APAKAH ALKITAB MENGAJARKAN ADA LEBIH DARI SATU ANTIKRISTUS?

Featured Renungan Harian
Mari bagikan artikel ini

Kata “antikristus” berasal dari dua kata: “anti,” yang berarti “melawan” atau “menggantikan,” dan “Kristus,” yang berarti “yang diurapi,” mengacu pada Kristus. Siapapun yang mencoba untuk menggantikan Yesus adalah antikristus. Orang pertama yang berjuang untuk mencapai tujuan ini, tentu saja, adalah Setan. Salah satu metode utamanya adalah penipuan; dia berpura-pura bahwa dia adalah Kristus.

Rasul Yohanes memberi tahu kita dalam ayat ini bahwa Antikristus (dengan huruf kapital “A”) akan datang. Dengan kata lain, itu masih di masa depan pada zaman Yohanes. Kemudian dia menambahkan bahwa banyak antikristus (dengan “a” kecil) telah datang. Dia kemudian berkata, “Siapakah pendusta itu? Bukankah dia yang menyangkal bahwa Yesus adalah Kristus? Dia adalah antikristus, yaitu dia yang menyangkal baik Bapa maupun Anak” (1 Yohanes 2:22). Guru-guru palsu pada zaman Yohanes menentang Kristus dan, oleh karena itu, adalah lambang antikristus.

Tetapi Alkitab mengajarkan bahwa ada kekuatan Antikristus tertentu yang akan bangkit di hari-hari terakhir. Kekuatan ini juga diprediksi oleh rasul Paulus. “Janganlah kamu memberi dirimu disesatkan orang dengan cara yang bagaimanapun juga! Sebab sebelum Hari itu haruslah datang dahulu murtad dan haruslah dinyatakan dahulu manusia durhaka, yang harus binasa, yaitu lawan yang meninggikan diri di atas segala yang disebut atau yang disembah sebagai Allah. Bahkan ia duduk di Bait Allah dan mau menyatakan diri sebagai Allah ”(2 Tesalonika 2: 3, 4).

Ada banyak poin pengenal lain tentang kuasa zaman akhir ini yang dibicarakan di seluruh Kitab Suci. Antikristus akan bekerja dengan sistem agama dan politik (Wahyu 13: 4), berusaha untuk menghancurkan umat Allah (ayat 15-17), dan mengubah hukum Allah (Daniel 7:25). Kuasa itu akan mencoba untuk menggantikan pekerjaan imamat Kristus (8:11) dan bahkan akan melakukan mukjizat untuk menipu (Wahyu 13:13). Sejarah terkini hanya mengungkapkan satu entitas yang secara khusus memenuhi semua karakteristik Antikristus ini.

[perfectpullquote align=”full” bordertop=”false” cite=”” link=”” color=”” class=”” size=””]Anak-anak-ku, waktu ini adalah waktu yang terakhir, dan seperti yang telah kamu dengar, seorang antikristus akan datang, sekarang telah bangkit antikristus. Itulah tandanya, bahwa waktu ini benar-benar adalah waktu yang terakhir. 1 Yohanes 2:18[/perfectpullquote]


Mari bagikan artikel ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *