APAKAH BAPTISAN PRIBADI, YANG BUKAN DILAKUKAN OLEH PENDETA, ALKITABIAH?

Renungan Harian
Mari bagikan artikel ini

Orang-orang yang membaptis pada zaman Alkitab adalah orang-orang yang ditugaskan oleh Allah dan diberi wewenang: para nabi, Yohanes Pembaptis, dan para rasul, misalnya. Alkitab tampaknya menetapkan ini sebagai preseden.

Kisah Para Rasul 6:3 mengatakan bahwa ketika para rasul mendirikan jabatan diaken, mereka memilih tujuh orang yang “berreputasi baik” dan “penuh dengan Roh Kudus dan hikmat.” Kemudian, untuk meresmikannya, orang-orang ini menghadap para rasul, yang berdoa dan menumpangkan tangan ke atas mereka (ayat 6). Ketika Filipus membaptis sida-sida Etiopia (Kisah Para Rasul 8:26-39), kita tidak tahu apakah dia masih seorang diaken atau apakah dia telah “dipromosikan.” Namun, kita tahu bahwa tidak ada catatan dalam Alkitab tentang murid-murid yang saling membaptis.

Biarkan saya memberi tahu Anda mengapa saya berpikir demikian. Saya seorang pendeta, dan jika semua anggota gereja saya percaya bahwa mereka dapat pergi keluar dan membaptis siapa pun yang mereka rasa dituntun untuk membaptis, tanpa proses pembersihan apa pun, mereka dapat membawa orang-orang ke dalam gereja yang belum benar-benar diajar. Yesus berkata, “Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus. Dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman.” (Matius 28:19, 20, penekanan saya).

Saya tidak akan menjadi dogmatis dan mengatakan bahwa Tuhan tidak akan menghormati baptisan pribadi di mana tidak ada pendeta yang hadir. Ada orang Kristen di negara komunis yang menerima Yesus dan kemudian saling membaptis. Tapi mereka beroperasi dalam keadaan ekstrim. Sejauh mungkin, baptisan harus menjadi pernyataan publik tentang keputusan kita untuk mengikuti Kristus.

Jika Anda memiliki gereja yang mengajarkan Alkitab di komunitas Anda yang mengajarkan dan mempraktekkan baptisan selam, mengapa Anda tidak ingin berpartisipasi dalam baptisan umum dan mengundang pendeta Anda?

Karena itu, saudara-saudara, pilihlah tujuh orang dari antaramu, yang terkenal baik, dan yang penuh Roh dan hikmat, supaya kami mengangkat mereka untuk tugas itu. Kisah Para Rasul 6:3.

-Doug Batchelor-


Mari bagikan artikel ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.