APAKAH ALKITAB MEMBERIKAN CARA UNTUK MENGUBURKAN ORANG MATI? APAKAH KREMASI DIBOLEHKAN?

Renungan Harian
Mari bagikan artikel ini

Tampaknya tidak ada mandat Alkitab tentang cara menguburkan orang mati. Kebanyakan contoh dalam Alkitab berbicara tentang orang yang meninggal sebagai dikuburkan atau dimasukkan ke dalam gua atau kuburan. Kami memiliki beberapa contoh dalam Alkitab tentang orang-orang yang dikremasi dan yang akan berada di kerajaan Allah.

Ketika Yonatan, putra Raja Saul, terbunuh dalam pertempuran, tubuhnya dimutilasi dan digantung di dinding musuh. Tubuhnya kemudian ditemukan oleh tentara dan dikremasi karena telah dinodai oleh orang Filistin. Daud memberkati mereka karena merawat tubuh Yonatan dengan cara ini.

Alkitab berbicara tentang kita kembali sebagai “abu” atau debu ke tanah. Meskipun ini bukan topik yang menyenangkan, kita tahu bahwa ketika seseorang meninggal, tubuhnya membusuk dan kembali menjadi tanah. Itu bisa terjadi secara perlahan, atau bisa juga terjadi dengan cepat, seperti dikremasi. Intinya adalah, kecuali Yesus datang, kita semua akan mati dan akhirnya berubah menjadi debu dan tanah.

Ada yang khawatir jika dikremasi atau dikuburkan di laut akan menyulitkan Tuhan untuk membangkitkan mereka. Tetapi Tuhan tidak menggunakan “materi lama” untuk menciptakan kembali kita. “Lihatlah, Aku menjadikan segala sesuatu baru!” (Wahyu 21:5). Tuhan akan mengambil hakikat diri kita dan menempatkannya dalam tubuh baru yang dimuliakan.

Sekarang mari kita alihkan perhatian kita pada janji mulia kebangkitan. Sesungguhnya aku menyatakan kepadamu suatu rahasia: kita tidak akan mati semuanya, tetapi kita semuanya akan diubah, dalam sekejap mata, pada waktu bunyi nafiri yang terakhir. Sebab nafiri akan berbunyi dan orang-orang mati akan dibangkitkan dalam keadaan yang tidak dapat binasa dan kita semua akan diubah”(1 Korintus 15:51, 52).

[perfectpullquote align=”full” bordertop=”false” cite=”” link=”” color=”” class=”” size=””]Ketika penduduk Yabesh-Gilead mendengar tentang apa yang telah dilakukan orang Filistin kepada Saul, 12maka bersiaplah segenap orang gagah perkasa, mereka berjalan terus semalam-malaman, lalu mengambil mayat Saul dan mayat anak-anaknya dari tembok kota Bet-Sean. Kemudian pulanglah mereka ke Yabesh dan membakar mayat-mayat itu di sana. 1 Samuel 31:11-12[/perfectpullquote]

-Doug Batchelor-


Mari bagikan artikel ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *