APAKAH ORANG YANG BUKAN KRISTEN, YANG MEMILIKI KEHIDUPAN YANG BAIK, MENERIMA HUKUMAN YANG LEBIH RINGAN ATAU MUNGKIN DISELAMATKAN?

Renungan Harian
Mari bagikan artikel ini

Alkitab dengan jelas mengatakan bahwa setiap orang diberi upah sesuai dengan apa yang telah mereka lakukan: “Sesungguhnya Aku datang segera dan Aku membawa upah-Ku untuk membalaskan kepada setiap orang menurut perbuatannya.” (Wahyu 22:12). Yesus juga tampaknya menyarankan bahwa akan ada berbagai tingkat hukuman bagi orang jahat. Dalam Lukas 12:48, Dia menambahkan, “Setiap orang yang kepadanya banyak diberi, dari padanya akan banyak dituntut, dan kepada siapa yang banyak dipercayakan, dari padanya akan lebih banyak lagi dituntut.” Jadi seseorang yang mengetahui kehendak Tuhan dan tetapi melakukan kesalahan maka akan lebih bersalah daripada seseorang yang bersalah tetapi tidak mengetahui banyak kebenaran.

Jika semua orang terbakar di api neraka selamanya, maka semua orang akan mendapat hukuman yang sama. Tapi bukan itu yang diajarkan Alkitab. Menurut Yesus, setiap orang menerima konsekuensi yang berbeda. Beberapa yang dibesarkan dalam ketidaktahuan total tentang apa yang benar dan yang salah, mungkin seolah-olah mereka tidak pernah dilahirkan. Beberapa orang mungkin terbakar dengan cepat. Orang-orang akan menderita pada hari penghakiman, tetapi jangan kita lupa, Alkitab juga memberi tahu kita bahwa waktunya akan datang ketika tidak ada lagi penderitaan, ketika semua hal yang lama berlalu (lihat Wahyu 21:4, 5).

Kitab Suci dengan jelas memberitahu kita bahwa kita membutuhkan Yesus untuk diselamatkan. “Dan keselamatan tidak ada di dalam siapapun juga selain di dalam Dia, sebab di bawah kolong langit ini tidak ada nama lain yang diberikan kepada manusia yang olehnya kita dapat diselamatkan.” (Kisah Para Rasul 4:12). Tidak ada orang lain yang bisa menyelamatkan kita.

Menjalani kehidupan yang “baik” juga tidak akan menyelamatkan kita. “Tidak ada yang baik selain Yang Esa, yaitu Allah” (Matius 19:17). Namun, ada orang yang tidak pernah memiliki kesempatan untuk mendengar tentang Kristus atau Alkitab. Jika mereka mengikuti terang yang Tuhan berikan kepada mereka melalui Roh-Nya dan berbalik dari yang salah, saya membayangkan Tuhan dapat memilih untuk menyelamatkan mereka. “Banyak orang akan datang dari timur dan barat, dan duduk bersama Abraham, Ishak, dan Yakub di dalam Kerajaan Sorga” (Matius 8:11).

Adapun hamba yang tahu akan kehendak tuannya, tetapi yang tidak mengadakan persiapan atau tidak melakukan apa yang dikehendaki tuannya, ia akan menerima banyak pukulan. Tetapi barangsiapa tidak tahu akan kehendak tuannya dan melakukan apa yang harus mendatangkan pukulan, ia akan menerima sedikit pukulan. Setiap orang yang kepadanya banyak diberi, dari padanya akan banyak dituntut, dan kepada siapa yang banyak dipercayakan, dari padanya akan lebih banyak lagi dituntut. Lukas 12:47,48.

-Doug Batchelor-


Mari bagikan artikel ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.