus Kristus” (1 Korintus 15:57).  Mintalah Dia untuk memberi kuasa dan dan sukacita untuk menyelami halaman-halaman Firman-Nya!

Kalau orang bijak melihat malapetaka, bersembunyilah ia, tetapi orang yang tak berpengalaman berjalan terus, lalu kena celaka.

Amsal 22:3

-Doug Batchelor-


Mari bagikan artikel ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.