LARI TERCEPAT

Renungan Harian
Mari bagikan artikel ini

Apa yang dapat dipercepat dari 0 hingga 60 mph dalam tiga detik? Ini bukan tentang mobil tetapi binatang. Cheetah adalah hewan darat tercepat di Bumi dan memiliki kecepatan hingga 75 mph dalam waktu singkat. Kucing besar ini hidup di sebagian besar Afrika dan sebagian Timur Tengah. Hewan ini memiliki tinggi 30 inci pada bahunya dan beratnya antara 110 dan 140 pon. Cheetah hidup hingga sekitar 10-15 tahun dan menyukai dataran terbuka, di mana kegiatan mereka sebagian besar adalah berburu antelop.

Kita menganggap singa itu perkasa dan macang tutul itu ganas, tetapi cheetah yang ramping itu anggun. Ia disebut sebagai “anjingnya” famili kucing. Ia lebih kecil dari saudara kucingnya yang lebih besar (harimau), tapi jauh lebih cepat. Cheetah memiliki postur aerodinamis untuk kecepatan. Ia memiliki kaki yang panjang, ramping, dan berotot yang dapat langsung beraksi. Kepala kecil dan bulat, leher panjang, dada dalam, dan tulang belakang yang fleksibel juga membantu. Menariknya, ia memiliki cakar yang tidak dapat ditarik dan ada bantalan khusus pada kakinya untuk traksi yang luar biasa. Bahkan ekornya yang panjang (sekitar 28 inci) memberikan keseimbangan ekstra dalam pengejaran.

Seekor cheetah akan mengintai mangsanya dengan bergerak sedekat mungkin sebelum mengejar dengan kecepatan penuh. Pengintaian bergantung pada rumput tinggi untuk menyamarkan dirinya. Saat mendekat, ia akan menjangkau dan menjegal hewan (biasanya kijang) dengan kaki depannya dan kemudian mencengkram lehernya. Sebenarnya, hanya sekitar setengah dari pengejaran yang berhasil dan ini hanya berlangsung sekitar 20-60 detik. Cheetah memakan mangsanya dengan cepat karena ada karnivora lain yang lebih besar yang akan mencuri makanannya.

Alkitab menceritakan bagaimana Raja Saul mengejar Daud ke padang gurun, berusaha untuk membunuhnya. Dia menulis, “Ketika penjahat-penjahat menyerang aku untuk memakan dagingku, yakni semua lawanku dan musuhku, mereka sendirilah yang tergelincir dan jatuh.” (Mazmur 27:2). Setan berusaha menjegal kita saat mengejar kita, tetapi seperti Daud, kita bisa yakin akan perlindungan Tuhan. Fokus utama dari Mazmur ini adalah menemukan perlindungan dalam Bait Suci. Kita juga bisa menemukan keamanan dalam rumah Tuhan saat dikejar oleh iblis. Tidak peduli seberapa cepat dia berlari, kita akan segera menemukan bantuan di saat kita membutuhkan.

Satu orang saja dari pada kamu dapat mengejar seribu orang, sebab TUHAN Allahmu, Dialah yang berperang bagi kamu, seperti yang dijanjikan-Nya kepadamu. Yosua 23:10.

-Doug Batchelor-


Mari bagikan artikel ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.